Peningkatan Keputusan Pembelian Melalui Peran Kualitas Produk (Studi Empiris Ceker Ndower Brebes Jawa Tengah Indonesia)

Authors

  • Asriyatun Abadiyah Universitas Muhadi Setiabudi
  • Roby Setiadi Universitas Muhadi Setiabudi
  • Gian Fitralisma Universitas Muhadi Setiabudi
  • Tri Linda Antika Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3997

Abstract

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini untuk menguji dan menganalis apakah peran kualitas produk yang dirasakan konsumen Ceker Ndower Brebes berpengaruh pada peningkatan keputusan pembelian di Ceker Ndower Brebes. Penelitian ini dilakukan di Ceker Ndower Brebes menggunakan metode kuantitatif dengan membagikan kuesioner kepada konsumen melalui link google form dan butiran pertanyaan di kertas kuesioner. Dengan 100 responden melalui kuesioner, yang terdiri dari 8 butir pertanyaan tertutup dan 8 pertanyaan terbuka. Kemudian data dikumpulkan dan diproses menggunakan SPSS versi 22 dengan teknik analisis menggunakan uji instrument yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji analisis regresi sederhana, uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji hipotesis yaitu uji parsial (t) dan uji koefisien determinasi (R2) untuk melihat pengaruh dari setiap variabel. Penelitian ini memiliki hasil secara parsial menunjukan variabel kualitas produk i berpengaruh positif dan signifikan secara parsial antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Ceker Ndower Brebes dan kekuatan hubungan antara variabel kualitas produk (X) terhadap keputusan pembelian (Y) senilai 35,3% selebihnya senilai 64,7% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

 

Abstract

The purpose of this study is to examine and analyze whether the role of product quality perceived by Ceker Ndower Brebes consumers has an effect on increasing purchasing decisions at Ceker Ndower Brebes. This research was conducted in Ceker Ndower Brebes using a quantitative method by distributing questionnaires to consumers via the google form link and the details of the questions on the questionnaire paper. With 100 respondents through a questionnaire, which consists of 8 closed questions and 8 open questions. Then the data were collected and processed using SPSS version 22 with analytical techniques using instrument tests, namely validity and reliability tests, simple regression analysis tests, classical assumption tests, namely normality tests, hypothesis tests, namely partial tests (t) and coefficient of determination test (R2) to see the effect of each variable. This study partially shows that product quality variable i has a positive and partially significant effect between product quality on purchasing decisions at Ceker Ndower Brebes and the strength of the relationship between product quality variables (X) on purchasing decisions (Y) worth 35.3%, the rest is worth 35.3%. 64.7% is influenced by other factors.

Keywords: Product Quality, Purchase Decision

References

DAFTAR PUSTAKA

Afifah, A., Setiadi, R., Mukson, M., Fitralisma, G., Ikhwan, S., & Dwita Kumala, F. (2021). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Produk Tape Ketan Daun Jambu. Journal Of Economic And Management (Jecma), 1(02), 37–41.

Aldini Nofta Martini, Ahmad Feriyansyah, & Sella Venanza. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Di Kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 132–142.

Almira, A., & Sutanto, J. E. (2018). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison Nob. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 250–259.

Apriani, S., & Bahrun, K. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maskara Maybelline. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 14–25.

Arianto, N., Asmalah, L., & Rahmat, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada Pengguna Mas Cleaner. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(2), 194–203.

Bintarti, S., Sumantri, P., Wicaksana, I., & Sari, R. (2022). The Effect Of Product Quality , Product Variation And Promotion Towards The Purchase Decision Of Viva. 11(01), 448–453.

Dewi. (2021). Jurnal Mitra Manajemen ( Jmm Online ). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Kota Bekasi, 4(11), 1651–1663.

Erlangga, H., Nurjaya, N., Sunarsi, D., Mas’adi, M., & Jasmani, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Di Pt Panca Sakti Perkasa Di Bintaro. Jurnal Ilmiah Perkusi, 1(4), 464.

Hartanto, A., & Andreani, F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Lingkungan Fisik Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Di De Mandailing Cafe Surabaya. Agora, Vol 7, No(1), 1–6.

Hartuti, E. T. K., Narimawati, U., Affandi, A., Priadana, S., & Erlangga, H. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Citra Perusahaan Umkm Makanan Tradisional Getuk Goreng Di Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1144–1149.

Haryoko, U. B., & Febriyanti. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Shop Bebenito Group Tanggerang Selatan. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(1), 78–95.

Krisna Marpaung, F., Arnold S, M. W., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 7(1), 1–16.

Lestari, R., & Suryani, L. (2022). The Effect Of Brand Image, Price Perception, And Product Quality On The Purchase Decision Of Ms Glow Skincare On Students Of The National University Of Jakarta Selatan. Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal) : Humanities And Social Sciences, 5(2), 11755–11761.

Putri, Y. M., Utomo, H., & Mar’ati, F. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Harga Dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Di Grand Wahid Hotel Salatiga. Among Makarti, 14(1), 93–108.

Setiadi, R., & Attusholiha, A. (2016). Penilaian Kepuasan Konsumen, Promosi Penjualan Dan Kualitas Produk (Studi Kasus Umkm Di Kabupaten Brebes). Jurnal Manajemen Dan Akuntan, 16(1), 294–301.

Setiadi, R., Setyowati, R., Iskandar, K., Syaifulloh, M., Abadiyah, A., Yulianto, A., & Ikhwan, S. (2022). The Effect Of Perceived Price And Service Quality On Consumer Satisfaction Of Healthy Baby Food Counters. Food Science And Technology (United States), 10(2), 17–22.

Setyowati, N. (2018). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Apartemen Belmont Residence Kebon Jeruk Narni. Alumni Program Manajemen S1 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia, Jakarta, 35.

Solichin, A., Resky Amalia, D. A., Katniaty, L., Wisudawati, T., Sulistyowati, E., & Saputro, W. A. (2021). Pengaruh E-Wom Dan Risk Perception Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Journal Of Economic And Management (Jecma), 1(02), 2–9.

Sugianto Putri, C. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594–603.

Syarifudin, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Tamu Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Di Madani Hotel Medan) (Vol. 2507, Issue February).

Wayan Gede Antok Setiawan Jodi, I., Nyoman Kusuma Putra, B., Made Surya Prayoga, I., & Santana Putra Adiyadnya, M. (2022). Impact Of Product Quality, Price, And Promotion On Purchase Decision Of Dinda Fashion Products In Denpasar. Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal): Humanities And Social Sciences, 5(2), 12874–12880.

Downloads

Published

2022-09-08