Pengaruh Budaya Organisasi dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Guru Di SMPIT & SMAIT IQBS)
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3942Abstract
Abstrak
Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan manusia agar memiliki pengetahuan serta wawasan untuk kemajuan dirinya di masyarakat. Keberhasilan kinerja guru akan terlihat apabila terdapat etos kerja yang baik. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian dengan menekankan pada analisis data numerik (angka) yang kemudian dianalisis dengan metode statistik. Variabel budaya organisasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMPIT & SMAIT IQBS, karena memperoleh nilai Sig. 0,002. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja guru di SMPIT & SMAIT IQBS. Variabel etos kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMPIT & SMAIT IQBS, karena memperoleh nilai Sig. 0,030. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial etos kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMPIT & SMAIT IQBS. Variabel budaya organisasi dan etos kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru di SMPIT & SMAIT IQBS karena memperoleh nilai Sig. 0,008. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan budaya organisasi dan etos kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMPIT & SMAIT IQBS.
Kata Kunci: Budaya Organisasi, Etos Kerja, Guru
References
DAFTAR PUSTAKA
Ahyar. 2020. Inovasi Budaya Mutu Dalam Organisasi Analisis Praktek Manajerial. NTB : CV. Al-Haramain Lombok.
Badriati, Baiq El. 2021. Etos Kerja Dalam Perspektif Islam dan Budaya. Mataram : Sanabil.
Badu, Syamsu Q & Novianty Djafri. 2017. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Gorontalo: Ideas Publishing.
Fairy, dkk. 2019. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja Guru, Kepuasan Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMPK 1 Harapan Denpasar. Jurnal. JAPI, Vol. 1 No. 2 Agustus 2019. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Febriantina, Susan dkk. 2018. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal. Tadbir Muwahid, Vol. 2 No. 2, hal 120-131, Oktober 2018. Universitas Negeri Jakarta.
Ginting, Desmon. 2016. Etos Kerja : Panduan Menjadi Karyawan cerdas. Jakarta : PT. Alex Media Komputindo.
Hakim, Fauzan dkk. 2021. Pengaruh Etos Kerja, Budaya Organisasi Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Jatiuwung. Jurnal Ekonomi Manajemen. Volume 7 Nomor 1 (Mei 2021) 1-9. ISSN : 2477-2275 (Print) ISSN : 2685-7057 (Online). Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Hamzah, Amir. 2019. Etos Kerja Guru Era 4.0 Industri. Malang : Literasi Nusantara.
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Kartawan, dkk. 2018. Manajemen Sumberdaya Insani. Tasikmalaya : LPPM UNSIL.
Khotimah, Husnul. 2021. Pengaruh Efikasi Diri Dan Etos Kerja Islam Terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Tsanawiyah Se-Kabupaten Purbalingga. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Lubis, Artina Sari. 2018. Pengaruh Kompetensi, Budaya Organisasi, dan Etos Kerja terhadap Kinerja Pegawai Kantor Camat Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Mulyono. Analisis Uji Asumsi Klasik. Diakses 01 Juni 2022. https://bbs.binus.ac.id/management/2019/12/analisis-uji-asumsi-klasik/
Narimawati, Umi dkk. 2020. Metode Penelitian Dalam Implementasi Ragam Analisis (Untuk Penulisan Skriosi, Tesis, dan Disertasi). Yogyakarta : ANDI.
Rohmah, Eka Nurul Bija. 2018. Pengaruh Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdhotul Ulama Pucang Sidoarjo. Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim.
Santoso, Eko Jalu. 2012. Good Ethos: 7 Etos Kerja Terbaik dan Mulia. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Sari, Nurmi Indah. 2018. Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru Di SMPN 3 Baso. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.
Subdirektorat Statistik Pendidikan dan Kesejahteraan Sosial. Statistik Pendidikan 2020. Badan Pusat Statiksik.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna. 2022. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Sukmawati, Erni dkk. 2020. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi, Pelatihan, Etos Kerja dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal. Vol. 9 No. 3: 461-479 November 2020 ISSN : 2085-9996. Universitas Riau Kepulauan.
Sunarsi, Denok. 2020. Panduan Meningkatkan Kinerja Dan Kepuasan Guru. Banten : Desanta Muliavisitama.
Supartha, Wayan Gede dan Desak Ketut Sintaasih. 2017. Pengantar Perilaku Organisasi (Teori, Kasus, dan Aplikasi Penelitian). Denpasar Timur : CV. Setia Bakti.
Suryani, Susi. 2013. Pengaruh Budaya Kerja Terhadap Kinerja Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Sekolah Menengah Atas Dan Kejuruan Di Kecamatan Prambanan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Syahza, Almasdi. 2021. Metodologi Penelitian (Edisi Revisi Tahun 2021). Riau : Ur Press.
Tismayati, Eti. 2018. Lingkungan Pendidikan Kontemplasi Sosiologis Antropologis. Yogyakarta: Pioner Semesta.
Triningsih, Endah & Mundilarno. 2018. Produktivitas Kerja Guru Ditinjau Dari Kontribusi Etos Kerja, Kepemimpinan Transformasional, Komitmen Organisasi Di SMA/SMK. Jurnal. Vol. 1 No. 2 Oktober 2018. p-ISSN : 2622-772X e-ISSN : 2622-3694.
Ulvia, Meri. 2020. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di Mts Negeri 2 Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Uno, Hamzah B. 2019. Teori Motivasi & Pengukurannya : Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rizka Fathul Bariyyah, Nila Nurochani, Nila Nopianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.