Product Quality, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Customer Satisfaction Pengguna SIM Card Telkomsel Kota Lubuklinggau

Authors

  • Sarifa Nurlael Universitas Bina Insan
  • Ronal Aprianto Universitas Bina Insan
  • Yulpa Rabeta Universitas Bina Insan
  • Suwarno Suwarno Universitas Bina Insan
  • Indrawati Mara Kesuma Universitas Bina Insan

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3969

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek dan kepercayaan merek terhadap kepuasan pelanggan pengguna kartu SIM Telkomsel di kota Lubuklinggau. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 80 responden pelanggan Telkomsel di kota Lubuklinggau dengan menggunakan metode incidental sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap variabel yang ada. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) berbasis partial least squares (PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sim telkomsel, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sim telkomsel. Dan variabel kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peIanggan kartu SIM TelkomseI.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan Merek, Kepuasan Pelanggan

References

DAFTAR PUSTAKA

Amelia, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Internet Telkomsel ( Studi Kasus Pada Mahasiswa IAIN Purwokerto Tahun Akademik 2020 / 2021 ). Skripsi.

Aprianto, R. (2016). Pengaruh Brand Image Dan Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Kompor Gas Rinnai Pada Konsumen Kelurahan cereme Taba Kota Lubuklinggau. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 16(11), 72–87.

Aprianto, R., Kusuma, I. M., Surajiyo, S., & Candra, E. (2022). Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Point Coffe Dan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(3), 1193–1205. https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.859

Aulia, C., Rachma, N., & Slamet, A. R. (2019). Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Loyalty Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Super Geprek. E-Jurnal Riset Manajemen, 8(09), 139–152.

Budiastari, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Beton Siap Pakai Holcim Di Jakarta. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 87–106. https://doi.org/10.21009/jdmb.01.1.4

Fauzyah, S. N., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen pada Butik Amel Pondok Gede Kota Bekasi. IKRA-ITH Ekonomika, 4.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & strategy). Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 336.

Hamdany, Mumin, A. T., & Lemmy, D. M. (2019). The Effect of Service Quality and Product Quality (Rooms and Food) on Consumer Satisfaction of Harris Sentul Hotel Bogor. TRJ Tourism Research Journal, 3(1), 71. https://doi.org/10.30647/trj.v3i1.52

Haryono, S. (2017). Metode Sem Untuk Penelitian Manajemen Amos Lisrel Pls. Luxima Metro Media.

Ihsan, M. N., & Sutedjo, B. (2022). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya terhadap minat beli ulang. 24(1), 170–176.

Kuastianti, D. D. N. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Kartu Seluler Telkomsel. Psikoborneo, Vol 7, No.(1), 10. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/4709/pdf

Mahmudah, I. S., & Tiarawati, M. (2018). Pengaruh kualitas produk,citra merek,dan harga terhadap keputusan pembelian Pond’s Flawless White. BISMA Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 1–10. https://journal.unesa.ac.id/index.php/bisma/article/view/2769/1789

Nofriyanti, A. R. (2017). Pengaruh Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, Brand Loyalty terhadap Brand Equity pengguna Telkomsel. Ekonomi Bisnis, 22(2), 130–142.

Nopriani, Y. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Telkomsel Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Raden Fatah Palembang). Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111.

Nuristiqomah, S., Widodo, J., & Zulianto, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Kartu Prabayar Simpati Telkomsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember Angkatan 2015-2017). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 14(1), 166. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.11610

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.

Putri, N. A., AY, B., & Sarsono. (2021). Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Hand Sanitizer Dettol Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Luwes Gentan (Brand Image, Brand Trust and Product Quality To Purchase Decision For Dettol Hand Sanitizer During-19 Pandem. Jurnal Ekbis, 22(1), 69–87.

Rafdi, iqbal ananta. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Trust terhadao Kepuasan Pelanggan (Stusi pada Pengguna Kartu Prabayar Telkomsel Simpati Kota Malang).

Rahmawati, N. D., Arifin, R., & Primanto, A. B. (2020). Pengaruh Word of Mouth, Citra Merek, Brand Trust, Kualitas PProduk, Dan promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Kartu Telkomsel (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Bago Tulungagung). E-Jurnal Riset Manajemen, 9, 37–52.

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.†PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755–764.

Sudaryono. (2016). Manajmen PemasaranTeori & Implementasi. C.V ANDI OFFSET.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Merode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfabeta.

Upamannyu, N. K., & Sankpal, S. (2014). Effect Of Brand Image On Customer Satisfaction & Loyalty Intention and The Role Of Customer Satisfaction Between Brand Image and Loyalty Intention. Journal of Advances in Chemistry, 10(1), 2146–2161.

Zia, A., Younus, S., & Mirza, F. (2021). Investigating the Impact of Brand Image and Brand Loyalty on Brand Equity: the Mediating Role of Brand Awareness. International Journal of Innovation, Creativity and Change., 15(2), 1091. https://www.ijicc.net/images/Vol_15/Iss_2/15273_Zia_2021_E1_R.pdf%0Awww.ijicc.net

Downloads

Published

2022-09-06