Apakah Promosi Sosial Media Berpengaruh Tehadap Keputusan Berkunjung pada Wisata Pantai Pulau Cemara Sawojajar Brebes Tahun 2020-2021?

Authors

  • Ahmad Farizal Universitas Muhadi Setiabudi
  • Roby Setiadi Universitas Muhadi Setiabudi
  • Syariefful Ikhwan Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3948

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan adanya pengaruh secara parsial antara promosi sosial media terhadap keputusan berkunjung pantai pulau cemara Sawojajar Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling dengan menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada 100 responden yang merupakan calon pengunjung pantai pulau cemara sawojajar Brebes. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil pengujian secara parsial, variabel promosi sosial media berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berkunjung.

Kata Kunci: Promosi Social Media, Keputusan Berkunjung

 

Abstract

This study aims to test and prove the partial influence between social media promotion on the decision to visit the sawojajar Brebes cypress island beach. This type of research is quantitative research. The sampling technique in this study used random sampling using the slovin formula. Data collection was carried out by distributing questionnaires to 100 respondents who were prospective visitors to the beaches of the cypress island of Sawojajar Brebes. This can be seen from the results of partial testing, the variables of social media promotion have a significant effect on visiting decisions.

Keywords: Social Media Promotion, Visiting Decision

References

DAFTAR PUSTAKA

Dumadi, D., Wulandari, H. K., & Syaifulloh, M. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Harga Tiket Terhadap Minat Pengunjung Wisata Pulau Cemara Brebes. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 409–418.

Farizal, A. (2021). Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) pada Telor Asin UD. Ratu Sari. Journal of Economic and Management (JECMA), 2(1), 10–18.

Herman, L. E., & Athar, H. S. (2018). Pengembangan Model Social Media Marketing dan Keputusan Berkunjung: Sebuah Pendekatan Konseptual. J-Ika, 5(2), 147–155.

Istanti, E. (2019). Pengaruh Harga, Promosi Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Burger King Kawasan Surabaya Plaza Surabayس. Ekonomi Bisnis, 2, 1–13.

Kustina, K. T., & Prilandewi, L. (2022). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan. Jimak, 1(1).

Maulida Purnamasari & Agung Budiatmo. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Dengan Keputusan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Objek Wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang Maulida Purnamasari & Agung Budiatmo Pendahuluan Wisata merupakan kegiatan y. Ilmu Administrasi Bisnis, 8, 1–8.

Mavragani, E., Nikolaidou, P., & Theodoraki, E. (2019). www.ssoar.info Traveler segmentation through social media for intercultural marketing purposes: the case of Halkidiki Traveler segmentation through Social Media for intercultural marketing purposes: The case of Halkidiki. Journal of Tourism, Heritage & Services Marketing, 5(1), 15–23.

Mega Sintia Dewi, I Made Bagus D, & Bayu Rama Laksono. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Ketersedian Fasilitas Terhadap Minat Konsumen Berkunjung Kembali Pada Minimarket Alfamart Raya Sukodono Sidoarjo. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 1(1), 19–26.

Premana, A., Fitralisma, G., Yulianto, A., Zaman, M. B., & Wiryo, M. A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Pertumbuhan Ekonomi Dalam Era Disrupsi 4.0. Jurnal Economic Management (JECMA), 1(01), 1–6.

Sari, F., & Suyuthie, H. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Objek Wisata Green House Lezatta Kabupaten Agam. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 1(2), 72–76.

Sarmigi, A., & Parasmala, E. (2021). Pengaruh fasilitas, lokasi, dan harga terhadap keputusan berkunjung ke objek wisata bukit khayangan kota sungai penuh. E-Journal Al-Dzahab, 2(2), 93–105.

Semuel, H., & Setiawan, K. Y. (2018). Promosi Melalui Sosial Media, Brand Awareness, Purchase Intention Pada Produk Sepatu Olahraga. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 47–52.

Setiadi, R., & Attusholiha, A. (2020). Penilaian kepuasan konsumen, promosi penjualan dan kualitas produk (studi kasus umkm di kabupaten brebes). Jurnal Manajemen Dan Akuntan, 16(1), 294–301.

Yulianto, A., Mukson, M., Saeful Bachri, O., Bambang Riono, S., & Ernitawati, Y. (2020). Manajemen Tatakelola BUMDES: Mengelola Pemasaran Produk. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(01).

Downloads

Published

2022-09-04