Teknik Menjaga Hafalan Al-Qur’an dengan Metode Tasmi’ Al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an Al-Manshury

Authors

  • Rahmatin Rahmatin Universitas Islam Zainul Hasan

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.4050

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan menjaga hafalan Al-Qur’an santri Raudlatul Qur’an Al-Manshury. Maka hal ini dibutuhkan metode yang mudah diterapkan oleh para santri. Permasalahan tersebut dikarenakan adanya faktor internal maupun eksternal. Kondisi tersebut tentunya berpengaruh pada hafalan para santri. Berdasarkan permasalahan tersebut, Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an Al-Manshury menerapkan metode tasmi’ Al-Qur’an untuk menjaga hafalan para santrinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan metode tasmi’ Al-Qur’an (2) Peningkatan atau kelancaran hafalan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tasmi’ Al-Qur’an untuk menjaga hafalan Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an Al-Manshury. Tasmi’ yaitu memperdengarkan hafalan kepada orang lain baik kepada individu ataupun di depan orang banyak. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan pendidikan pondok, keamanan pondok dan santri Raudlatul Qur’an Al-Manshury sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian kualitatif peneliti menggunakan tiga rangkaian teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini berupa kata-kata dan tindakan dari subjek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif model analisis Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber, keikutsertaan yang diperpanjang, pengecekan anggota yang terlibat, dan pengamatan yang tekun. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa pelaksanaan metode tasmi’ Al-Qur’an sangat bermanfaat dan mampu menjaga hafalan yang telah dimili santri. Meskipun banyak kendala dalam penerapanya, akan tetapi dengan adanya metode tasmi’ Al-Qur’an ini santri dapat menjaga hafalan Al-Qur’an yang dimilikinya.

Kata Kunci: Metode Tasmi’, Menjaga Hafalan Al-Qur’an

 

Abstract

This research is motivated by the problem of maintaining the memorization of the Qur’an by the students of Raudlatul Qur’an Al-Manshury. So this requires a method that is easy to apply by the students. The problem is due to internal and external factors. These conditions certainly affect the memorization of the students. Based on these problems. Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an Al-Manshury apples the method of tasmi’ Al-Qur’an to maintain the memorization of is students. This study aims to determine (1) Application of the method of tasmi’ Al-Qur’an (2) Improve or Fluency in memorizing the Qur’an. This study aims to determine the application of the Al-Qur’an tasmi’ method to maintain the memorization of the Qur’an by the students of Raudlatul Qur’an Al-Manshury Islamic Boarding School. Tasmi’ is listening to memorization to others, either to individuals or in front of many people. Methods in this study using qualitative research methods with descriptive qualitative type. In Qualitative Research researchers use three series of techniques data collection is observation, interviews, and documentation. Data source in this study in the form of words and actions of the research subject. Data analysis techniques used are descriptive qualitative analysis model Miles and Huberman analysis of data reduction, data presentation and withdrawal conclusion. To test the validity of the data researchers use triangulation sources, extended participation, checking the members involved, and diligent observation. Based on the results of the study, it shows that the implementation of the Al-Qur’an tasmi’ method is very useful and able to maintain the memorization that has been owned by the students. Which he has.

Keywords: Tasmi’ Method, Maintaining Memorization of The Qur’an.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Aziz dan Abdul Rauf, Kiat Sukses Menjadi Hafidz Al-Qur’an Da’iyah,(Bandung : Syamil Cipta Media,2004)

Abdurrahman Wahid, Menggerakkan Tradisi: Esai- esai Pesantren (ket, 1: Yogyakarta: KIS, 2001)

Ahmad Tanzeh, Metodologi Penelitian Praktis, (Yogyakarta: Teras, 2011)

Amir Haedri dkk, Masa Depan Pesantren Dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Komplesitas Global, (Jakarta:IRP Press, 2004)

Amir Hamzah Wiryosukarto, et al. biografi KH. Imam Zarkasih dari Gontor Merintis Pesantren Modern (Ponorogo: Gontor Press, 1996)

Bobi Erno Rusadi, Intiqod : Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, (Jakarta,2018)

Cece Abdulwaly, Pedoman Murajaah Al-Qur’an

Choiruddin Hadhiri, Ahlak & Adab Islam (Jakarta PT. Bhuana Ilmu Populer, 2015)

Departemen Agama Republik Indonesia Al-Qur’an dan Terjemahanya, (Ponegoro, 2014)

Hasan bin Ahmad bin Hasan Hamam, Menghafal Al-Qur’an itu Mudah (Jakarta : Al-Tazkia, 2008),

Hasby Indra, Pesantren dan Transformasi Dalam Tantangan Moderenitas dan Tantangan Komlesitas Global, (Jakarta: IRP Press, 2004)

Herman Syam El-Hafidz Siapa Bilang Menghafal Al-Qur’an Itu Sulit?, (Yogyakarta: Pro U Media, 2015)

Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif

Iman An-Nawawi, At-Tibyan Fi Adab Hamalatil Qur’an, (Solo: Al Qowwam, 2014)

Khoirul Anwar & Mufti Hafiyana, “Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) Dalam meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’am.†JPII.Vol, No: 2 Tahun 2018

Lexy J.Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002)

Mahbib Junaidi Al Hafiz, Menghafal Al-Qur’an itu Mudah, (Lamongan: CV Angkasa, 2006)

Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif

Muhaiminin Zen, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an, (Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru, 1996)

Mukhlisoh Zawawie, P-M3 Al-Qur’an Pedoman Membaca, Mendengar dan Menghafalkan Al-Qur’an, (Solo: Tirta Medina, 2011)

Nana Syaodih Sukmadinata, Metodologi Penelitian Pendiodikan (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005)

Nasutian S, Metode Naturalistik Kualitatif, (Bandung: Tarsito, 2003)

Prihatin Nurlathifah, Menjadikan Al-Qur’an Sebagai Teman, (Banten: Talenta Pustaka Indonesia, 2009)

Quraish Shihab, Mukjizat Al-Qur’an, (Bandung: Mizan, 1997)

Robert R. Mayer dan Ernest Greenwood, Rencana Penelitian Kebijakan Sosial. (Jakarta: CV. Rajawali, 1984)

SA Ningsih, “Pelaksanaan Metode Tasmi’ dan I’adatul Qur’an dalam Menghafal Al-Qur’an di SDIT ULUL ALBAB†(2018)

Sa’dulloh, 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an, (Jakarta: Gema Insani, 2010)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,

Sutrisno Hadi, Metodologi Research

T.M Hasbi Ash-Shid Dieqy, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir

Ulummudin, Memahami Hadis-Hadis Keutamaan Menghafal Al-Qur’an Dan Kaitanya Dengan Program Hafidz Indonesia Di RCTI (Aplikasi Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zaid), Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hadis, Vol 4, No. 1, 2020

Wiwi Alawiyah, Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an, (Jogjakarta: Diva Press, 2014)

Yusuf Mansur,Dahsyatnya Membaca dan Menghafal Al-Qur’an, (Jakarta : Zikrul Hakim, 2016)

Downloads

Published

2022-09-13