Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Borbor T.A 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4083Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui Model Pembelajaran contextual teaching and learning, 2) untuk mengetahui Hasil belajar Ekonomi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Borbor T.A 2022/2023, 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar Ekonomi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Borbor T.A 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi Eksperimental desain Nonequivalent Control Group Design dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan sampling jenuh yaitu berjumlah 64 peserta didik. dengan penjabaran 32 peserta didik kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan sebelumnya data tersebut di uji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tergolong baik. Dari hasil uji t satu pihak untuk data posttest kelas ekperimen dan kelas kontrol untuk taraf signifikan 0,05 untuk dk = 62 diperoleh thitung = 10,83 dan ttabel = 1,669 sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian, disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap Hasil Belajar Ekonomi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Borbor pada materi pokok pertumbuhan dan pembangunan semester ganjil T.A 2022/2023 dapat diterima.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Peserta Didik, Ekonomi
References
DAFTAR PUSTAKA
Abarua, (2012). Pengaruh Penggunaan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Brlajar Pada Peserta didik SMUN III Ambon. Jurnal Kependidikan, Vol.1, No.2
Anita, D. (2015). Pengaruh Contextual Teaching Learning terhadap Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Sebuah Skripsi.
Arifin, Z. (2018). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Cahyati, S. S., Tukiyo, T., Saputra, N., Julyanthry, J., and Herman, H. (2022). How to Improve the Quality of Learning for Early Childhood? An Implementation of Education Management in the Industrial Revolution Era 4.0. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5437-5446. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2979
Devita, Imelda. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Konvensional dan Role Playing Terhadap Hasil Belajar Peserta didik IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 3 Kota Jambi. Jambi.
Dharma. (2010). Contextual Teaching and Learning Sebuah Pandual Awal dalam Pengembangan PBM. Yogyakarta: Rahayasa.
Fatmawati, E., Saputra, N., Ngongo, M., Purba, R., and Herman, H. (2022). An Application of Multimodal Text-Based Literacy Activities in Enhancing Early Children’s Literacy. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5127-5134. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2782
Ganovia, P., Sherly, S., & Herman, H. (2022). Efektivitas Hybrid Learning dalam Proses Pembelajaran untuk Siswa Kelas XI SMA Kalam Kudus Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1478–1481
Herman, dkk. (2022). Inovasi Pendidikan. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi. ISBN : 978-623-99632-9-3
Herman, H., Shara, A. M., Silalahi, T. F., Sherly, S., and Julyanthry, J. (2022). Teachers’ Attitude towards Minimum Competency Assessment at Sultan Agung Senior High School in Pematangsiantar, Indonesia. Journal of Curriculum and Teaching, Vol. 11, No. 2, PP. 01-14. DOI: https://doi.org/10.5430/jct.v11n2p1
Herman, H., Sherly, S., Sinaga, Y. K., Sinurat, B., Sihombing, P. S. R., Panjaitan, M. B., Purba, L., Sinaga, J. A. B., Marpaung, T. I., and Tannuary, A. (2022). Socialization of the implementation of digital literacy for educators and students in the digital era in Pematangsiantar city. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 5(6), 1683-1689. DOI: 10.33024/jkpm.v5i6.5864
Ivantara, E. P., Herman., and Manalu, D. B. (2020). The effect of using cooperative script on students’ reading comprehension at grade eleveth of SMA Negeri 2 Pematangsiantar . Acitya: Journal of Teaching & Education, Vol. 2 No. 2 2020, PP. 82-94. DOI: 10.30650/ajte.v2i2.1361
Kamajaya. (2013). Buku Peserta didik Aktif dan Kreatif Belajar Fisika. Bandung: Grafindo.
Karim, Abdul. (2017). Analisis Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) di SMPN 2 Teluk Jambe Timur, Karawang. Jurnal Formatif, Vol. 7 No. 2
Komalasari, Kokom. (2014). Pembelajaran Konseptual: Konsep dan Aplikasi. Jawa Timur: Bandung Refika Aditama.
Mardini. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dan Konvensional Terhadap Keterampilan Komunikasi Terapeutik Ditinjau dari Tingkat Pengetahuan Awal. Medan.
Mulyasa. (2012). Teori Belajar & Mengajar. Yogyakarta: Arruzz Media.
Parlindungan, dkk. (2020). Analisis Tingkat Pemahaman Peserta Didik Yang Diajarkan Dengan Metode Eksperimen Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Di Kelas XI MIPA SMA Swasta Hosana Medan TP 2019/2020. Jurnal Suluh Kependidikan UHN Medan, Vol.8 No.2
Purba, R., Herman, H., Purba, A., Hutauruk, A. F., Silalahi, D. E., Julyanthry, J., and Grace, E., (2022). Improving teachers’ competence through the implementation of the 21st century competencies in a post-covid-19 pandemic. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(2), PP. 1486-1497. DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7340
Putu Ari Pertiwi, dkk. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap IPA siswa kelas IV SD Negeri Panjer Tahun Ajaran 2013/2014.e-jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.Vol.2 No. 1 Tahun 2014
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Silitonga, N. M. S., Herman, H., Sherly, S., Julyanthry, J., Tannuary, A., Sinurat, B., Simangunsong, R., and Sitanggang, A. (2022). Improving the Numeration and Literature Capabilities of Class III Students in Simarhompa 177041 Elementary Schools through The Campus Teaching Program. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 777-782. DOI: 10.32832/abdidos.v6i3.1334
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: PT Rajagrofindo Persada
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sanggam Pardede, Dearlina Sinaga, Parman Pane, Angeline Monica Sonia, Samaria Bancin, Diana Gultom
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.