Pengembangan Perencanaan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3957Abstract
AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin terbukanya peluang untuk mengembangkan pendidikan yang maju sesuai kebutuhan masyarakat dan regulasi pemerintah. Masalahnya adalah belum semua lembaga pendidikan mampu mengikuti perubahan kebutuhan di era manajemen 4.0 sehingga menimbulkan kekhawatiran terhadap sistem layanan pendidikan. Tujuan penelitian yang utama adalah menemukan formulasi perencanaan pendidikan bagi institusi pendidikan yang applicable sesuai kebutuhan masyarakat dan regulasi pemerintah. Perencanaan pengembangan atau peningkatan kinerja lembaga pendidikan sebuah proses menuju perubahan ke arah yang lebih baik, proses penjaminan mutu, dalam meningkatkan kualitas pendidikan bahkan melampaui batas tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilaksanakan secara kepustakaan (library research), mengimpulkan literatur terkait utama dan pendukung sehingga dapat memberikan deskripsi terhadap kondisi terkini sesuai perkembangan bidang pendidikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembahasan perencanaan pendidikan yang berkaitan dengan kinerja merupakan hal yang sangat menarik, karena proses perencanaan pada lembaga pendidikan merupakan salah satu fungsi dari manajemen, rencana strategis, yang melibatkan rencana operasional, prinsip-prinsip perencanaan dan langkah-langkahnya. Sebuah rencana strategis yang matang di dalamnya mengandung riset berkelanjutan, sehingga semua komponen pendukung pengembangan termasuk pengaturan keuangan dapat tersedia secara baik. Perencanaan merupakan kunci utama dalam melakukan aktifitas pada lembaga pendidikan. Perencanaan merupakan sebuah panduan atau pedoman bagi pelaksanaan pendidikan agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan dengan efektif dan efisien. atau pengendalian dari proses. Meningkatnya mutu pendidikan dimulai dari matangnya perencanaan yang dilakukan.Kata kunci: Pengembangan, Perencanaan, Rencana Strategis dan Rencana Operasional
 AbstractThis research is motivated by the increasingly open opportunities to develop advanced education according to the needs of the community and government regulations. The problem is that not all educational institutions are able to keep up with changing needs in the 4.0 management era, which raises concerns about the education service system. The main research objective is to find an educational planning formulation for educational institutions that is applicable according to the needs of the community and government regulations. Planning for the development or improvement of the performance of educational institutions is a process towards change for the better, the quality assurance process, in improving the quality of education and even exceeding the set goals. This research was carried out by means of library research, compiling the main and supporting related literature so that it can provide a description of the current conditions according to developments in the field of education. The results of the analysis show that the discussion of educational planning related to performance is very interesting, because the planning process in educational institutions is one of the functions of management, strategic planning, which involves operational plans, planning principles and steps. A mature strategic plan in it contains continuous research, so that all components of development support including financial arrangements can be properly provided. Planning is the main key in carrying out activities in educational institutions. Planning is a guide or guideline for the implementation of education in order to achieve the goals that have been determined effectively and efficiently. or control of the process. Improving the quality of education starts with the planning done.Keywords: Development, Planning, Strategic Plan and Operational PlanReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdurahman, Abdurahman. “Pengembangan Desain Dan Pendekatan Perencanaan (Planning) Dalam Manajemen Pendidikan Islam.†AL-TANZIM : Jurnal Manajemen Pendekatan Islam 1, no. 2 (September 13, 2017): 15–24.
Afiful Ikhwan. “Manajemen Perencanaan Pendidikan Islam (Kajian Tematik Al-Qur’an Dan Al- Hadist).†EDUKASI : Jurnal Pendidikan Islam 4. 1 (2016). https://staim- tulungagung.ac.id/ejournal/index.php/edukasi/article/view/194.
Departemen Pendidikan Nasional. Manajemen Sekolah. 3rd ed. 1. Sawangan Depok: Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pegawai, n.d. www.pusdiklatdepdiknas.net.
Dodo Murtado, Iis Suhayati, Uay Zoharudin. Manajemen Dalam Perspektif Al Qur’an Dan Hadis. 1st ed. 1–240 vols. Bandung: Yrama Widya, 2019.
George R. Terry & Leslie W. Rue. Dasar-Dasar Manajemen. 6th ed. Jakarta: Bumi Aksara, 1999.
Hasan Basri. Landasan Pendidikan. 1st ed. Vol. 1. Bandung: Pustaka Setia, 2013.
Imam Machali dan Ara Hidayat. The Handbook of Education Management; Teori Dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah Di Indonesia. 1st ed. Vol. 1. 1–530 vols. Jakarta: Prenada Media, 2016.
Ja’far Shodiq. “Model-Model Manajemen Dalam Pendidikan (Sebuah Kajian Tentang Manajemen Klasik, Manajemen Hubungan AntarManusia, Manajemen Sistem Organisasi Dan Manajemen Birokrasi)†(n.d.). https://www.academia.edu/8754036/Model_Model_Manajemen_dalam_Pendidikan.
Manap Somantri. “Perencanaan Pendidikan.†1:1–257. Pertama. IPB Press, 2014.
Muhamad Khoirul Umam. “Analisis Lingkungan Strategik Dalam Corak Penyelenggaraan Pendidikan Islam.†Al Hikmah 5. 1 (2017). http://jurnal.staiba.ac.id/index.php/alhikmah.
Muhamad Nuryasin, Margono Mitrohardjono. “Strategi Perencanan Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia.†Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam 4. 2 (n.d.): November 2019.
Muhammad Sahnan. “Urgensi Perencanaan Pendidikan Di Sekolah Dasar†12. 2 (2017). https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/4696.
Munif Chatib. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa Dan Semua Anak Juara. Vol. 10. Bandung: Kaifa, 2013.
Oemar Hamalik. Manajemen Pengembangan Kurikulum. 2nd ed. Vol. 2. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.
Rohiat. Manajmen Sekolah Teori Dasar Dan Praktik. Khusus. Vol. 1. 1–239. Bandung: PT Refika Aditama, 2010.
Sri Harmonika. “Hadits-Hadits Tentang Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM).†At-Tadbir 1. 1 (2017). https://www.neliti.com/publications/225007/hadits-hadits-tentang- manajemen-sumber-daya-manusia-sdm.
Yusuf Umar. Manajemen Pendidikan Madrasah Bermutu. 1st ed. Vol. 1. Bandung: Refika Aditama, 2016.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yayat Suharyat, Siti Asiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.