Apakah Promosi Sosial Media Berpengaruh Tehadap Keputusan Berkunjung pada Wisata Pantai Pulau Cemara Sawojajar Brebes Tahun 2020-2021?
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3948Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan adanya pengaruh secara parsial antara promosi sosial media terhadap keputusan berkunjung pantai pulau cemara Sawojajar Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling dengan menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada 100 responden yang merupakan calon pengunjung pantai pulau cemara sawojajar Brebes. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil pengujian secara parsial, variabel promosi sosial media berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berkunjung.
Kata Kunci: Promosi Social Media, Keputusan Berkunjung
Â
Abstract
This study aims to test and prove the partial influence between social media promotion on the decision to visit the sawojajar Brebes cypress island beach. This type of research is quantitative research. The sampling technique in this study used random sampling using the slovin formula. Data collection was carried out by distributing questionnaires to 100 respondents who were prospective visitors to the beaches of the cypress island of Sawojajar Brebes. This can be seen from the results of partial testing, the variables of social media promotion have a significant effect on visiting decisions.
Keywords: Social Media Promotion, Visiting Decision
References
DAFTAR PUSTAKA
Dumadi, D., Wulandari, H. K., & Syaifulloh, M. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Harga Tiket Terhadap Minat Pengunjung Wisata Pulau Cemara Brebes. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 409–418.
Farizal, A. (2021). Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) pada Telor Asin UD. Ratu Sari. Journal of Economic and Management (JECMA), 2(1), 10–18.
Herman, L. E., & Athar, H. S. (2018). Pengembangan Model Social Media Marketing dan Keputusan Berkunjung: Sebuah Pendekatan Konseptual. J-Ika, 5(2), 147–155.
Istanti, E. (2019). Pengaruh Harga, Promosi Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Burger King Kawasan Surabaya Plaza Surabayس. Ekonomi Bisnis, 2, 1–13.
Kustina, K. T., & Prilandewi, L. (2022). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan. Jimak, 1(1).
Maulida Purnamasari & Agung Budiatmo. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Dengan Keputusan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Objek Wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang Maulida Purnamasari & Agung Budiatmo Pendahuluan Wisata merupakan kegiatan y. Ilmu Administrasi Bisnis, 8, 1–8.
Mavragani, E., Nikolaidou, P., & Theodoraki, E. (2019). www.ssoar.info Traveler segmentation through social media for intercultural marketing purposes: the case of Halkidiki Traveler segmentation through Social Media for intercultural marketing purposes: The case of Halkidiki. Journal of Tourism, Heritage & Services Marketing, 5(1), 15–23.
Mega Sintia Dewi, I Made Bagus D, & Bayu Rama Laksono. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Ketersedian Fasilitas Terhadap Minat Konsumen Berkunjung Kembali Pada Minimarket Alfamart Raya Sukodono Sidoarjo. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 1(1), 19–26.
Premana, A., Fitralisma, G., Yulianto, A., Zaman, M. B., & Wiryo, M. A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Pertumbuhan Ekonomi Dalam Era Disrupsi 4.0. Jurnal Economic Management (JECMA), 1(01), 1–6.
Sari, F., & Suyuthie, H. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Objek Wisata Green House Lezatta Kabupaten Agam. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 1(2), 72–76.
Sarmigi, A., & Parasmala, E. (2021). Pengaruh fasilitas, lokasi, dan harga terhadap keputusan berkunjung ke objek wisata bukit khayangan kota sungai penuh. E-Journal Al-Dzahab, 2(2), 93–105.
Semuel, H., & Setiawan, K. Y. (2018). Promosi Melalui Sosial Media, Brand Awareness, Purchase Intention Pada Produk Sepatu Olahraga. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 47–52.
Setiadi, R., & Attusholiha, A. (2020). Penilaian kepuasan konsumen, promosi penjualan dan kualitas produk (studi kasus umkm di kabupaten brebes). Jurnal Manajemen Dan Akuntan, 16(1), 294–301.
Yulianto, A., Mukson, M., Saeful Bachri, O., Bambang Riono, S., & Ernitawati, Y. (2020). Manajemen Tatakelola BUMDES: Mengelola Pemasaran Produk. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(01).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ahmad Farizal, Roby Setiadi, Syariefful Ikhwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.