Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar pada Subtema Organ Gerak Hewan Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar

Authors

  • Surthyna Adriana Sitorus Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Natalina Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4094

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dalam penggunakan model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar pada subtema organ gerak hewan siswa kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen, yang menggunakan Pre-experimental design dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar yang berjumlah 30 siswa. Sampel dalam penelitisn ini dalah seluruh populasinya yaitu seluruh siswa kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar. Instrumen yang digunakan adalah tes. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar pada subtema organ gerak hewan siswa kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar. Hal ini dapat dilihat dari perolehan hasil belajar yang meningkat dilihat dari rata-rata nilai pretest 58,27 dan rata-rata nilai posttest 81,27. Kemudian dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang dilakukan diperoleh  yaitu 16,4286 dan yaitu 1,701. Maka diperoleh berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar pada subtema organ gerak hewan siswa kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar.

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar

References

DAFTAR PUSTAKA

Budiman. 2021. “Pengaruh Model pembelajaran Kontekstual (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP). Vol. 1 (1): hal. 19-27

Hidayah, Nurul. 2015. “Pembelajaran Tematik Integratif di sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 2 (1): hal. 34-39.

Kistian, Agus. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat”. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 5 (2): hal. 13-24.

Magdalena, I., Fauziah, S.N., Faziah, S.N., Nupus, F.S. 2021. “Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan”. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains. Vol. 3 (2): hal. 198-214.

Nurdiansyah., Fahyuni, E.F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Prastowo, Andi. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Rawamangun: Kencana.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. ed.12. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-10-13