Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Borbor T.A 2022/2023

Authors

  • Sanggam Pardede Universitas HKBP Nommensen
  • Dearlina Sinaga Universitas HKBP Nommensen
  • Parman Pane Universitas HKBP Nommensen
  • Angeline Monica Sonia Universitas HKBP Nommensen
  • Samaria Bancin Universitas HKBP Nommensen
  • Diana Gultom Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4083

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui Model Pembelajaran contextual teaching and learning, 2) untuk mengetahui Hasil belajar Ekonomi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Borbor T.A 2022/2023, 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar Ekonomi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Borbor T.A 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi Eksperimental desain Nonequivalent Control Group Design dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan sampling jenuh yaitu berjumlah 64 peserta didik. dengan penjabaran 32 peserta didik kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan sebelumnya data tersebut di uji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tergolong baik. Dari hasil uji t satu pihak untuk data posttest kelas ekperimen dan kelas kontrol untuk taraf signifikan 0,05 untuk dk = 62 diperoleh thitung = 10,83 dan ttabel = 1,669 sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian, disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap Hasil Belajar Ekonomi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Borbor pada materi pokok pertumbuhan dan pembangunan semester ganjil T.A 2022/2023 dapat diterima.

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Peserta Didik, Ekonomi

References

DAFTAR PUSTAKA

Abarua, (2012). Pengaruh Penggunaan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Brlajar Pada Peserta didik SMUN III Ambon. Jurnal Kependidikan, Vol.1, No.2

Anita, D. (2015). Pengaruh Contextual Teaching Learning terhadap Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Sebuah Skripsi.

Arifin, Z. (2018). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Cahyati, S. S., Tukiyo, T., Saputra, N., Julyanthry, J., and Herman, H. (2022). How to Improve the Quality of Learning for Early Childhood? An Implementation of Education Management in the Industrial Revolution Era 4.0. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5437-5446. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2979

Devita, Imelda. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Konvensional dan Role Playing Terhadap Hasil Belajar Peserta didik IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 3 Kota Jambi. Jambi.

Dharma. (2010). Contextual Teaching and Learning Sebuah Pandual Awal dalam Pengembangan PBM. Yogyakarta: Rahayasa.

Fatmawati, E., Saputra, N., Ngongo, M., Purba, R., and Herman, H. (2022). An Application of Multimodal Text-Based Literacy Activities in Enhancing Early Children’s Literacy. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5127-5134. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2782

Ganovia, P., Sherly, S., & Herman, H. (2022). Efektivitas Hybrid Learning dalam Proses Pembelajaran untuk Siswa Kelas XI SMA Kalam Kudus Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1478–1481

Herman, dkk. (2022). Inovasi Pendidikan. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi. ISBN : 978-623-99632-9-3

Herman, H., Shara, A. M., Silalahi, T. F., Sherly, S., and Julyanthry, J. (2022). Teachers’ Attitude towards Minimum Competency Assessment at Sultan Agung Senior High School in Pematangsiantar, Indonesia. Journal of Curriculum and Teaching, Vol. 11, No. 2, PP. 01-14. DOI: https://doi.org/10.5430/jct.v11n2p1

Herman, H., Sherly, S., Sinaga, Y. K., Sinurat, B., Sihombing, P. S. R., Panjaitan, M. B., Purba, L., Sinaga, J. A. B., Marpaung, T. I., and Tannuary, A. (2022). Socialization of the implementation of digital literacy for educators and students in the digital era in Pematangsiantar city. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 5(6), 1683-1689. DOI: 10.33024/jkpm.v5i6.5864

Ivantara, E. P., Herman., and Manalu, D. B. (2020). The effect of using cooperative script on students’ reading comprehension at grade eleveth of SMA Negeri 2 Pematangsiantar . Acitya: Journal of Teaching & Education, Vol. 2 No. 2 2020, PP. 82-94. DOI: 10.30650/ajte.v2i2.1361

Kamajaya. (2013). Buku Peserta didik Aktif dan Kreatif Belajar Fisika. Bandung: Grafindo.

Karim, Abdul. (2017). Analisis Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) di SMPN 2 Teluk Jambe Timur, Karawang. Jurnal Formatif, Vol. 7 No. 2

Komalasari, Kokom. (2014). Pembelajaran Konseptual: Konsep dan Aplikasi. Jawa Timur: Bandung Refika Aditama.

Mardini. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dan Konvensional Terhadap Keterampilan Komunikasi Terapeutik Ditinjau dari Tingkat Pengetahuan Awal. Medan.

Mulyasa. (2012). Teori Belajar & Mengajar. Yogyakarta: Arruzz Media.

Parlindungan, dkk. (2020). Analisis Tingkat Pemahaman Peserta Didik Yang Diajarkan Dengan Metode Eksperimen Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Di Kelas XI MIPA SMA Swasta Hosana Medan TP 2019/2020. Jurnal Suluh Kependidikan UHN Medan, Vol.8 No.2

Purba, R., Herman, H., Purba, A., Hutauruk, A. F., Silalahi, D. E., Julyanthry, J., and Grace, E., (2022). Improving teachers’ competence through the implementation of the 21st century competencies in a post-covid-19 pandemic. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(2), PP. 1486-1497. DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7340

Putu Ari Pertiwi, dkk. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap IPA siswa kelas IV SD Negeri Panjer Tahun Ajaran 2013/2014.e-jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.Vol.2 No. 1 Tahun 2014

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Silitonga, N. M. S., Herman, H., Sherly, S., Julyanthry, J., Tannuary, A., Sinurat, B., Simangunsong, R., and Sitanggang, A. (2022). Improving the Numeration and Literature Capabilities of Class III Students in Simarhompa 177041 Elementary Schools through The Campus Teaching Program. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 777-782. DOI: 10.32832/abdidos.v6i3.1334

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: PT Rajagrofindo Persada

Downloads

Published

2022-10-13