Konseptual Teoritis dan Implementasi Praktis Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.4016Abstract
Abstrak
Semangat belajar yang tinggi peserta didik berasal dari seorang guru yang mampu menciptakan iklim pembelajaran bermakna, berkualitas dan inovatif, yang mampu menarik perhatian peserta didik. Peserta didik akan terkesan dan termotivasi apabila pembelajaran dikemas melalui media interaktif. Peserta didik sudah lumrah dengan teknologi dan lebih tertarik dengan kemajuan teknologi jaman sekarang. Seorang guru yang berkompeten harus peka dan melihat kondisi perkembangan zaman masa kini, perlu mengevaluasi metode mengajar yang diterapkan. Teknologi sudah marak di dunia pendidikan dimanapun di seluruh dunia. Peran teknologi multimedia mendukung efektifnya pembelajaran dan peserta didik menjadi lebih bersemangat untuk terlibat dalam proses pembelajaran. Teknologi multimedia dimanfaatkan sebagai sarana untuk menciptakan dan mengembangkan pembelajaran. Pengajaran akan lebih menarik perhatian peserta didik, dapat mengoptimalkan hasil belajar yang maksimal. Pelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga mudah dipahami. Dan peserta didik menguasai tujuan dari pembelajaran. Metode mengajar guru akan lebih bervariasi dan peserta didik dapat mengamati, menikmati, dan mengembangkan hasil dari informasi yang didapat. Peserta didik, mendapat pengalaman belajar yang berkesan. Informasi yang diterima dapat diingat lebih lama jika seorang guru mampu dengan tepat dalam pemanfaatan teknologi khususnya multimedia interaktif dalam pembelajaran pendidikan agama kristen.
Kata Kunci: Multimedia, Pendidikan Agama KristenReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ariani, N. & Haryanto, D. 2010. Pembelajaran Multi Media di Sekolah: Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Prestasi Pustaka, Jakarta, Indonesia.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta, Jakarta, Indonesia.
Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta Indonesia.
Alkitab Edisi Studi. 2012. Lembaga Alkitab Indonesia
Capone, R., De Caterina, P. and Mazza, G. ‘Blended Learning, Flipped Classroom and Virtual Environment Challenges and Opportunities for the 21St Century Students’, in Edulearn17 Conference, 2017,. 10478–10482.
Daryanto 2010. Media Pembelajaran, Gaya Media. Yogyakarta Indonesia.
Dirjen Bimas Kristen. 2011. Kebijakan Teknis Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen, Kementerian Agama RI tahun Anggaran 2011. Makalah Seminar pada Konsultasi Nasional Pejabat Bimas Kristen Pusat dan Daerah se- Indonesia, Bandung, Indonesia 1-4 Februari 2011.
Edison T. 2011. Arah Kebijakan Kristen Di Indonesia. Makalah Seminar pada Konsultasi Nasional Pejabat Bimas Kristen Pusat dan Daerah se-Indonesia, Bandung, Indonesia 1-4 Februari 2011.
Efrina, Nelly. 2010. Pengembangan Multimedia Interaktif pada PembelajaranKimia Pokok Bahasan Struktur Atom Untuk Siswa Kelas XI MAN 2 Palembang. Tesis UNSRI Palembang.
Flagg, B.N. 1990. Formative Evaluation for Educational Technologies, Hillsdale, New Jersey : Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
Gaol, Lumban, Patar, Sahat. 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) Pokok Bahasan Penciptaan Alam Semesta Di Sekolah Dasar. Tesis. Palembang PPS UNSRI Palembang.
Geisler, N.L. 2000. Etika Kristen: Pilihan dan Isu. Departemen Leteratur Saat, Malang Indonesia.
Gofur. 2007 Mozaik Teknolgi pendidikan. Jakarta. Kerja Sama Universitas Negeri Jakarta dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan.
Hamzah, B. Uno, 2014. Model Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Handoko, T, Y. 2007. Integrasi Sebuah Perspektif Teologis http://www.sarapanpagi.org/scripture-nature-vt2739.html. diakses 25 Maret 2022.
Handrycart, K. 2006. Puzzle Oleh-Oleh Yang Mendidik. Yogyakarta
Heinich, R; M, Russell, J D; & Smalding Sharon E. 1996. Instuctional Media and Tecnologies for Learning. NewJersey, USA: A. Simon and SchesterCompany.
Hendri, Deboy. 2010. Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Comtasia dan Macromedia Flash Untuk materi Bangun Ruang di Sekolah Menengah Pertama. Tesis PPS UNSRI.
Hwang Thomas. 2016. Apa Tujuan dari penciptaan benih perempuan volume 2. Ami Publikasi. Gyeonggi-Do, Korea.
