Partisipasi Orang Tua dalam Implementasi Pembentukan Karakter Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.4012Abstract
Abstrak
Pada penelitian ini bertujuan untuk dapat melihat sejuh mana partisipasi para orangtua terhadap implementasi pembentukan pendidikan karakter terhadap perkembangan anak usia dini. Selin itu untuk mengetahui deskpripsi tentang perlibatan para orangtua dalam aspek perkembangan anak ketika disekolah dan dirumah. Partisipasi orangtu merupakan pelibatan yang paling penting setiap tumbuh kembang pra anak, karena masa anak usia dini adalah masa yang tumbuh hanya sekali dalam perkembangan anak, jadi para orangtua yang mempunyai anak usia dini jangan sampai melewatkan setiap aspek perkembanganya. Dan hal itu harus didukung para orangtua mereka sendiri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif atau studi kasus yang dilakukan kepada orangtua anak usia dini secara langsung, tanpa melalui prantara. Terhadap partisipasi para ayah dan ibu dalam penerapan pendidikan anak usia dini yaitu 5-6 tahun. Yang rata-rata para anak usia dini yang sedang menempuh pendidikan anak usia dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kata Kunci: Partisipasi Orangtua, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini
References
DAFTAR PUSTAKA
Anita Lie & Sarah Prasasti. (2004). Menjadi Orangtua Bijak 101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Agus Fuadi. (2012). Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Orang Tua Murid Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Sekolah (Studi Kasus di SDIT Ar Raihan Bantul). Thesis. PPs-UNY.
Brooks, J. (2011). The Process of Parenting, Proses Pengasuhan Edisi Kedelapan. (Alih bahasa: Rahmat Fajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Halgunseth, L. C. & Peterson, A. (2009). Family Engagement, Diverse Families.
Musyawarah. (2013). Keterlibatan Orangtua dalam Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB X Kota Makassar.
Patrikakou, E. N.( 2008). The power of Parental Involvement: Evidence, Ideas, and Tools for student Success.
Rohiat. (2012). Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.
Sjarkawi, (2006), Pembentukan Kepribadian Anak, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sutarjo Adisusilo, (2012), Pembelajaran Nilai-Karakter, Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.
Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rita Nofianti, Munisa Munisa, Nanda Rahayu Agustia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.