Analisa Pelaksanaan Strategy Usaha pada Masa Pandemi Covid-19 di PT. Antareja Prima Antara Bali

Authors

  • I Nyoman Pandu Satya Narayana Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Elisabeth Endang Prokosawati Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4095

Abstract

Abstrak

Dimasa sekarang ini kemajuan kebutuhan masyarakat sudah tidak dapat dipungkiri lagi, kini masrayakat tidak hanya dapat mengakses kebutuhan dari daerahnya saja melainkan sudah dapat mengakses dari luar daerah dan dapat dikirimkan melalui jasa ekspedisi cargo. Demi mendukung kegiatan seperti inilah dibutuhkan penyedia jasa yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhkan pengiriman masyarakat. PT. Antareja Prima Antara adalah visualisasi dari perusahaan logistic yang bertempat di Jl. Bypass Ngurah Rai, No.72, Kerobokan, kuta Bali. Mengingat saat ini Pandemi Covid-19 merubah tatanan masyarakat dunia. Bukan hanya kegiatan masyarakat, bahkan barang yang keluar masuk dari suatu daerah pun di batasi dan memiliki syarat-syarat tertentu, hal ini tentu saja sangat berdampak bagi perusahaan ekspedisi. Oleh karena itu penulis ingin menggali lebih dalam lagi permasalahan apa saja yang muncul akibat adanya pandemic Covid-19 ini dan mengenai bagaimana pelaksanaan strategi dan hal-hal apa saja yang di lakukan perusahaan untuk menghadapi situasi new normal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi, Sedangkan sumber data sekunder di peroleh dari dokumentasi secara langsung dilapangan yang digunakan adalah mengenai pelaksanaan strategy usaha di PT.Antareja Prima Antara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi penurunan volume pengiriman barang yang disebabkan oleh pandemi yang berbuntut pada kebijakan lockdown yang lebih jauh berakibat pada pembatasan kegiatan ekonomi sehingga perusahaan yang menjadi customer mengalami penuruan permintaan (demand), pengiriman barang tidak dapat dilakukan tepat pada waktunya sesuai jadwal dalam kata lain terjadi keterlambatan. Untuk mengatasi masalah jadwal yang kurang flexible karena pembatasan penerbangan saat pandemi, perusahaan mencari cara lain yaitu dengan mengandalkan tranportasi darat sebagai pengganti moda angkutan udara untuk melakukan pengiriman barang.

Kata Kunci: Analisa, Strategy Usaha, Pandemi Covid-19, PT. Antareja Prima Antara.

  Abstract

In the present era, the progress of community needs is undeniable, now the community can not only access the needs of the region but can already access it from outside the region and can be sent via cargo expedition services. In order to support activities like this, qualified service providers are needed to meet the needs of community delivery. PT. Antareja Prima Antara is a visualization of a logistics company located on Jl. Bypass Ngurah Rai, No.72, Kerobokan, Kuta Bali. In light of the current Covid-19 pandemic, the world community is changing. Not only community activities, even goods that go in and out of an area are limited and have certain conditions, this of course has a huge impact on shipping companies. Therefore, the author wants to dig deeper into what problems have arisen due to the Covid-19 pandemic and about how to implement strategies and what things the company does to deal with the new normal situation. This study uses a qualitative method. The process of collecting data in this study used primary data and secondary data. Primary data sources were obtained through interviews and observations, while secondary data sources were obtained from documentation directly in the field which was used regarding the implementation of business strategy at PT. Antareja Prima Antara. The results of this study indicate that there has been a decrease in the volume of delivery of goods caused by the pandemic which resulted in a further lockdown policy resulting in restrictions on economic activities so that companies that become customers experience a decrease in demand, delivery of goods cannot be carried out on time according to the schedule in In other words, there is a delay. To overcome the problem of a less flexible schedule due to flight restrictions during the pandemic, the company is looking for another way, namely by relying on land transportation as a substitute for air transportation modes to deliver goods.

Keywords: Analysis, Business Strategy, Covid-19 Pandemic, PT. Antareja Prima Antara.

References

DAFTAR PUSTAKA

Deni Tri Oktaviani (2019) Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Cv. Almaguna Cargo. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

http://www.pplbi.or.id/member/detail_member/khrisna_cargo 10 juli 2021 (10.07)

http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20135120-T28554-Analisis%20kualitas.pdf 11 juli 2021 (17.30)

https://jasapengirimancargo.com/pengertan-kargo-udara/ 11 juli 2021 (16.18)

http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2013-1-00190-MN%20Bab2001.pdf 11 juli 2021 (15.06)

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200315141316-32-483586/jokowi-imbau-masyarakat-bekerja-dan-beribadah-di-rumah 10 juli (11.05)

https://www.kumpulanpengertian.com/2020/12/pengertian-analisis-menurut-para-ahli.html “Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta” 11 juli 2021 (17.46)

https://tirto.id/mengenal-penelitian-kualitatif-pengertian-dan-metode-analisis-f9vh 14 juli 2021 (18.10)

https://penelitianilmiah.com/informan-penelitian/ 14 juli 2021 (18.15)

https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-analisis-data/ 11 juli 2021 (16.17)

https://dosenit.com/kuliah-it/pengorganisasian-data 15 juli 2021 (09.20)

http://repository.unama.ac.id/1025/7/BAB%20II.pdf 15 juli 2021 (13.20)

http://repository.stiedewantara.ac.id/1947/5/14.%20BAB%20III.pdf 20 juli 2021(17.45)

https://www.slideshare.net/TARSUDINN/penarikan-kesimpulan 2 agustus 2021 (10.18)

https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa/qa-for-public 14 juli 2021 (12.58)

https://poe3indriasari.wordpress.com/2012/10/20/pengertian-kredibilitas-profesionalisme-skeptisme-konservatisme-dan-integritas/#:~:text=Kredibilitas%20adalah%20kualitas%2C%20kapabilitas%2C%20atau,atau%20suatu%20lembaga%20selama%20konferensi. 20 juli 2021 (16.02)

https://eprints.uny.ac.id/66240/4/BAB%20III.pdf 19 juli 2021 (15.32)

http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1338/3/BAB%20III.doc#:~:text=Konfirmabilitas%20adalah%20kriteria%20untuk%20menilai,hasil%20penelitian%20yang%20dilakukan%20auditor.&text=Untuk%20penilaian%20kualitas%20hasil%20penelitian%20ini%20dilakukan%20oleh%20auditor%20independen. 22 juli 2021 (20.09)

Sri Utami (2012) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Pada Pt. Indah Kargo Cabang Arengka II Pekanbaru. Skripsi Thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarief Kasim Riau. http://repository.uin-suska.ac.id/1661/ 11 juli 2021 (18.46)

https://covid19.hukumonline.com/wp-content/uploads/2020/04/peraturan_pemerintah_nomor_21_tahun_2020-2.pdf 29 september 2021(20.12)

Stephen P. Robbins, Mary Coulter 11th edition (2010) https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/2018/07/pengertian-strategi-bisnis-jenis-contoh-strategi-perusahaan.html 02 oktober 2021 (21.44)

Downloads

Published

2022-10-13