Partisipasi Orang Tua dalam Implementasi Pembentukan Karakter Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini

Authors

  • Rita Nofianti Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Munisa Munisa Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Nanda Rahayu Agustia Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.4012

Abstract

Abstrak

Pada penelitian ini bertujuan untuk dapat melihat sejuh mana partisipasi para orangtua terhadap implementasi pembentukan pendidikan karakter terhadap perkembangan anak usia dini. Selin itu untuk mengetahui deskpripsi tentang perlibatan para orangtua dalam aspek perkembangan anak ketika disekolah dan dirumah. Partisipasi orangtu merupakan pelibatan yang paling penting setiap tumbuh kembang pra anak, karena masa anak usia dini adalah masa yang tumbuh hanya sekali dalam perkembangan anak, jadi para orangtua yang mempunyai anak usia dini jangan sampai melewatkan setiap aspek perkembanganya. Dan hal itu harus didukung para orangtua mereka sendiri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif atau studi kasus yang dilakukan kepada orangtua anak usia dini secara langsung, tanpa melalui prantara. Terhadap partisipasi para ayah dan ibu dalam penerapan pendidikan anak usia dini yaitu 5-6 tahun. Yang rata-rata para anak usia dini yang sedang menempuh pendidikan anak usia dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Kata Kunci: Partisipasi Orangtua, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

References

DAFTAR PUSTAKA

Anita Lie & Sarah Prasasti. (2004). Menjadi Orangtua Bijak 101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Agus Fuadi. (2012). Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Orang Tua Murid Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Sekolah (Studi Kasus di SDIT Ar Raihan Bantul). Thesis. PPs-UNY.

Brooks, J. (2011). The Process of Parenting, Proses Pengasuhan Edisi Kedelapan. (Alih bahasa: Rahmat Fajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Halgunseth, L. C. & Peterson, A. (2009). Family Engagement, Diverse Families.

Musyawarah. (2013). Keterlibatan Orangtua dalam Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB X Kota Makassar.

Patrikakou, E. N.( 2008). The power of Parental Involvement: Evidence, Ideas, and Tools for student Success.

Rohiat. (2012). Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.

Sjarkawi, (2006), Pembentukan Kepribadian Anak, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sutarjo Adisusilo, (2012), Pembelajaran Nilai-Karakter, Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-09-09