Analisis Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Pengoptimalan Kinerja Guru MI Muhammadiyah Karangduren Sawit Kabupaten Boyolali
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.4059Abstract
AbstrakSalah satu pihak yang memiliki pengaruh yang sangat besar dalam dunia pendidikan Indonesia adalah keberadaan guru sebagai pendidik dan pengajar yang akan mengarahkan generasi bangsa ke arah yang benar dan tepat. Oleh karena itu, guru wajib memberikan kinerja maksimal dalam bekerja yang diawasi serta dikembangkan oleh kepala sekolah. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kinerja kepala sekolah yang dilakukan dalam upaya peningkatan serta pengoptimalan kinerja guru di MI Muhammadiyah Karangduren Sawit Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dua guru serta pengawas sekolah MI Muhammadiyah Karangduren Sawit Boyolali. Metode yang digunakan yaitu pengumpulan data wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian ini dalam pengoptimalan kinerja guru, kepala sekolah memberi tugas mengajar yang sesuai dengan bidang dan kompetensi yang dikuasi oleh guru baru, membentuk dan melaksanakan kelompok kerja guru bidang studi sebagai wadah bagi guru untuk berdiskusi merencanakan masalah dan memecahkan masalah yang terjadi di kelas, serta menyelenggarakan supervisi administrasi dan akedemik terhadap guru sebagai bahan perbaikan dan menentukan kebijakan. Selain itu Peningkatan kinerja guru dengan melakukan rapat dengan seluruh guru untuk membahas terkait kegiatan operasional sekolah, Selain itu, kepala sekolah juga menyelenggarakan pelatihan IT kepada seluruh Guru, memberikan arahan kepada seluruh siswa, serta mengadakan rapat Evaluasi dalam setiap kegitan operasional sekolah yang dilakukan. Dalam pelaksanaannya, kepala sekolah juga mengalami beberapa kendala seperti kendala Sarana Prasarana dan kendala IT.Kata Kunci: Analisis Kinerja, Kinerja Guru, Peningkatan dan PengoptimalanÂ
Abstract
One of the parties who have a very big influence in the world of Indonesian education is the existence of teachers as educators and teachers who will direct the nation's generation in the right and right direction. Therefore, teachers are required to provide maximum performance in work that is supervised and developed by the principal.The purpose of this study is to describe the principal's performance in an effort to improve and optimize teacher performance at MI Muhammadiyah Karangduren Sawit Boyolali.This study uses a qualitative approach with an ethnographic research design. The subjects in this study were the principal, two teachers and the school supervisor of MI Muhammadiyah Karangduren Sawit Boyolali. The method used is in-depth interview data collection, observation and documentation..The results of this study in optimizing teacher performance, principals give teaching assignments that are in accordance with the fields and competencies that are mastered by new teachers, form and implement study groups for teachers as a forum for teachers to discuss planning problems and solving problems that occur in class, and organizes administrative and academic supervision of teachers as material for improvement and determines policies. In addition, improving teacher performance by holding meetings with all teachers to discuss school operational activities. In addition, the principal also organizes IT training for all teachers, provides direction to all students, and holds evaluation meetings in every school operational activity carried out. In its implementation, the principal also encountered several obstacles such as infrastructure and IT constraints.
Keywords: Performance Analysis, Teacher Performance, Improvement and OptimizationReferences
DAFTAR PUSTAKA
Agita Ryza Kusuma1, Hamengkubuwono2, Ifnaldi3, Ifnaldi3 (2020) Analisis Supervisi Klinis Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Megang Sakti. Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Penddikan
Ahmad Zubair, Rambat Nur Sasongko, Aliman. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Universitas Brngkulu
Ain Faridah. (2018). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Man 2 Nganjuk. Skripsi. (Iain) Kediri
Arcaro, Jemore S. (2007). Pendidikan Berbasis Mutu Pendidikan: Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Atika Marsela (2020) Kompetensi Manajerial Kepala Sd It Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung. Skripsi. Uin Raden Intan Lampung
