Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Daya Beli Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Batik Bangsin Desa Dukuh Tengah Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes)

Authors

  • Sukma Herlina Universitas Muhadi Setiabudi
  • Muhammad Syaifulloh Universitas Muhadi Setiabudi
  • Khalid Iskandar Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.4027

Abstract

ABSTRAK

Riset ini bertujuan buat mengenali Faktor- faktor yang mempengaruh Daya Beli Masyarakat terhadap pandemic COVID- 19 pada Batik BangSin. Tipe riset ini merupakan riset kuantitatif. Populasi konsumen Batik BangSin sebanyak 653 orang dengan sampel diambil sebanyak 196 responden. Hasil riset ini menampilkan hasil uji T, pendapatan mempengaruhi positif serta signifikan terhadap daya beli t- hitung 1, 709 < 2. 60115 serta signifikansi 0, 089 < 0, 05, harga mempunyai t- hitung 3, 403 > 2. 60115 serta signifikansi 0, 001 < 0, 05 terhadap daya beli, mutu mempunyai t- hitung 4, 799 > 2. 60115 serta signifikansi 0, 000 < 0, 05 terhadap daya beli serta posisi mempunyai t- hitung 3, 654 > 2. 60115 serta signifikansi 0, 000 < 0, 05 mempengaruhi positif terhadap daya beli. Anjuran dari riset ini merupakan Pemerintah sepatutnya sungguh- sungguh dalam menata serta mempertahankan eksistensi dari Batik Bnagsin tersebut. Pemerintah sepatutnya menyadari kalau keberadaan Batik sebagian masih sangat diperlukan oleh warga luas.

Kata Kunci : Daya Beli Masyarakat, Pendapatan, Harga, Kualitas produk,lokasi

 

Abstract

This research aims to identify the factors that influence the people's purchasing power of the COVID-19 pandemic on BangSin Batik. This type of research is quantitative research. The population of BangSin Batik consumers is 653 people with 196 respondents as samples taken. The results of this research show the results of the T test, income has a positive and significant influence on purchasing power t-count 1.709 <2.60115 and a significance of 0.089 <0.05, price has a t-count of 3, 403> 2.60115 and a significance 0.001 < 0.05 on purchasing power, quality has a t-count of 4, 799 > 2.60115 and a significance of 0, 000 < 0.05 on purchasing power and the position has a t-count of 3, 654 > 2.60115 and a significance 0, 000 < 0.05 has a positive effect on purchasing power. The suggestion from this research is that the Government should be serious in managing and maintaining the existence of the Bnagsin Batik. The government should realize that the existence of some Batik is still very much needed by the wider community.

Keywords: People's Purchasing Power, Income, Price, Product Quality, Location

References

REFERENCES

D. Yanuar, “Dony Yanuar Analisis Kelayakan Bisnis Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau dari Aspek Pasar , Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan pada UMKM Makanan Khas Bangka di Kota Pangkalpinang Dony Yanuar Analisis Kelayakan Bisnis,†vol. II, no. 1, pp. 41–51, 2016.

K. Kewirausahaan et al., Guyub ekonomi desa: 2018.

M. J. F. Esomar and R. Chritianty, “JKBM Covid-19 Pandemic Impact towards the Financial Performance of Companies on Service Sector in BEI,†vol. 7, no. 2, pp. 227–233, 2021, doi: 10.31289/jkbm.v7i2.5266.

No Title. 2022.

N. Mn, “Dampak Rasio Keuangan Dan Pandemi COVID-19 Terhadap Kinerja Keuangan,†vol. XXVI, no. 03, pp. 337–354.

S. Kasus, H. Industri, K. Di, and K. Baru, “Jurnal Inovasi Penelitian,†vol. 1, no. 8, 2021.

U. M. Area, “PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP STUDI PADA KABUPATEN KARO SKRIPSI OLEH : Raymonta Gurusinga PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS MEDAN AREA MEDAN Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat untuk Memperoleh Gelar Sarjana di Fakultas Ekono,†2021.

P. Batik, D. I. Kecamatan, and K. Tuban, “Jurnal Ilmu Ekonomi ( JIE ),†vol. 5, no. 1, pp. 171–186, 2021.

M. Yuniati, R. Amini, U. Nahdatul, W. Mataram, and D. B. Masyarakat, “Analisis dampak covid – 19 terhadap daya beli masyarakat ntb,†vol. 2, no. 2, pp. 362–368, 2020.

F. Ekonomi and U. P. Tegal, “A NALISIS F AKTOR -F AKTOR Y ANG M EMPENGARUHI K INERJA U SAHA M IKRO K ECIL D AN M ENENGAH ( UMKM ) K ABUPATEN B REBES,†pp. 337–344, 2014.

T. E. O. R. I. E. K. O. N. O. Ml and B. Referensi, “MATERI UJIAN KOMPREHENSIF PROGRAM STUDI Sl MANAJEMEN,†no. 0283, 2012.

U. M. Jambi, “UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAMBI Halaman 65 dari 76,†vol. 9, no. 1, pp. 65–70, 2021.

A. Terjun, P. Desa, T. Kecamatan, and A. Songsongan, “(2,082) > t,†pp. 1151–1160, 2017.

W. Handayani, “FAKTOR - FAKTOR YANG MEMENGARUHI KINERJA UMKM DI YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI VIRUS CORONA RIDHO PUTRA PERDANA, Wuri Handayani, S.E., Ak., M.Si., M.A., Ph.D.,†vol. 2, no. 1, pp. 124–133, 2021, doi: 10.1017/err.2020.48.Chan.

Downloads

Published

2022-09-10