Prosedur Pelayanan Gadai Pada PT. Pegadaian Desa Wangkal Kecamatan Gading Probolinggo di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3936Abstract
Abstrak
Sistem gadai sangat diminati dan menjadi salah satu solusi dalam masalah keuangan karena dalam sistem gadai ada barang jaminan jika pinjaman tidak bisa dilunasi pada waktu yang ditentukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prosedur pelayanan gadai pada PT. Pegadaian Desa Wangkal Kecamatan Gading Probolinggo di masa pandemi covid-19, kendala apa saja yang dihadapi perusahaan dalam prosedur pelayanan gadai pada PT. Pegadaian Desa Wangkal Kecamatan Gading Probolinggo, dan solusi apa yang dilakukan oleh perusahaan dalam menangani kendala prosedur pelayanan gadai pada PT. Pegadaian Desa Wangkal Kecamatan Gading Probolinggo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam prosedur pelayanan gadai di Desa Wangkal Kecamatan Gading Probolinggo di Masa Pandemi Covid-19 yaitu perlu adanya penambahan persyaratan berupa kartu vaksin. Kemudian kendala-kendala yang di alami yaitu kurangnya SDM dan fasilitas yang ada pada Pegadaian.
Kata Kunci: Gadai, Masa Pandemi, Prosedur, Pelayanan
References
Agus Waluyo. 2020, “Virus Corona Selama 6 Bulan Membuat Daya Beli Masyarakat Menurrunâ€, Merdeka.com.
Beni Ahmad Saebani. 2009, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: CV Pustaka Setia.
Bungin Burhan. 2001, Metode Penelitian Kualitatif Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at https://kbbi.web.id/solusi, diakses 1 September 2022.
Kashmir. 2013. Bank Dan Lembaga Keuangan Lainya. Raja Grando Persada. Jakarta.
Kasiram, Moh. 2008. Metode Penelitian. Malang: UIN Maliki Press.
Krismaningsih, Oktavia Ratna. 2019. “Prosedur Pelayanan Gadai Pada Pegadaian Unit Baritoâ€. Laporan Kerja Praktik. Fakultas Ekonomi Universitas Semarang.
Lexy J. Moleong. 2008, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya.
Lumpiyoadi Rambat dan Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Makawimbang, Christomus. 2021. “Sistem Pelayanan Gadai Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Manado Selatanâ€. Laporan Kerja Praktik. Fakultas Ekonomi Universitas Katolik De La Salle Manado.
Moenir. 2006. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhammad. 2008. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam: Pendeketan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyani, Sri. 2016. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Abdi Sistematika.
Ratminto dan Atik Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualittif. Garaha Ilmu. Yogyakarta.
Sinambela. 2007. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara
Sudaryono. 2015. Pengantar Bisnis, Teori dan Contoh Kasus. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sugiyono. 2015. Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hanifatul Laili, Imam Bukhori, Waqi’atul Aqidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.