E. Mulyasa, (2010). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jakarta. Rosda.
Eva Ermis Weli (2019) Implementasi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mukomuko. Skripsi. Iain Bengkulu
Fatimah Ali (2013). Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah Dan Penjaminan Mutu Pendidikan Terhadap Pengembangan Sekolah Efektif di Mts. Se-Kota Cirebon. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Syekh Nurjati Cirebon
Fatimah Farah Sabrina, Astuti Darmiyanti, Muhamad Taufik Bk (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Guru.Jurnal Idaarah
Fitri Wahyuni Rizky L. Tobing. (2018). Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Membangun Motivasi Kerja Guru Di Mas Pab-2 Helvetia. Skripsi. Uin Sumatera Utara Medan
Gibson, J.I, John M, Ivancevich & James H, Donnely Jr. (1997). Organisasi dan manajemen: perilaku, struktur, proses. Jakarta. Erlangga.
Hamdan, Dahlan, Hermanu Iriawan(2017) Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Sosial Guru Di SMA Negeri 11 Makassar: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik
Hari Sudrajat, (2004). Manajemen Peningkatan mutu Berbasis Sekolah. Bandung. Cipta Cekas Grafika.
Hasan Argadinata, Friska Fridiana Putri. (2020). Menguatkan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dasar. Jurnal Nasional Pendidikan
Hendiyat Soetopo, dan Wasty Soemanto, (1988). Kepemimpinan & Supervisi Pendidikan. Jakarta. PT. Bina Aksara
Jeka Sukma Citra. (2018). Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Mutu Pembelajaran Di Mts Nurul Hidayah Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus. Skripsi. Uin Raden Intan Lampung
Kuncoro, G. (2008). Peran kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di MTS Negeri Piyungan Yogyakarta (Doctoral dissertation, Tesis. UIN Yogyakarta).
Madjid, Abdul. (2016). Pengembangan Kinerja Guru Melalui Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Buku. Perpustakaan Nasional RI, Katalog Dalam Terbitan (KDT)
Martinus Tekege. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan
Moleong, L. J. 2008. Metode Peneltian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya
NUR FITRIANA (2020). Manajerial Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Mengimplementasikan Pendidikan Muatan Lokal Di Sma Negeri 8 Takalar: Skripsi:Universitas Muhammadiyah Surakarta
Nurfitriyana (2020) Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Ipa Di Smp Negeri 3 Palopo. Tesis. Iain Palopo
Nurhalimah Matondang, Nurika Kahalila Daulay. (2018) Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 27 Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman
Nurhalimah Matondang, Nurika Kahalila Daulay. (2018). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 27 Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman
Rachmawati Tutik. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media
Ratna Windhasari.(2015). Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an
Rosa Atka Retyasari (2017). Persepsi Guru Tentang Pola Manajerial Kepala Sekolah Dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sari Maharani. Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Ideal. Universitas Negeri Padang
Septiana, R., & Ivada, E. (2013). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri Wonosari. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1).
Siti Julaeha (2021) Kinerja Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Smk Al Furqon Bantarkawung Kabupaten Brebes. Tesis. Iain Purwokarto
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suib, M., & Syukri, M. Peran Kepala Sekolah sebagai Pendidik dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(4).
Syafaruddin. (2010). Kepemimpinan Pendidikan: Akuntabilitas Pimpinan Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Jakarta: Quantum Teaching.
Umar, Jahya. (2006). Rekayasa Sistem Penilaian dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Yogyakarta: HPI UNY
Wahjosumidjo. 2009. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Rineka Cipta
Wernely. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Tk Aisyiyah Kota Dumai. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Widya Pratisca Asiba. Pentingnya Teknologi Bagi Guru Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal. Universitas Riau
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ma’ruf Hidayat, Sofyan Anif, Suyatmini Suyatmini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.