Pengaruh E-Commerce Terhadap Tingkat Penjualan pada Toko Omcoll Second Store
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3941Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce terhadap tingkat penjualan pada toko omcoll second store. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Analisis datanya menggunakan regresi linier berganda. Metode pengolahan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan aplikasi IBM SPSS 26. Sedangkan dalam pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, sehingga semua populasi dijadikan sampel yaitu berjumlah 25 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji t variabel fasilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan di toko omcoll second store. Hasil t hitung yaitu 2,795 dan t tabel 2,073 artinya t hitung > t tabel. Variabel platform digital dengan nilai t hitung yaitu 3,681 dan t tabel 2,073 artinya platform digital berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Dan uji F diperoleh F hitung sebesar 6,825 dan F tabel 3,24 artinya F hitung > F tabel, artinya fasilitas dan platform digital secara simultan berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Sedangkan koefisien determinasi didapatkan sebesar 0,383 atau 38,3% sehingga dapat dinyatakan bahwa variabel independen (fasilitas dan Platform digital) mampu mempengaruhi variabel dependen (volume penjualan) sebesar 38,3% dan sisanya sebesar 61,7% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci: E-commerce; Fasilitas; Volume Penjualan.
References
DAFTAR PUSTAKA
Azam Abu, Fikih. 2017. Muamalah Kontemporer Depok : Raja Grafindo.
Az-Zuhaili, Wahbah. 2011. Fiqih Islam Wa Adillatuhu, jilid IV & V. Jakarta : Gema Insani.
Fandy Tjiptono; . Service, quality satisfaction. Yogjakarta : Andi Offset, 2007
Fandy, Tjiptono, Pemasaran Jasa (prinsip, penerapan, penelitian), Andi Offset, Yogyakarta.
Feri, Sulianta. 2014. Terobosan Berjualan Online Ala Dropshipping, Depok: Andi Publisher, 2014).
Fikri, Azizul. 2020. Implementasi Jual Beli Melalui Sistem Dropshipping Dalam Meningkatkan Penjualan, ( UIN Suska Riau, 2020)
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Hadi, 2019. Analisis Praktek Jual Beli Dropshipping Dalam Perspektif Ekonomi Islam Latar Belakang Masalah. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam.
Huberman, A. M., & Miles, M. B. 2013. Innovation up close: How school improvement works. Springer Science & Business Media.
Irawan, Y. 2019. Aplikasi E-Commerce Untuk Pemasaran Kerajinan Tangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Riau Menggunakan Teknik Dropshipping. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology.
Kukuh, Bagus & Irawan. 2018. Praktek Jual Beli Dengan Sistem Dropship Ditinjau Dari Undang-Undang N0 8 Tahun 1999 Tentang Hukum Perlindungan Konsumen dan Hukum Islam. IAIN TULUNGAGUNG 2018.
Kumar, M., & Bugin, K. 2012. Forecasting for Success: The Power of Regulatory Gap Analysis. Regulatory Focus.
Mardani. 2012. Fiqh Ekonomi Syariah: Fiqh Muamalah, Jakarta: Kencana, 2012.
Nubahai, L.2019. Konsep Jual Beli Model Dropshipping Prespektif Ekonomi Islam. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah.
Pitriani, E., & Purnama, D. 2015. Dropshipping Dalam Perspektif Konsep Jual Beli Islam. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah.
Purwanto, S., & S. Sulistyastuti. 2012. Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan. Jakarta: Bumi Aksara.
Rachmawati, Rini. 2014. Pengembangan Perkotaan Dalam Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Riharjani J. 2011. Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan PasarSualayan Sebagai Tempat Berbelanja, Semarang: Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 2011.
Rozalinda. 2016. Fiqih Ekonomi Syariah. (Jakarta: Raja Grapindo Persada).
Silalahi, R. S. 2012. Analisis Penerapan Psak 101 Pada Laporan Keuangan Koperasi Syariah Bmt Al Ittihad Rumbai–Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Suhendi, Hendi.2011. Fikih Muamalah Jakarta : Grafindo Persada, 2011.
Sujarweni, Wiratna. 2022. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Sumantri. 2016. Pandangan Hukum Islam terhadap Jual Beli As- Salam, Jurnal Muamalah, Vol.2, No. 1, (2016).
Syafi’i, Ahmad. 2013. Step By Step Bisnis Dropshiping dan Reseller, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Syafriana. 2016. Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Elektronik, De Lega Lata, Vol 1. No.2 Tahun 2016.
Syahza, Almasdi. 2021. Metodologi Penelitian (Edisi Revisi Tahun 2021). Riau : Ur Press.
Usman, Nurdin. "Konteks implementasi berbasis Kurikulum." (2011).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Maulana Fazri Hariadi, Nila Nurochani, Eris Munandar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.