Model Pendidikan Keluarga dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Islam pada Masa Pandemi Covid 19 di Desa Nagori Wonorejo Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3975Abstract
Abstrak
Gejala wabah Covid 19 menghambat aktivitas semua orang termasuk orang tua yang diluar guru dan pekerja juga banyak yang berhenti tapi kita bisa mengambil sisi baik dari pandemi ini semua keluarga yang biasanya jarang berkumpul tapi semua bisa berkumpul,walaupun dengan tantangan baru dengan mengembalikan dan menyadarkan orang tua bahwa keterpaduan model pendidikan keluarga merupakan bagian inti dari rumah sebagai madrasah ula (sekolah pertama) bagi pembentukan akhlak anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis dan kondisi penelitian kualitatif yang kaya dan akan menghasilkan data deskriptif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data bersifat interaktif fungsional yang bersumber dari empat kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Penelitian ini menemukan bahwa dalam membentuk model pendidikan keluarga berbasis nilai-nilai agama Islam di tengah pandemi Covid-19, seseorang dapat melalui keluarga yang disiplin dan penuh sentuhan Al-Quran dan As-Sunnah. Pendidik yang paling utama adalah orang tua. Hal yang harus diperhatikan dan tidak boleh ditinggalkan dalam pendidikan berbasis nilai-nilai agama Islam adalah penggunaan model terpadu yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk berhasil mendidik anak yang berakhlak baik, juga harus memperhatikan komponen-komponen yang terlibat, seperti tujuan, program, proses, dan evaluasi pendidikan berdasarkan nilai-nilai agama Islam yang diterapkan dalam keluarga.
Kata Kunci: Integrasi, Model Pendidikan Keluarga, Nilai-nilai Agama Islam.
Â
Abstract
The symptoms of the Covid 19 outbreak are hindering the activities of everyone including parents who are outside of teachers and many workers also stop but we can take the good side of this pandemic all families who usually rarely gather but can all gather, even with new challenges with restore and make parents aware that the integration of the family education model is a core part of the home as a madrasatul ula (first school) for the formation of children's morals. This research is a field research with rich qualitative research types and conditions and will produce descriptive data. Collecting data by observation, interviews and documentation. Then the data analysis is functional interactive, which stems from four activities, namely data collection, data reduction, data presentation and data verification. This study found that in forming a family education model based on Islamic religious values in the midst of the Covid-19 pandemic, one can go through a family that is disciplined and full of a touch of the Al- Quran and As-Sunnah. The most important educators are parents. The thing that must be considered and cannot be abandoned in education based on Islamic religious values is the use of an integrated model that fits the needs. To succeed in educating children with good morals, they must also pay attention to the components involved, such as goals, programs, processes, and evaluations of education based on Islamic religious values that are applied in the family
Keywords: Integration, Family Education Model, Islamic Religious Values.
References
DAFTAR PUSTAKA
Achmad, Mahmud. 2008. Tehnik Simulasi dan Permodelan. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.(online).http://repository.upi.edu/11779/11/T_PKKH_1104495_Chapter2.pdf. Di akses pada tanggal 14 September 2021.
Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
_. 2007. Reformasi Pendidikan Islam, Cet Ke-2. Ciputat: CSRD Press.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Produk. PT.Rineka Cipta:Jakarta.
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana, 2012)
Bungin, Burhan. 2001. Meodologi Penelitian Kualitatif. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Daradjat, Zakiyah. 1996. Garis-garis Besar Pendidikan Keluarga. Jakarta: Bina Aksara. Ihsan
Fuad H. 2005. Dasar- dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Jalaludin. 2008. Psikologi Agama. Jakarta; PT Raja Grafindo Persada. Kaelan.2005.Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat. Paradigma:Yogyakarta.
M. Yusuf. 2015. Tafsir Tarbawi: Pesan-Pesan Al-Quran Tentang Pendidikan. Jakarta: Amzah.
Milles, Matthew dan A. Michael Huberman.1992. Analisis Data Kualitatif. Penerjemah: Tjejep Rohendi Rohidi. UI Press:Jakarta.
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT.Remaja Rosdakarya:Bandung.
.2006. Metode Penelitian Kualitatif. PT.Remaja Rosdakarya:Bandung
Muhaimin. 2004. Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia: Bogor.
Tafsir, Ahmad. 2001. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Khairuddin Tampubolon, 2020, Elemen-Elemen Mesin Bensin pada Mobil dan Perawatannya, Inteligensia Media (Kelompok Penerbit Intrans Publishing), 1 Mar 2020 - 346 halaman- URL: https://books.google.co.id/books/about/Elemen_Elemen_Mesin_Bensin_pada_Mob il_da.html?id=Knf8DwAAQBAJ&redir_esc=y.
Undang- undang RI No. 20 Tahun 2003. 2009. tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung; Fokus Media.
William F. O‟neil. 2001. Ideologi-idelogi Pendidikan. terj. Omi Intan Naomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zuhairini. 1995. Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara: Bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Departemen Agama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hadi Saputra Panggabean, Nurhalima Tambunan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.