Pengaruh Service Quality dan Store Atmosphere Terhadap Customer Satisfaction (Studi Kasus Gerai Ritel Burger Cepat Saji)

Authors

  • Suryati Suryati Universitas Surakarta
  • Untung Eko Setyasari Politeknik LP3I Kampus Tasikmalaya
  • Erni Pratiwi Perwitasari Institut Transportasi dan Logistik Trisakti
  • Susatyo Adhi Pramono Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Khamaludin Khamaludin Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Sigit Somadiyono Universitas Batanghari
  • Ichsan Ichsan Politeknik Negeri Pontianak
  • Hendy Tannady Universitas Multimedia Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3984

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar apa yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada suatu restoran atau rumah makan maka dibutuhkan adanya suasana toko yang menarik dan berkualitas, serta pelayanan yg baik, sehingga mampu memberikan kepuasan kepada konsumen. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan program SPSS Statik 25 dengan jumlah sempel sebanyak 185 responden yang pernah membeli dan mengunjungi lawless Burgerbar. dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dan purposive. Hasil penelitian ini Uji t menunjukan bahwa store atmosphere berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,5 dan nilai t hitung sebesar 4,801 > 1,447 dan kualitas pelayanan menunjukan nilai t hitung sebesar 3,812 > t tabel 1,447 berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dan juga diketahui bahwa nilai F hitung dari variabel independen dalam penelitian ini adalah sebesar 45,050 > F tabel 3,05 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa variabel store atmosphere dan kualitas pelayanan secara bersama- sama mempengaruhi kepuasan konsumen secara signifikan. Manfaat penelitian ini bagi lawless Burgerbar adalah sebagai bahan masukan atau evaluasi agar tetap dapat mempertahankan dan meningkatkan suasana toko dan kualitas pelayanan agar dapat bersaing dengan competitor lainnya.

Kata Kunci : Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

References

DAFTAR PUSTAKA

Adabi, N. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian indihome di witel telkom depok. Jurnal Manajemen, 12(1), 32–39.

Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Kelompok Gramedia

Ghozali, I (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamidiyah, & Ningsih. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Ournal of Business and Innovation Management, 2, 296–310.

Handayani, S. N. (2016, January 28). Survei MasterCard: Restoran Cepat Saji Masih Favorit Masyarakat Indonesia | SWA.co.id.

Hardiansyah, R. (2019). Pengaruh Suasana Toko, Lokasi Dan Promosi Terhadap Minat Beli Di Toko Roti Morning Bakery. 6, 215.

Hasibuan. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kotler, & Keller. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, & Amstrong. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.

Kristiana, M. & Edward. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Heerlijk Gelato Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 01(2337- 6708), 114.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat. Majalah Ilmiah Inspiratif 3(5), 1-11.

Putri, L. H., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 15, 1–9.

Putri, V. A., & Fatmasari, D. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Alfamart di Kelurahan Srondol Wetan Semarang.

Saladin, & Buchori. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Sarinah., Mardalena. (2017). Pengantar Manajemen.Yogyakarta: CV Budi Utama. Siregar, (2015). Metode Penelitian Kuantitaif. Jakarta: Prenadamedia Group

Sugiarto, & Subagio. (2014). Analisa Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli di Dream of Khayangan Art Resto Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2, 5.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sunyoto, S (2011). Analisis regresi untuk uji hipotesis, Yogyakarta : Caps

Suparyanto & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran, In Media, Yogyakarta

Tannady, H., Suyoto, Y. T., Purwanto, E., & Anugrah, A. I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan First Media di Pondok Aren Tangerang Selatan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2):3910-3921.

Tannady, H., Hamdany, M. A., Anggreni, M. A., Assery, S., Sofyanty, D., Anantadjaya, S. P. D., Nawangwulan, I. M., & Jayanto, I. (2022). Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Dengan Motivasi Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Inspektorat Badan Pusat Statistik). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2):3984-4002.

Tannady, H., Renwarin, J. M. J., Nuryana, A., Mudasetia, Nawiyah, Mustafa, F., Ilham, Palilingan, R. A. (2022). Peran Disiplin dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Perdagangan Oli dan Pipa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2):4320-4335.

Yuliana, Tannady, H. (2019). Faktor Determinan Performa Pekerja Konstruksi Melalui Media Motivasi. Journal of Business and Applied Management, 12(2):169-185.

Terry, & Rue. (2016). Dasar-dasar Manajemen (G. A. Ticoalu, Trans.). Jakarta: Bumi Angkasa.

Tjiptono (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian Yogyakarya: Andi Offset.

Downloads

Published

2022-09-07