Peran Minat Beli dalam Hubungan Antara Kualitas Produk dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Suplemen Kesehatan
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3974Abstract
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah fenomena perilaku konsumtif generasi milenial terhadap minuman manis yang tidak memikirkan dampaknya terhadap kesehatan, padahal angka penderita diabetes diprediskikan semakin meningkat pada kelompok umur yang lebih muda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand awareness dan kualitas produk terhadap minat beli yang berdampak pada keputusan pembelian produk Whey To Go, yang mana menjadi solusi akan perilaku konsumtif generasi muda terhadap minuman manis, namun memperhatikan aspek kesehatan. Penelitian ini membahas mengenai dimensi variabel penelitian untuk mengetahui pengaruh antara variabel melalui kuisioner yang disebar pada 150 responden menggunakan metode purposive sampling. Penelitian menggunakan metode kuantitatif yang diolah menggunakan SPSS versi 20. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa variabel brand awareness beperngaruh signifikan terhadap minat beli. Variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Variabel minat beli berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel brand awareness berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan pemahaman bagi pihak Whey To Go untuk memperhatikan brand awareness dan kualitas produk yang mana berpengaruh terhadap minat beli dan keputusan pembelian.
Kata Kunci: Brand Awareness; Kualitas Produk; Minat Beli; Keputusan Pembelian
References
DAFTAR PUSTAKA
A.A. Ngurah, et al. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Minat Beli (Survei pada Pembeli di Gerai Starbucks di Kota Surabaya).†). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 61 No. 2.
Alma, Buchari. (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.
Alma, Buchari. (2017). Pengantar Bisnis, Edisi 20.
America Marketing Association. (2017). What is Marketing? Retrieved, March, 16 2021, from https://www.ama.org/the-definition-of-marketing-what-is-marketing/
Ari, Jusuf, dan Efendi. (2015). Prinsip – prinsip Pemasaran. Yogyakarta. Darmanto dan Wardaya. (2015). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish. Dyanasari dan Harwiki. (2018). Perilaku Konsumen (Consumer Behavior).
Eangle, Dahl, Hill, Bird, Spotswood. (2013). Social Marketing. New Jersey : Pearson Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
England: Pearson Education Limited.
Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuisioner Menggunakan SPSS. Jakata: Elex Media Komputindo.
Hermawan. (2014). Hermawan Kartajaya on Brand. Mizan.
Indrawan dan Yaniati. (2017). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Edisi Revisi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Julius dan Limakrisna. (2016). Manajemen Pemasaran (Model Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Jakarta: Deepublish.
Kotler and Armstrong. (2018). Principles of Marketing (Global Edition). 17th Edition. New Jersey: Pearson.
Kotler dan Armstrong. (2008). Prinsip – prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2014). Principles of Marketing 12th Edition, Jilid 1
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management. 15th Edition.
Kriyantono. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi.
Mirabi, et al. (2015). “A Study of Factors Affecting on Customers Purchase Intention of Bono Brand Tile in Tehranâ€. Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology.
Olson, Jerry C dan Peter, J. Paul. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Sembilan. Buku 2. Jakarta : Salemba Empat.
Prasetyo dan Jannah. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers. Salomon, Michael R. (2011). Consumer Behavior. (Buying, Having, and Being). New Jersey: Pearson.
Priyanto, D. (2016). SPSS Hand Book. Yogyakarta: Media Kom.
Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono P.D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. Sutama. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Fairuz Media.
Sujarweni. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Jakarta: Pustaka Baru.
Sunyoto, Danang. (2013). Perilaku Konsumen. Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Buku Seru. Sukoco. (2013). Analisis Pengaruh Debt To Equity Ratio, Profitabilitas, Firm Size, dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Mediasi Divident Payout Ratio. JURNAL BISNIS STRATEGI.
Suryani, Tatik. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet. Implikasinya Pada Strategi Pemasaran. Edisi Pertema. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi Pemasaran (2nd Edition.) Cetakan Kelima. Yogyakarta: Andi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sri Rahayu, Arief Nuryana, Ilham Arief, Khamaludin Khamaludin, Henny Tannady Tan, Primadi Candra Susanto, Magdalena Magdalena, Hendy Tannady

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.