Analisis Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Pengoptimalan Kinerja Guru MI Muhammadiyah Karangduren Sawit Kabupaten Boyolali

Authors

  • Ma’ruf Hidayat Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sofyan Anif Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Suyatmini Suyatmini Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.4059

Abstract

AbstrakSalah satu pihak yang memiliki pengaruh yang sangat besar dalam dunia pendidikan Indonesia adalah keberadaan guru sebagai pendidik dan pengajar yang akan mengarahkan generasi bangsa ke arah yang benar dan tepat. Oleh karena itu, guru wajib memberikan kinerja maksimal dalam bekerja yang diawasi serta dikembangkan oleh kepala sekolah. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kinerja kepala sekolah yang dilakukan dalam upaya peningkatan serta pengoptimalan kinerja guru di MI Muhammadiyah Karangduren Sawit Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dua guru serta pengawas sekolah MI Muhammadiyah Karangduren Sawit Boyolali. Metode yang digunakan yaitu pengumpulan data wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian ini dalam pengoptimalan kinerja guru, kepala sekolah memberi tugas mengajar yang sesuai dengan bidang dan kompetensi yang dikuasi oleh guru baru, membentuk dan melaksanakan kelompok kerja guru bidang studi sebagai wadah bagi guru untuk berdiskusi merencanakan masalah dan memecahkan masalah yang terjadi di kelas, serta menyelenggarakan supervisi administrasi dan akedemik terhadap guru sebagai bahan perbaikan dan menentukan kebijakan. Selain itu Peningkatan kinerja guru dengan melakukan rapat dengan seluruh guru untuk membahas terkait kegiatan operasional sekolah, Selain itu, kepala sekolah juga menyelenggarakan pelatihan IT kepada seluruh Guru, memberikan arahan kepada seluruh siswa, serta mengadakan rapat Evaluasi dalam setiap kegitan operasional sekolah yang dilakukan. Dalam pelaksanaannya, kepala sekolah juga mengalami beberapa kendala seperti kendala Sarana Prasarana dan kendala IT.Kata Kunci: Analisis Kinerja, Kinerja Guru, Peningkatan dan Pengoptimalan

 

Abstract

One of the parties who have a very big influence in the world of Indonesian education is the existence of teachers as educators and teachers who will direct the nation's generation in the right and right direction. Therefore, teachers are required to provide maximum performance in work that is supervised and developed by the principal.The purpose of this study is to describe the principal's performance in an effort to improve and optimize teacher performance at MI Muhammadiyah Karangduren Sawit Boyolali.This study uses a qualitative approach with an ethnographic research design. The subjects in this study were the principal, two teachers and the school supervisor of MI Muhammadiyah Karangduren Sawit Boyolali. The method used is in-depth interview data collection, observation and documentation..The results of this study in optimizing teacher performance, principals give teaching assignments that are in accordance with the fields and competencies that are mastered by new teachers, form and implement study groups for teachers as a forum for teachers to discuss planning problems and solving problems that occur in class, and organizes administrative and academic supervision of teachers as material for improvement and determines policies. In addition, improving teacher performance by holding meetings with all teachers to discuss school operational activities. In addition, the principal also organizes IT training for all teachers, provides direction to all students, and holds evaluation meetings in every school operational activity carried out. In its implementation, the principal also encountered several obstacles such as infrastructure and IT constraints.