Jalinus, Nizwardi dan Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta Kencana.
Lase,J. 2011. Revitalisasi Dan Reaktualisasi Pendidikan Agama Dan Keagamaan Kristen. Makalah Seminar pada Konsultasi Nasional Pejabat Bimas Kristen Pusat dan Daerah se- Indonesia, Bandung, Indonesia 1-4 Februari 2011.
Lembaga Alkitab Indonesia. 2010. Alkitab. Percetakan Lembaga Alkitab Indonesia, Jakarta Indonesia.
Lexy, J.M. 2007 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lolangion Feldy, Marselino Cristian Runturambi & Jefry Kawuwung. 2021. Menelaah Antroposentris Dalam Menyikapi Krisis Lingkungan Dari Perspektif Teologi Penciptaan dalam Jurnal Ilmiah Tumou Tou. Vol. 8 No.1.
Miarso, Y.H. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group Jakarta, Indonesia.
Mustaji.2001. Pemanfaatan Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Teknologi Pendidikan Unesa. Jurnal.
Norbert M. Seel. 2012. https://www.researchgate.net/figure/The-Dick-and-Carey-model-of Instructional-Design_fig4_255988122.
Nugraha. 2003 Kiat Merangsang Kecerdasan Anak. Jakarta : Puspa Swara.
Pitrimawati. 2011. Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bilangan Romawi Kelas IV di sewkolah Dasar. Tesis PPS UNSRI Palembang.
Poedarmita, W. J. S. 1990 Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan ilmiah . Semarang: CV Samu Untung.
Purwanto. 2005. Jejak Langkah Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Depdiknas Pustekkom, Jakarta, Indonesia.
Riyana, Cepy. 2012. Media Pembelajaran Jakarta.
Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Dan peneliti Pemula. Bandung. Alfabeta.
Rohimul. Anwar, 2008. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Mata Pelajaran IPS Kelas VI Semester Genap di Sekolah Dasar banjarsari Tepus. Tesis PPS UNSRI Palembang.
Sadiman, Raharjo, Haryono, dan Rahardjito.2011. Media Pendidikan. Jakarta; Rajawali Pers
Setiawan, D. 2007, Pengembagan Bahan Ajar, Universitas Terbuka Somad P. & Herawati T. 1996. Orthopedagogik Anak tunarungu Jakarta: Depdikbud
Simanjuntak Truman. 2021. Arkeologi Biblika Mengungkap Peristiwa-Peristiwa Besar Sejak Penciptaan Semesta Hingga Kekristenan Masa Kini. PBMR ANDI. Yogyakarta.
Sudjana, N. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung; Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N & Rivai. 2005. Media Pengajaran: Penggunaannya dan Pembuatannya, Sinar Baru, Bandung indonesia Jakarta.
Sugiono. 2010, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan R & D. Afabeta, Bandung Indonesia.
Suparman, Atwi. 2004. Desain Instruksional. Universitas Terbuka, Jakarta, Indonesia
Susilana, R. 2008 Media Pembelajaran, Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan, FIP. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sutopo, A. Hadi. 2003. Multimedia Interaktif dengan flash. Graha Ilmu. Yogyakarta, Indonesia
Syaiful B. D. & Zain 2006 Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Irama Widya.
Tafona’o Talizaro. 2016. Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk. Illumination Publishing. Yokyakarta
Tessmer, M. 1998. Planning and Conducting Formative Evaluation†Improving the Quality of Education and training’. Kogan Page, Philadelphia, London.
Tulung M Jeane & Agus Santoso. 2017. Mengasihi Tuhan, Mengasihi Sesama. 10 Hukum Taurat dan Pendidikan Karakter. Wahana Resolusi. Manado.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Tanggal 8 Juli 2003. Jakarta DPR – RI dan Sekretariat Negara.
Uno, HB., Nina Lamatenggo. 2011.Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyudi CHA. 2005. Program Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo Anggota IKAPI.
Warsito, B. 2008. Teknologi Pembelajaran, landasan dan Aplikasinya. Rineka Cipta, Jakarta Indonesia.
Yongky, K. 1994. Tempat penciptaan Di Dalam Sejarah Teologi PL. http://alkitab.sabda.org/resource.php?topic=517&res=jpz, diakses 25 Maret 2022
Zulkardi. 2002. Developing a Learning Environment on Realistik Mathematics Education for Indonesia Student Teacher.Disertasi. http:// projects.edte.utwente.nl/imei/ dissertation/ disertasi/ html, diakses 25 Maret 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sahat Patar Lumban Gaol, Hamzah B. Uno, Novri Y Kandowangko, Nina Lamatenggo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.