Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Memilih Tabungan Wadiah di BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis Periode 2020-2021

Authors

  • Sri Aprilianti Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Ar-Risalah

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3939

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengenalisis :1) Pengetahuan BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis, 2) Kualitas pelayanan terhadap BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis, 3) Fasilitas terhadap BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis, dan 4) Pengaruh Pengetahuan,Kualitas Pelayanan dan Fasilitas secara parsial dan simultan terhadap Minat Menabung Tabungan Wadiah di BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Tempat yang menjadi objek penelitian yaitu Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) HIK Parahyangan Cabang Ciamis yang beralamat di Jl. Jendral Sudirman No.357 Ciamis Kec. Ciamis Kab. Ciamis Jawa Barat. Hasil dari analisis menunjukan bahwa secara parsial variabel Pengetahuan BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis, Kualitas pelayanan dan Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung, di buktikan dengan nilai signifikansi variabel Pengetahuan BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis 0.000 < alpha 0,05, nilai signifikansi variabel Kualitas Pelayanan 0.000 < alpha 0,05, dan nilai signifikansi variabel Fasilitas 0.000 < alpha 0,05.Sehingga keputusanya H3 diterima dan H0 di tolak. Secara simultan variabel Pengetahuan BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas mempunyai pengeruh yang signifikan terhadap minat menabung. Hal ini di buktikan dengan nilai signifikansi F statistik 0.000 yang lebih kecil 0,05. Kemudian variabel Pengetahuan BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis, Kualitas pelayanan dan Fasilitas mempunyai kontribusi menjelaskan minat menabung sebesar 84,8% (100% - 84,8% = 15,2%). Sedangkan sisanya yaitu 15,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapatdalam penelitian ini.

Kata Kunci: Minat Nasabah,Tabungan Wadiah, BPRS

References

DAFTAR PUSTAKA

Al Arif, M. Nur Rianto. 2010. Dasar-dasar pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Al Arif, M. Nur Rianto. 2012. Dasar-dasar pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Andri, Soemitra. 2017. Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana Pranada Grup.

Arikunto, Suharsini. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsini. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ascary. 2011. Akad dan Produk Bank Syariah, Cetakan ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.

Ascary. 2012. Akad dan Produk Bank Syariah, Cetakan ketiga. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

BPRS HIK Parahyangan. 2019. Laporan Tahunan PT.BPRS HIK Parahyangan Tahun 2019. Di akses pada 24 Maret 2022 dari KONTENKEUANGAN_BPRS_HIKP__20200513050733.pdf (hikparahyangan.co.id).

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IMB SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Ponogoro:Semarang.

Goggle Inc. 2022. Goggle Map: Peta Lokasi Penelitian. Di akses pada 07 April 2022 dari https://g.co/kgs/5aS1C3.

Ichan, Nurul Hasan. 2014. Perbankan Syariah (Sebuah Pengantar).Ciputat : GP Press Grup.

Ikatan Bankir Indonesia (IBI).2014. Memahami Bisnis Bank Syariah. Jakarta :Pt. Granmedia Putra Utama.

Jusuff, Rashid Kamaruzaman. 2009. Service Quality in Health Care Setting, Jurnal Internasional.Vol 22 Iss:5 pp 471-482.

Kotler, P. dan Armstrong, G. 2018. Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. London: Peason.

Notoatmojo, Soekidjo.2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurtanto, Ade rawan. 2018. Analisis Faktor- Fator yang mempengaruhi Minat Warga Pasar Menabung Di BMT (Studi Kasus Di KSPPS Al – Uswah Indonesia Cabang Ciamis), Skripsi. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al- Ma’Arif Ciamis.

Putra, Risky Pratama. 2014.Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami TerhadapKepuasan dan Loyalitas Nasabah Banj BRI Syariah Surabaya, Jurnal Ekonomi Syariah. Vol 1 ISS 9. Doi : 10. 20473.

Riduwan. 2015. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Cetakan Kelima. Bandung: Alfabeta.

Sultan, Sulpiani. 2021.Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Memilih Tabungan Simpatik Pada Bank Syariah Indonesia. Institut Agama Islam Negri (IAIN) Palopo.

Suparman, Abdul Fatah. 2010. Pengaruh Pelayanan Bank Syariah Mandiri Cabang Tasikmalaya, Skipsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Suryabrata,Sumadi. 2010. Psikolog Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Edisi kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suwiknyo, Dwi. 2010. Analisis Laporan Keuangan Perbankan Syarah.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tjiptono, Fandy. 2014. Strategi Pemasaran, Edisi 2, Yogyakarta : Andi Offset.

Downloads

Published

2022-09-03

Issue

Section

Articles