Pengaruh E-Commerce Terhadap Tingkat Penjualan pada Toko Omcoll Second Store

Authors

  • Maulana Fazri Hariadi Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Ar-Risalah
  • Nila Nurochani Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Ar-Risalah
  • Eris Munandar Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Ar-Risalah

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3941

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce terhadap tingkat penjualan pada toko omcoll second store. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Analisis datanya menggunakan regresi linier berganda. Metode pengolahan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan aplikasi IBM SPSS 26. Sedangkan dalam pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, sehingga semua populasi dijadikan sampel yaitu berjumlah 25 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji t variabel fasilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan di toko omcoll second store. Hasil t hitung yaitu 2,795 dan t tabel 2,073 artinya t hitung > t tabel. Variabel platform digital dengan nilai t hitung yaitu 3,681 dan t tabel 2,073 artinya platform digital berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Dan uji F diperoleh F hitung sebesar 6,825 dan F tabel 3,24 artinya F hitung > F tabel, artinya fasilitas dan platform digital secara simultan berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Sedangkan koefisien determinasi didapatkan sebesar 0,383 atau 38,3% sehingga dapat dinyatakan bahwa variabel independen (fasilitas dan Platform digital) mampu mempengaruhi variabel dependen (volume penjualan) sebesar 38,3% dan sisanya sebesar 61,7% dipengaruhi oleh variabel lain.

Kata Kunci: E-commerce; Fasilitas; Volume Penjualan.

References

DAFTAR PUSTAKA

Azam Abu, Fikih. 2017. Muamalah Kontemporer Depok : Raja Grafindo.

Az-Zuhaili, Wahbah. 2011. Fiqih Islam Wa Adillatuhu, jilid IV & V. Jakarta : Gema Insani.

Fandy Tjiptono; . Service, quality satisfaction. Yogjakarta : Andi Offset, 2007

Fandy, Tjiptono, Pemasaran Jasa (prinsip, penerapan, penelitian), Andi Offset, Yogyakarta.

Feri, Sulianta. 2014. Terobosan Berjualan Online Ala Dropshipping, Depok: Andi Publisher, 2014).

Fikri, Azizul. 2020. Implementasi Jual Beli Melalui Sistem Dropshipping Dalam Meningkatkan Penjualan, ( UIN Suska Riau, 2020)

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Hadi, 2019. Analisis Praktek Jual Beli Dropshipping Dalam Perspektif Ekonomi Islam Latar Belakang Masalah. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam.

Huberman, A. M., & Miles, M. B. 2013. Innovation up close: How school improvement works. Springer Science & Business Media.

Irawan, Y. 2019. Aplikasi E-Commerce Untuk Pemasaran Kerajinan Tangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Riau Menggunakan Teknik Dropshipping. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology.

Kukuh, Bagus & Irawan. 2018. Praktek Jual Beli Dengan Sistem Dropship Ditinjau Dari Undang-Undang N0 8 Tahun 1999 Tentang Hukum Perlindungan Konsumen dan Hukum Islam. IAIN TULUNGAGUNG 2018.

Kumar, M., & Bugin, K. 2012. Forecasting for Success: The Power of Regulatory Gap Analysis. Regulatory Focus.

Mardani. 2012. Fiqh Ekonomi Syariah: Fiqh Muamalah, Jakarta: Kencana, 2012.

Nubahai, L.2019. Konsep Jual Beli Model Dropshipping Prespektif Ekonomi Islam. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah.

Pitriani, E., & Purnama, D. 2015. Dropshipping Dalam Perspektif Konsep Jual Beli Islam. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah.

Purwanto, S., & S. Sulistyastuti. 2012. Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan. Jakarta: Bumi Aksara.

Rachmawati, Rini. 2014. Pengembangan Perkotaan Dalam Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Riharjani J. 2011. Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan PasarSualayan Sebagai Tempat Berbelanja, Semarang: Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 2011.

Rozalinda. 2016. Fiqih Ekonomi Syariah. (Jakarta: Raja Grapindo Persada).

Silalahi, R. S. 2012. Analisis Penerapan Psak 101 Pada Laporan Keuangan Koperasi Syariah Bmt Al Ittihad Rumbai–Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Suhendi, Hendi.2011. Fikih Muamalah Jakarta : Grafindo Persada, 2011.

Sujarweni, Wiratna. 2022. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Sumantri. 2016. Pandangan Hukum Islam terhadap Jual Beli As- Salam, Jurnal Muamalah, Vol.2, No. 1, (2016).

Syafi’i, Ahmad. 2013. Step By Step Bisnis Dropshiping dan Reseller, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Syafriana. 2016. Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Elektronik, De Lega Lata, Vol 1. No.2 Tahun 2016.

Syahza, Almasdi. 2021. Metodologi Penelitian (Edisi Revisi Tahun 2021). Riau : Ur Press.

Usman, Nurdin. "Konteks implementasi berbasis Kurikulum." (2011).

Downloads

Published

2022-09-03

Issue

Section

Articles