Pengaruh Harga dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisata Mangrove Pandasari

Authors

  • Fatikhatun Faoziyah Universitas Muhadi Setiabudi
  • Roby Setiadi Universitas Muhadi Setiabudi
  • Hendri Sucipto Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.4024

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis sejauh mana pengaruh harga dan daya tarik wisata di objek wisata mangrove pandansari kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini kuantitatif. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 100 responden. Metode menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian ini menampilkan hasil uji t yang menyatakan bahwa variabel, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung. Dengan nilai t-hitung harga sebesar 3,065> t-tabel 0,1660 dengan nilai signifikan 0,003<0,05 Dan daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung. Dengan t-hitung daya tarik wisata sebesar 5,196 > t-tabel0,1660 dengan nilai signifikan 0,000<0,05.

Kata Kunci: harga, daya tarik wisata, minat berkunjung

 

Abstract

This study aims to examine and analyze the influence of price and tourist attraction in the Pandansari Mangrove tourism object, Brebes Regency. This type of research is quantitative . The sample of this research was taken as many as 100 respondents. The method uses SPSS 22. The results of this study show test results which state that the variable, price has a positive and significant effect on visiting interest. With a value of t - calculate the price of 3.065> t - table 0.1660 with a significant value of 0.003 <0.05 And tourist attraction has a positive and significant effect on visiting interest. With t - calculate the tourist attraction of 5.196 > t - table0.1660 with a significant value of 0.000 <0.05.

Keywords: price, tourist attraction, interest in visiting

References

DAFTAR PUSTAKA

Abadiyah, A., & Setiadi, R. (2021). Studi Empiris UMKM Rabbani Babyfood Brebes, Jawa Tengah , Indonesia. Journal Economics and Management (JECMA), 2(01), 38–44.

Afifah, & Ikhwan, S. (2021). Mempertahankan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Produk Tape Ketan Daun. Journal Economics and Management (JECMA), 1(1).

Agustini, T., Bintarti, S., & Nurpatria, E. (2022). Data Pengunjung Situ Rawa Gede. Jurnal Ikraith-Ekonomika, 5(2), 146–156.

Aisyah, W. N., Dumadi, Mulyani, I. D., & Rahmawati4, T. (2021). Pengaruh Harga , Biaya Produksi dan Biaya Promosi Terhadap Omzet Penjualan Tahu. Journal of Accounting and Finance (JACFIN), 5624(02), 46–58.

Anggraini, R. P., Sulistyowati, L. N., & Purwanto, H. (2019). Pengaruh fasilitas, harga tiket dan daya tarik terhadap keputusan berkunjung di obyek wisata telaga ngebel. Jurnal Simba, 1.

Batubara, A., & Hidayat, R. (2016). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Jurnal IIman, 4(1), 33–46.

Dumadi, Riono, S. B., & Mulyamin. (2021). Pengaruh Harga Jual dan Merek Produk terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus di Konter Andika Cell Losari ). Journal Economics and Management (JECMA), 2(01), 45–56.

Farizal, A., & Fitralisma, G. (2021). Analisis Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) pada Telor Asin UD . Journal Economics and Management (JECMA), 2(01), 10–18.

Nurbaeti, Rahmanita, M., Heny, R., & Amrullah. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesbilitas, Harga Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(2), 269–278.

Rahmadayanti, T., & Murtadlo, K. (2020). Pengaruh Efektivitas Media Sosial , Daya Tarik , Harga Tiket , dan Fasilitas Pelayanan Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung di Curug Goa Jalmo Kabupaten Pasuruan. Jurnal Ekonomi Islam, 12(1), 125–136.

Sari, F. N., & Mulyani2, I. D. (2021). Pengaruh Cita Rasa dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Udang Sinar Jaya Kaligangsa Brebes. Journal Economics and Management (JECMA), 2(01), 19–27.

Sinaga, O. S., Candra, V., & Putri, D. E. (2020). Peran Fasilitas Dan Harga Untuk Mendorong Minat Berkunjung Dalam Situasi Covid 19 ( Studi Pada Taman Hewan Kota Pematangsiantar ). Jurnal Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntasi, September, 431–438.

Sirait, H. (2017). Pengaruh harga dan fasilitas terhadap keputusan berkunjung wisatawan di objek wisata bukit gibeon kecamatan ajibata kabupaten toba samosir.

Wijayanti, A. (2012). Pengaruh Lingkungan Internal Dan Eksternal Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Melalui Daya Tarik Wisata Taman Tirta Arta Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu, III(1), 29–50.

Zen, Z. W., Albar, B. B., & Mayasari, H. (2017). Daya Tarik Wisata Dan Promosi Terhadap Keputusan Memilih Objek Wisata Kawasan Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8, 1–12.

Downloads

Published

2022-09-10