Penerapan Literasi Berbasis IT dalam Pembelajaran Melalui Media E-Book di SMPN 7 Sungai Raya
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v%25vi%25i.4058Keywords:
Media Pembelajaran, Canva, Kualitas GuruAbstract
Abstrak
Pada era industrial revolution atau revolusi industri 4.0 saat ini pekerjaan dapat menjadi lebih mudah dikarenakan adanya bantuan teknologi. Begitupun dalam proses belajar mengajar di sekolah dimana generasi saat ini yang disebut sebagai Generasi Z dapat dengan mudah mengupdate dan mendapatkan informasi dengan bantuan teknologi. Di tahun 2022 ini, kami akan melaksanakan PKM yang masih berkisar pada dunia pendidikan, khususnya pada pemanfaatan media pembelajaran digital di SMPN 7 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Program tahun ini dirancang sebagai upaya memfasilitasi dan membekali guru-guru di SMPN 7 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya dalam menggunakan media pembelajaran digital untuk menggali potensi dan mampu bersaing secara global di era revolusi ini. Program pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran digital terinspirasi dengan maraknya perkembangan teknologi terutama media pembelajaran digital di bidang pendidikan. Terfasilitasinya guru dengan pemanfaatan media digital Canva diharapkan untuk menggali potensi dan meningkatkan kreativitas guru yang akan berpengaruh pada peningkatan kualitas guru.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Canva, Kualitas Guru
References
DAFTAR PUSTAKA
Bers, M. (n.d.). Beyond computer literacy: Supporting youth’spositive development through technology. New Directions for Youth Development, 128. 10,1002/yd.371
Ma’rifatullah, S., Siswanto, M. B. E., Fitriyah, L. A., Diastuti, I. M., & Rodliyah, I. (2020). Workshop Pembelajaran E-Learning di Era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2). https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.8386
Ratnawati, N. K. M., Utama, I. B., & Dewantara, I. P. M. (2019). Pemanfaatan E-Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNDIKSHA, 9(1)
Tondang, Y.S., & Arwita, W. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Biologi. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(2)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Imran Imran, Okianna Okianna, Iwan Ramadhan, Riama Al Hidayah, Nining Ismiyani, Stella Prancisca, Daniel Daniel, Suriyanisa Suriyanisa, Sindi Nur Solidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.