Prosedur Pelayanan Gadai Pada PT. Pegadaian Desa Wangkal Kecamatan Gading Probolinggo di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Hanifatul Laili Universitas Islam Zainul Hasan
  • Imam Bukhori Universitas Islam Zainul Hasan
  • Waqi’atul Aqidah Universitas Islam Zainul Hasan

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3936

Abstract

Abstrak

Sistem gadai sangat diminati dan menjadi salah satu solusi dalam masalah keuangan karena dalam sistem gadai ada barang jaminan jika pinjaman tidak bisa dilunasi pada waktu yang ditentukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prosedur pelayanan gadai pada PT. Pegadaian Desa Wangkal Kecamatan Gading Probolinggo di masa pandemi covid-19, kendala apa saja yang dihadapi perusahaan dalam prosedur pelayanan gadai pada PT. Pegadaian Desa Wangkal Kecamatan Gading Probolinggo, dan solusi apa yang dilakukan oleh perusahaan dalam menangani kendala prosedur pelayanan gadai pada PT. Pegadaian Desa Wangkal Kecamatan Gading Probolinggo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam prosedur pelayanan gadai di Desa Wangkal Kecamatan Gading Probolinggo di Masa Pandemi Covid-19 yaitu perlu adanya penambahan persyaratan berupa kartu vaksin. Kemudian kendala-kendala yang di alami yaitu kurangnya SDM dan fasilitas yang ada pada Pegadaian.

Kata Kunci: Gadai, Masa Pandemi, Prosedur, Pelayanan

References

Agus Waluyo. 2020, “Virus Corona Selama 6 Bulan Membuat Daya Beli Masyarakat Menurrunâ€, Merdeka.com.

Beni Ahmad Saebani. 2009, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: CV Pustaka Setia.

Bungin Burhan. 2001, Metode Penelitian Kualitatif Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at https://kbbi.web.id/solusi, diakses 1 September 2022.

Kashmir. 2013. Bank Dan Lembaga Keuangan Lainya. Raja Grando Persada. Jakarta.

Kasiram, Moh. 2008. Metode Penelitian. Malang: UIN Maliki Press.

Krismaningsih, Oktavia Ratna. 2019. “Prosedur Pelayanan Gadai Pada Pegadaian Unit Baritoâ€. Laporan Kerja Praktik. Fakultas Ekonomi Universitas Semarang.

Lexy J. Moleong. 2008, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Lumpiyoadi Rambat dan Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Makawimbang, Christomus. 2021. “Sistem Pelayanan Gadai Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Manado Selatanâ€. Laporan Kerja Praktik. Fakultas Ekonomi Universitas Katolik De La Salle Manado.

Moenir. 2006. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad. 2008. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam: Pendeketan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyani, Sri. 2016. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Abdi Sistematika.

Ratminto dan Atik Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualittif. Garaha Ilmu. Yogyakarta.

Sinambela. 2007. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara

Sudaryono. 2015. Pengantar Bisnis, Teori dan Contoh Kasus. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono. 2015. Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Downloads

Published

2022-09-03