Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Kepribadian Anak Usia Dini

Authors

  • Rahayu Dwi Utami Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Nadia Saumi Ikhwana Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4085

Abstract

Abstrak

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif dan negatif penggunaan media sosial TikTok terhadap kepribadian anak usia dini TK Amanah Desa Laumulgap Kecamatan Selesai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Sedangkan analisis data menggunakan teori Hulberman. Adapun responden adalah orangtua anak usia dini di TK Amanah Desa Laumulgap Kecamatan Selesai.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kepribadian anak setelah menggunakan media sosial TikTok pada anak usia dini di TK Amanah Desa Laumulgap Kecamatan Selesai dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya media sosial TikTok. Terdapat perubahan kepribadian anak usia dini setelah menggunakan video TikTok. Terkesan anak memiliki sikap egois dan tidak memahami keadaan orangtuanya, seperti kecewa apabila paket internet handphone orang tuanya habis atau tidak ada, sebab tidak dapat membuka aplikasi TikTok tersebut. Hal tersebut berdampak pada munculnya kepribadian yang hedonis, yaitu model gaya hidup bermewah-mewah yang tidak sejalan dengan kepribadian seorang muslim sebagaimana diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. Dampak positif pada anak usia dini setelah menonton video di media sosial TikTok antara lain anak mampu belajar secara otodidak. Dampak negatif pada anak usia dini setelah menonton videodi media sosial antara lain aktivitas belajar di rumah terganggu, anak menjadi mudah egois, mudah meniru gaya orang dewasa yang ada di TikTok, dan anak menggunakan bahasa yang tidak baik.

Kata Kunci: Media TiKToK, Kepribadian, Anak Usia Dini

 

Abstract

In general, this study aims to determine the positive and negative impacts of the use of TikTok social media on the personality of early childhood in Amanah Kindergarten, Laumulgap Village, Selesai District. This research uses qualitative methods. Data collection techniques use observation, interviews and document studies. Meanwhile, data analysis uses Hulberman's theory. The respondents were parents of early childhood in Amanah Kindergarten, Laumulgap Village, Selesai District. The results of the study concluded that children's personalities after using TikTok social media in early childhood in Amanah Kindergarten, Laumulgap Village, Selesai District, were influenced by many things, one of which was TikTok social media. There is an early childhood personality change after using TikTok videos. It seems that children have a selfish attitude and do not understand the situation of their parents, such as being disappointed if their parents' cellphone internet package runs out or does not exist, because they cannot open the TikTok application. This has an impact on the emergence of a hedonistic personality, which is a model of a luxurious life style that is not in line with the personality of a Muslim as taught by the Prophet Muhammad saw. The positive impact on early childhood after watching videos on TikTok social media, among others, is that children are able to learn by themselves. The negative impact on early childhood after watching videos on social media, including disrupted learning activities at home, children become easily selfish, easily imitate the style of adults on TikTok, and children use bad language.

Keywords: Media TiKToK, Personality, Early cCildhood

References

DAFTAR PUSTAKA

Al-Ghazali, Al-Imam. Ihya Ulumiddin jilid I, diterjemahkan oleh M. Abdai rathomy dengan judul Bimbingan untuk Mencapai Tingkat Mukmin. Bandung: Al-Maktabah At-Tijariyah Al-Kubra. Tt.

Arkunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT Rineka Cipta. 2014.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipts, 2013.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Jiwa Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012.

Nasrullah, Rulli. Teori Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Kultur dan Sosio Teknologi. Jakarta: Simbiosa, 2016.

Nur Hamzah. Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. Pontianak: IAIN Pontianak Press. 2015.

Nurani, Yuliani. Konsep Dasar PAUD. Jakarta: Macanan Jaya Cemerlang, 2014.

Palupi, Intan Diyah Retno. Pengaruh media sosial YouTube terhadap perkembangan kecerdasan anak usia din, Jurnal Edukasi Nonformal. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Universitas Kristen Satya Wacana. 2019.

Puspita, Meri. TikTok Adalah (Pengertian), Asal, Manfaat, Efek Negatifnya. Pojok Sosmed, dipublishd 8 Oktober 2020, https://pojoksosmed.com.

Rafi Saumi Rustian, Apa itu Sosial Media. Universitas Pasundan, http://www.unpas.ac.id. Diunggah 1 Maret 2012.

Downloads

Published

2022-10-13