Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar pada Subtema Organ Gerak Hewan Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4094Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dalam penggunakan model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar pada subtema organ gerak hewan siswa kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen, yang menggunakan Pre-experimental design dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar yang berjumlah 30 siswa. Sampel dalam penelitisn ini dalah seluruh populasinya yaitu seluruh siswa kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar. Instrumen yang digunakan adalah tes. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar pada subtema organ gerak hewan siswa kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar. Hal ini dapat dilihat dari perolehan hasil belajar yang meningkat dilihat dari rata-rata nilai pretest 58,27 dan rata-rata nilai posttest 81,27. Kemudian dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang dilakukan diperoleh yaitu 16,4286 dan yaitu 1,701. Maka diperoleh berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar pada subtema organ gerak hewan siswa kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar
References
DAFTAR PUSTAKA
Budiman. 2021. “Pengaruh Model pembelajaran Kontekstual (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP). Vol. 1 (1): hal. 19-27
Hidayah, Nurul. 2015. “Pembelajaran Tematik Integratif di sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 2 (1): hal. 34-39.
Kistian, Agus. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat”. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 5 (2): hal. 13-24.
Magdalena, I., Fauziah, S.N., Faziah, S.N., Nupus, F.S. 2021. “Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan”. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains. Vol. 3 (2): hal. 198-214.
Nurdiansyah., Fahyuni, E.F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Prastowo, Andi. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Rawamangun: Kencana.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. ed.12. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Surthyna Adriana Sitorus, Nancy Angelia Purba, Natalina Purba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.