Strategi Pemasaran Korean Street Food pada UMKM Annyeong Chingu untuk Meningkatkan Volume Penjualan dengan Media Sosial Sebagai Variabel Intervening
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.4037Abstract
Abstrak
 Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara signifikah pada variable Strategi pemasaran Korean food dan dimsum pada UMKM Annyeong Chingu untuk meningkatkan volume penjualan dengan media sosial sebagai variabel intervening. Objek penelitian yang saya teliti ialah pada UMKM Annyeong Chingu. Pada penelitian ini inforamasi dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, dan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 200 konsumen. Dari hasil penelitian ini menujukan bahwa variabel strategi pemasan dan volume penjualan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel media sosial. Pada uji regresi berganda pengaruh variabel strategi pemasaran dan media sosial dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Pengaruh variabel strategi pemasaran dan volume penjualan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Pengaruh variabel media sosial dan volume penjualan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. dan pengaruh variabel strategi pemasaran dan media sosial melalui volume penjualan dengan nilai 0,541. Sedangakan pengaruh tidak langsung X melalui Z terhadap Y adalah 0,062 x 0,541 = 0,603. Maka dari itu pengaruh total yang diberikan X terhadap Y merupakan pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung yaitu : 0,646 + 0,603 = 1,249. Hasil ini menunjukan bahwa secara tidak langsung X melalui Y memiliki pengaruh yang signifkan terhadap Z. Â
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Volume Penjualan, Media Sosial
Â
Abstract
 This study aims to determine significantly the variable marketing strategy of Korean food and dimsum at UMKM Annyeong Chingu to increase sales volume with social media as an intervening variable. The object of research that I studied was the Annyeong Chingu SMEs. In this study, information was collected by conducting observations, interviews, and questionnaires. The number of respondents as many as 200 consumers. The results of this study indicate that the marketing strategy and sales volume variables have a significant influence on social media variables. In the multiple regression test the influence of the marketing strategy and social media variables with the value of sig. 0.000 < 0.05. The effect of marketing strategy and sales volume variables with sig. 0.000 < 0.05. The influence of social media variables and sales volume with the value of sig. 0.000 < 0.05. and the influence of marketing strategy and social media variables through sales volume with a value of 0.541. While the indirect effect of X through Z on Y is 0.062 x 0.541 = 0.603. Therefore, the total effect given by X to Y is a direct and indirect effect, namely: 0.646 + 0.603 = 1.249. These results indicate that indirectly X through Y has a significant effect on Z.
Keywords: Marketing Strategy, Sales Volume, Social Media
References
DAFTAR PUSTAKA
Afandi, Z. (2019 ). Strategi Pendidikan Entrepreneurship di Pesantren AlMawaddah Kudus . Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 55-68.
Hidayah, I. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Vol 19, Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi. 76-82.
Moch Hari Purwidiantoro. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah ((UKM). Jurnal Eka Cida. Vol 1, 1-10.
Mubarok, N. (2017). Strategi Pemasaran Islam Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista. Jurnal on Islamic Economics. Vol 3, 1-20.
Permatasari, D. E. (2015 ). Penentuan Strategi Bisnis Manajemen Hotel Dalam Menghadapi Persaingan (Studi Kasus di Quds Royal Hotel Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 1-8.
Poluan, F. M. (2019). Strategi Matketing Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Minuman Kesehatan Instan Alvero). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol 7, 2969 – 2978
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Journal Tirtayasa Ekonomika, Vol 12., 1-10
Syaifulloh, M. (2021). Strategi Program Technopreneurship dan Marketing Public Relation terhadap Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Manajemen dan Bisnis Performa, 1-13.
Syarief ful Ikhwan, B. S. (2019). Identifikasi Dampak Pembangunan Jalan Tol Pejagan- Brebes Timur Terhadap Pemasaran Telur Asin Di Jalan Pantura Brebes (Studi Kasus UMKM Telur Asin Kabupaten Brebes). Jurnal Pro Bisnis, 15-28.
Vernia, D. M. (2017). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatan Perekonomian Keluarga. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 105-118.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Akhsiva Nurul Maulida, Syariefful Ikhwan, Muhammad Syaifulloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.