Pengaruh Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas IX SMP Swasta HKBP Sidorame Medan
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4109Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmana keterkaitan antara Pengaruh Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas IX SMP Swasta HKBP Sidorame Medan dengan jumlah sampel sebanyak 22 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan penelitian hipotesis adalah korelasi product moment person dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk variabel X (Pengaruh Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen) dan variabel Y (Minat Belajar Siswa). Untuk mengetahui sejauhmana Pengaruh Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Minat Belajar Siswa, maka digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Pearson. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,83 dengan uji determinasi sebesar 44% dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata ( = 0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika yang didapat dari perhitungan lebih besar (>) dari pada taraf signifikan 1-0.05 dengan dk= n – 2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperoleh > (6,66 > 1,71), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan keterkaitan yang berarti antara pengaruh kepribadian guru pendidikan agama Kristen terhadap minat belajar siswa di kelas IX SMP Swasta HKBP Sidorame Medan.
Kata Kunci: Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen, Minat Belajar Siswa
References
DAFTAR PUSTAKA
Alkitab. (2014). Terjemahan Baru. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia.
Arikunto, S. (1983). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bangun. (2021). The Effect of Social Competence of Christian Religious Education (PAK) Teachers on Increasing Students' Affective Values at SMK HKBP Pematangsiantar. Available at: https://cajssh.centralasianstudies.org/index.php/CAJSSH/article/view/161/145
Bangun. (2022). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Kristen bagi Siswa Kelas VII di SMP Negeri 13 Pematangsiantar https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3344/2846
Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, 2015. menjadi guru kreatif, inivatif, dan inspiratif. Syria Studies, 7(1), 37–72
Cahyati, S. S., Tukiyo, T., Saputra, N., Julyanthry, J., and Herman, H. (2022). How to Improve the Quality of Learning for Early Childhood? An Implementation of Education Management in the Industrial Revolution Era 4.0. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5437-5446. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2979
Fatmawati, E., Saputra, N., Ngongo, M., Purba, R., and Herman, H. (2022). An Application of Multimodal Text-Based Literacy Activities in Enhancing Early Children’s Literacy. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5127-5134. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2782
Hakim, A. & Amir, S. (2018). Pengaruh Perasaan, Ketertarikan Dan Keterlibatan Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Peserta Didik Pada Sma Paba Binjai. Visipena Journal, 9(2), 406–426. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.470
Hamid, A. (2017). Guru Professional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(32), 274–285
Herman, dkk. (2022). Inovasi Pendidikan. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi. ISBN: 978-623-99632-9-3
Herman, dkk. (2022). Teknologi pengajaran. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi. ISBN: 978-623-99749-8-5
Herman, H., Shara, A. M., Silalahi, T. F., Sherly, S., and Julyanthry, J. (2022). Teachers’ Attitude towards Minimum Competency Assessment at Sultan Agung Senior High School in Pematangsiantar, Indonesia. Journal of Curriculum and Teaching, Vol. 11, No. 2, PP. 01-14. DOI: https://doi.org/10.5430/jct.v11n2p1
Homrighausen, E. (2018). Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Hutajulu, C. S. M., Sherly, S., and Herman, H. (2022). Peran Aplikasi Tiktok Terhadap Minat Belajar Siswa SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 4, No. 2, PP. 3002-3010. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2546
Kewas, J. (2020). Pengaruh Kepribadian Dan Keteladanan Guru Kristen Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Smk Negeri Tompaso Baru, Ditinjau Secara Teologis Berdasarkan I Timotius 4:12. Ambassadors: Journal of Theology and Christian Education, 1(2), 47–62
Kompri. (2017). Belajar Faktor Faktor yang Mempengaruhinya, Yogyakarta: Media Akademi.
Naim, N. (2008). Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nasution, T., Afrianti, D., Tukiyo, Sulistyani, and Herman. (2022). Critical Discourse Analysis in the Classroom: A Critical Language Awareness on Early Children’s Critical Thinking. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4992-5002. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2951
Nursyamsi, N. (2014). Pengembangan Kepribadian Guru. Al-Ta Lim Journal, 21(1), 32–41. https://doi.org/10.15548/jt.v21i1.70
Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(3), 265–272
Purba, R., Herman, H., Purba, A., Hutauruk, A. F., Silalahi, D. E., Julyanthry, J., and Grace, E., (2022). Improving teachers’ competence through the implementation of the 21st century competencies in a post-covid-19 pandemic. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(2), PP. 1486-1497. DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7340
Silitonga, N. M. S., Herman, H., Sherly, S., Julyanthry, J., Tannuary, A., Sinurat, B., Simangunsong, R., and Sitanggang, A. (2022). Improving the Numeration and Literature Capabilities of Class III Students in Simarhompa 177041 Elementary Schools through The Campus Teaching Program. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 777-782. DOI: 10.32832/abdidos.v6i3.1334
Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14–19
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Henokh Granto Sinaga, Grace Paulin Sitorus, Leviandi Simanjuntak, Bangun Munte, Imelda Butarbutar, Bangun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.