Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Memilih Tabungan Wadiah di BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis Periode 2020-2021
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3939Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengenalisis :1) Pengetahuan BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis, 2) Kualitas pelayanan terhadap BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis, 3) Fasilitas terhadap BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis, dan 4) Pengaruh Pengetahuan,Kualitas Pelayanan dan Fasilitas secara parsial dan simultan terhadap Minat Menabung Tabungan Wadiah di BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Tempat yang menjadi objek penelitian yaitu Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) HIK Parahyangan Cabang Ciamis yang beralamat di Jl. Jendral Sudirman No.357 Ciamis Kec. Ciamis Kab. Ciamis Jawa Barat. Hasil dari analisis menunjukan bahwa secara parsial variabel Pengetahuan BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis, Kualitas pelayanan dan Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung, di buktikan dengan nilai signifikansi variabel Pengetahuan BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis 0.000 < alpha 0,05, nilai signifikansi variabel Kualitas Pelayanan 0.000 < alpha 0,05, dan nilai signifikansi variabel Fasilitas 0.000 < alpha 0,05.Sehingga keputusanya H3 diterima dan H0 di tolak. Secara simultan variabel Pengetahuan BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas mempunyai pengeruh yang signifikan terhadap minat menabung. Hal ini di buktikan dengan nilai signifikansi F statistik 0.000 yang lebih kecil 0,05. Kemudian variabel Pengetahuan BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis, Kualitas pelayanan dan Fasilitas mempunyai kontribusi menjelaskan minat menabung sebesar 84,8% (100% - 84,8% = 15,2%). Sedangkan sisanya yaitu 15,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapatdalam penelitian ini.
Kata Kunci: Minat Nasabah,Tabungan Wadiah, BPRS
References
DAFTAR PUSTAKA
Al Arif, M. Nur Rianto. 2010. Dasar-dasar pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Al Arif, M. Nur Rianto. 2012. Dasar-dasar pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Andri, Soemitra. 2017. Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana Pranada Grup.
Arikunto, Suharsini. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsini. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ascary. 2011. Akad dan Produk Bank Syariah, Cetakan ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.
Ascary. 2012. Akad dan Produk Bank Syariah, Cetakan ketiga. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
BPRS HIK Parahyangan. 2019. Laporan Tahunan PT.BPRS HIK Parahyangan Tahun 2019. Di akses pada 24 Maret 2022 dari KONTENKEUANGAN_BPRS_HIKP__20200513050733.pdf (hikparahyangan.co.id).
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IMB SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Ponogoro:Semarang.
Goggle Inc. 2022. Goggle Map: Peta Lokasi Penelitian. Di akses pada 07 April 2022 dari https://g.co/kgs/5aS1C3.
Ichan, Nurul Hasan. 2014. Perbankan Syariah (Sebuah Pengantar).Ciputat : GP Press Grup.
Ikatan Bankir Indonesia (IBI).2014. Memahami Bisnis Bank Syariah. Jakarta :Pt. Granmedia Putra Utama.
Jusuff, Rashid Kamaruzaman. 2009. Service Quality in Health Care Setting, Jurnal Internasional.Vol 22 Iss:5 pp 471-482.
Kotler, P. dan Armstrong, G. 2018. Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. London: Peason.
Notoatmojo, Soekidjo.2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurtanto, Ade rawan. 2018. Analisis Faktor- Fator yang mempengaruhi Minat Warga Pasar Menabung Di BMT (Studi Kasus Di KSPPS Al – Uswah Indonesia Cabang Ciamis), Skripsi. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al- Ma’Arif Ciamis.
Putra, Risky Pratama. 2014.Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami TerhadapKepuasan dan Loyalitas Nasabah Banj BRI Syariah Surabaya, Jurnal Ekonomi Syariah. Vol 1 ISS 9. Doi : 10. 20473.
Riduwan. 2015. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Cetakan Kelima. Bandung: Alfabeta.
Sultan, Sulpiani. 2021.Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Memilih Tabungan Simpatik Pada Bank Syariah Indonesia. Institut Agama Islam Negri (IAIN) Palopo.
Suparman, Abdul Fatah. 2010. Pengaruh Pelayanan Bank Syariah Mandiri Cabang Tasikmalaya, Skipsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Suryabrata,Sumadi. 2010. Psikolog Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Edisi kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suwiknyo, Dwi. 2010. Analisis Laporan Keuangan Perbankan Syarah.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tjiptono, Fandy. 2014. Strategi Pemasaran, Edisi 2, Yogyakarta : Andi Offset.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sri Aprilianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.