Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen PT. Mahkota Sukses Indonesia (Studi Kasus pada Konsumen PT. Mahkota Sukses Indonesia di Parepare)
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4092Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk, harga terhadap minat beli konsumen PT. Mahkota Sukses Indonesia Parepare. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji Asumsi Klasik. Berdasarkan hasil dan pembahasan, hasil penelitian ini adalah: 1) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk dengan minat beli konsumen PT. Mahkota Sukses Indonesia di Parepare; 2) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara harga dengan minat beli konsumen PT. Mahkota Sukses Indonesia di Parepare; dan 3) Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk dan harga dengan minat beli konsumen PT. Mahkota Sukses Indonesia di Parepare.
Kata Kunci: Pengaruh, Kualitas Produk, Minat Beli, Konsumen.
Abstract
This study aims to determine product quality, price on consumer buying interest Mahkota Sukses Indonesia Ltd Parepare. The type of research used in this study is a quantitative approach with a total sample of 100 respondents. Data collection techniques using a questionnaire. The data analysis technique used is Multiple Linear Regression Analysis and Classical Assumption Test. Based on the results and discussion, the results of this study are: 1) Partially there is a positive and significant influence between product quality and consumer buying interest of Mahkota Sukses Indonesia Ltd in Parepare; 2) Partially there is a positive and significant influence between price and consumer buying interest of Mahkota Sukses Indonesia Ltd in Parepare; and 3) Simultaneously there is a positive and significant effect between product quality and price with consumer buying interest of Mahkota Sukses Indonesia Ltd of Success in Parepare.
Keywords: Influence, Product Quality, Purchase Interest, Consumers.
References
DAFTAR PUSTAKA
Ananingsih, T., Hasiholan, L. B., & Wahyono, E. H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Harga dan Saluran Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Produk Johnson and Johnson Indonesia. Journal of Management, 4(4).
Anggraini, E. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pembeli yang juga Menggunakan Kosmetik Wardah di Counter Wardah Matahari Department Store Malang Town Square) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Arianto, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 12-22.
Arianto, N., & Albani, A. F. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terjadap Keputusan Pembelian Smartphone pada Samsung Store Mall Bintaro Exchange. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 1(3).
Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1-14.
Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 1-14.
ETI, Y. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Pelanggan terhadap Produk PT. Mahkota Sukses Indonesia (Studi Kasus Master Stokis MSI Lampung) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).
Fahrezzy, R. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Laptop Asus. Jurnal Indonesia Membangun, 17(2), 10-10.
Gustianto, C. D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada BlackMaroon Betta Farm) (Doctoral dissertation, STIE PGRI Dewantara).
Igir, F. G., Tampi, J. R., & Taroreh, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(002).
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan: Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Ismayana, S., & Hayati, N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik PIXY. JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi), 10(2), 1-15.
Nurfalah, A. A., Zahra, S., & Tabrani, M. B. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen: Studi Kasus Kedai Kopi Mustafa85 di Pandeglang Banten. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(2), 313-318.
Ritonga, H. M., Fikri, M., Siregar, N., Agustin, R. R., & Hidayat, R. (2018). Manajemen Pemasaran (Konsep dan Strategi). Medan: CV Manhaji.
Rosita, I. S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pembelian Online Produk T-Shirt Samesame Clothing). Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Almana) Vol, 1.
Setiyowati, R., Sulistyan, R. B., & Lukiana, N. (2019). Studi Produk Mahkota Sukses Indonesia: Ketertarikan Konsumen, Harga, Testimonial, dan Word of Mouth. Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 2(2), 142-147.
Sugara, A., Khoir, A., & Kustoyo, D. (2021). Strategi UMKM untuk Melakukan Penjualan dalam Mengoptimalkan Pelayanan dan Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal MoZaiK, 13(2), 1-9.
Sumpu, N., & Tumbel, A. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa Universitas Samratulangi Manado Angkatan 2016). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).
Tj, H. W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Minuman Bobba yang Dimediasi oleh Strategi Promosi (Studi Kasus: Konsumen Chatime Tanjung Duren). Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(12), 1566-1575.
Warni Z. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Kosmetik Wardah Pada Gerai Kosmetik Careefour Palembang Square Di Kota Palembang
Wulandari, D. A., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Masyarakat (UMKM Tahu di Desa Sambong). eProceedings of Management, 8(5).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rasfiuddin Sabaruddin, Rabiah Adatul Adawiah, Veri Muldani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.