Penerapan Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi untuk Mengembangkat Teori Burner (Classroom Action Research di PAUD Ummul Habibah Kelambir V Medan)

Authors

  • Rita Nofianti Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3989

Abstract

Abstrak

Penelitian ini didasari dengan rendahnya kemampuan kogitif anak usia dini yang ada di PAUD Ummul Habibah Kelambir V Medan. Factor penyebab nya ialah kurang menariknya media pembelajaran yang diberikan oleh guru, sehingga anak bosan dan jenuh setiap kali diadakan proses pembelajaran, yang akibatnya perkembangan kognitif anak usia dini yang ada di PAUD Ummul Habibah Kelambir V Medan sangat rendah. Teori bruner adalah salah satu teori belajar yang lebih menekankan pada perkembangan kognitif anak, perkembangan kognitif anak merupakan kemampuan yang salah satunya ialah mengelompokkan benda yang mempunyai persamaan warna, bentuk dan ukuran, mencocokkan lingkaran, segitiga, dan segi empat serta mengenal dan menghitung angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perkembang kognitif melalui permainan tradisional sebagai salah satu media untuk menstimulisi perkembangan anak, khususnya anak usia dini yang ada di PAUD Ummul Habibah Kelambir V Medan. Metodelogi dalam penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas {Classroom Action Research }yang menggunakan dua siklus, yakni siklus satu dan siklus dua. Masing-masing dari siklus melakukan dua kali pertemuan kepada anak dengan menggunakan media permainan tradisional. Begitu juga dengan siklus dua terdapat dua kali pertemuan dengan menggunakan media permainan tradisional yang sudah disiapkan oleh tim peneliti. Dengan hasil persentase meningkatan diketahui dari sebelum tindakan Pada indikator Penilaian Belum Berkembang 80%, Peningkatan naik Pada tindakan siklus 1 Pertemuan 1 indikator penilaian Pada BB {belum berkembang} sudah menurun menjadi 15%, Pada indikator Penilaian MB {mulai berkembang} 15%, BSH {berkembang sesuai harapan} naik menjadi 35% dan ada indikator Penilaian Perkembangan BSB {berkembang sangat baik} naik menjadi 35%. Pertemuan 2 masih Pada siklus 1 Pada indikator penilaian BB {belum berkembang} 10%, Pada indikator Penilaian MB {mulai berkembang} 10%, BSH {berkembang sesuai harapan} naik menjadi 40% dan pada indikator penilaian perkembangan BSB {berkembang sangat baik} naik menjadi 40%.

Kata Kunci: Permainan Tradisional, teori Bruner

References

DAFTAR PUSTAKA

Budiningsih. 2004. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka,

Khadijah, 2016, Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Medan: PerdanaPublishing. Lefrancois, 2009,

Kholis. Strategi Pengembangan Kognitif Dan Anak. Surabaya: Gramedia Citra.

Masnur, Muslich. 2009. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) ituMudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Moeleong, L,J, 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : RemajaRosdakarya.

Susanto ahmad.. 2011. Perkembangan anak usia dini.Jakarta:prenamedia group.

Sujiono N.Y. 2013. Konsep dasar pendidikananak usia dini. Jakarta : PT indeks.

UU Nomor 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 Ayat 14

Wiriatmadja, (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: RemajaRosda Karya.

Downloads

Published

2022-09-08