Keywords: Performance Analysis, Teacher Performance, Improvement and Optimization

References

DAFTAR PUSTAKA

Agita Ryza Kusuma1, Hamengkubuwono2, Ifnaldi3, Ifnaldi3 (2020) Analisis Supervisi Klinis Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Megang Sakti. Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Penddikan

Ahmad Zubair, Rambat Nur Sasongko, Aliman. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Universitas Brngkulu

Ain Faridah. (2018). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Man 2 Nganjuk. Skripsi. (Iain) Kediri

Arcaro, Jemore S. (2007). Pendidikan Berbasis Mutu Pendidikan: Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Atika Marsela (2020) Kompetensi Manajerial Kepala Sd It Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung. Skripsi. Uin Raden Intan Lampung

E. Mulyasa, (2010). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jakarta. Rosda.

Eva Ermis Weli (2019) Implementasi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mukomuko. Skripsi. Iain Bengkulu

Fatimah Ali (2013). Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah Dan Penjaminan Mutu Pendidikan Terhadap Pengembangan Sekolah Efektif di Mts. Se-Kota Cirebon. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Syekh Nurjati Cirebon

Fatimah Farah Sabrina, Astuti Darmiyanti, Muhamad Taufik Bk (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Guru.Jurnal Idaarah

Fitri Wahyuni Rizky L. Tobing. (2018). Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Membangun Motivasi Kerja Guru Di Mas Pab-2 Helvetia. Skripsi. Uin Sumatera Utara Medan

Gibson, J.I, John M, Ivancevich & James H, Donnely Jr. (1997). Organisasi dan manajemen: perilaku, struktur, proses. Jakarta. Erlangga.

Hamdan, Dahlan, Hermanu Iriawan(2017) Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Sosial Guru Di SMA Negeri 11 Makassar: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik

Hari Sudrajat, (2004). Manajemen Peningkatan mutu Berbasis Sekolah. Bandung. Cipta Cekas Grafika.

Hasan Argadinata, Friska Fridiana Putri. (2020). Menguatkan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dasar. Jurnal Nasional Pendidikan

Hendiyat Soetopo, dan Wasty Soemanto, (1988). Kepemimpinan & Supervisi Pendidikan. Jakarta. PT. Bina Aksara

Jeka Sukma Citra. (2018). Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Mutu Pembelajaran Di Mts Nurul Hidayah Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus. Skripsi. Uin Raden Intan Lampung

Kuncoro, G. (2008). Peran kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di MTS Negeri Piyungan Yogyakarta (Doctoral dissertation, Tesis. UIN Yogyakarta).

Madjid, Abdul. (2016). Pengembangan Kinerja Guru Melalui Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Buku. Perpustakaan Nasional RI, Katalog Dalam Terbitan (KDT)

Martinus Tekege. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan

Moleong, L. J. 2008. Metode Peneltian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya

NUR FITRIANA (2020). Manajerial Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Mengimplementasikan Pendidikan Muatan Lokal Di Sma Negeri 8 Takalar: Skripsi:Universitas Muhammadiyah Surakarta

Nurfitriyana (2020) Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Ipa Di Smp Negeri 3 Palopo. Tesis. Iain Palopo

Nurhalimah Matondang, Nurika Kahalila Daulay. (2018) Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 27 Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman

Nurhalimah Matondang, Nurika Kahalila Daulay. (2018). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 27 Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman

Rachmawati Tutik. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media

Ratna Windhasari.(2015). Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an

Rosa Atka Retyasari (2017). Persepsi Guru Tentang Pola Manajerial Kepala Sekolah Dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sari Maharani. Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Ideal. Universitas Negeri Padang

Septiana, R., & Ivada, E. (2013). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri Wonosari. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Siti Julaeha (2021) Kinerja Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Smk Al Furqon Bantarkawung Kabupaten Brebes. Tesis. Iain Purwokarto

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suib, M., & Syukri, M. Peran Kepala Sekolah sebagai Pendidik dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(4).

Syafaruddin. (2010). Kepemimpinan Pendidikan: Akuntabilitas Pimpinan Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Jakarta: Quantum Teaching.

Umar, Jahya. (2006). Rekayasa Sistem Penilaian dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Yogyakarta: HPI UNY

Wahjosumidjo. 2009. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Rineka Cipta

Wernely. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Tk Aisyiyah Kota Dumai. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Widya Pratisca Asiba. Pentingnya Teknologi Bagi Guru Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal. Universitas Riau

Downloads

Published

2022-09-14