Pengaruh Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas IX SMP Swasta HKBP Sidorame Medan

Authors

  • Henokh Granto Sinaga Universitas HKBP Nommensen
  • Grace Paulin Sitorus Universitas HKBP Nommensen
  • Leviandi Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen
  • Bangun Munte Universitas HKBP Nommensen
  • Imelda Butarbutar Universitas HKBP Nommensen
  • Bangun Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4109

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmana keterkaitan antara Pengaruh Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas IX SMP Swasta HKBP Sidorame Medan dengan jumlah sampel sebanyak 22 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan penelitian hipotesis adalah korelasi product moment person dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk variabel X (Pengaruh Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen) dan variabel Y (Minat Belajar Siswa). Untuk mengetahui sejauhmana Pengaruh Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Minat Belajar Siswa, maka digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Pearson. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,83 dengan uji determinasi sebesar 44% dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata (  = 0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika  yang didapat dari perhitungan lebih besar (>) dari  pada taraf signifikan 1-0.05 dengan dk= n – 2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperoleh  >  (6,66 > 1,71), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan keterkaitan yang berarti antara pengaruh kepribadian guru pendidikan agama Kristen terhadap minat belajar siswa di kelas IX SMP Swasta HKBP Sidorame Medan.

Kata Kunci: Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen, Minat Belajar Siswa

References

DAFTAR PUSTAKA

Alkitab. (2014). Terjemahan Baru. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia.

Arikunto, S. (1983). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bangun. (2021). The Effect of Social Competence of Christian Religious Education (PAK) Teachers on Increasing Students' Affective Values at SMK HKBP Pematangsiantar. Available at: https://cajssh.centralasianstudies.org/index.php/CAJSSH/article/view/161/145

Bangun. (2022). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Kristen bagi Siswa Kelas VII di SMP Negeri 13 Pematangsiantar https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3344/2846

Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, 2015. menjadi guru kreatif, inivatif, dan inspiratif. Syria Studies, 7(1), 37–72

Cahyati, S. S., Tukiyo, T., Saputra, N., Julyanthry, J., and Herman, H. (2022). How to Improve the Quality of Learning for Early Childhood? An Implementation of Education Management in the Industrial Revolution Era 4.0. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5437-5446. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2979

Fatmawati, E., Saputra, N., Ngongo, M., Purba, R., and Herman, H. (2022). An Application of Multimodal Text-Based Literacy Activities in Enhancing Early Children’s Literacy. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5127-5134. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2782

Hakim, A. & Amir, S. (2018). Pengaruh Perasaan, Ketertarikan Dan Keterlibatan Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Peserta Didik Pada Sma Paba Binjai. Visipena Journal, 9(2), 406–426. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.470

Hamid, A. (2017). Guru Professional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(32), 274–285

Herman, dkk. (2022). Inovasi Pendidikan. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi. ISBN: 978-623-99632-9-3

Herman, dkk. (2022). Teknologi pengajaran. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi. ISBN: 978-623-99749-8-5

Herman, H., Shara, A. M., Silalahi, T. F., Sherly, S., and Julyanthry, J. (2022). Teachers’ Attitude towards Minimum Competency Assessment at Sultan Agung Senior High School in Pematangsiantar, Indonesia. Journal of Curriculum and Teaching, Vol. 11, No. 2, PP. 01-14. DOI: https://doi.org/10.5430/jct.v11n2p1

Homrighausen, E. (2018). Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Hutajulu, C. S. M., Sherly, S., and Herman, H. (2022). Peran Aplikasi Tiktok Terhadap Minat Belajar Siswa SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 4, No. 2, PP. 3002-3010. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2546

Kewas, J. (2020). Pengaruh Kepribadian Dan Keteladanan Guru Kristen Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Smk Negeri Tompaso Baru, Ditinjau Secara Teologis Berdasarkan I Timotius 4:12. Ambassadors: Journal of Theology and Christian Education, 1(2), 47–62

Kompri. (2017). Belajar Faktor Faktor yang Mempengaruhinya, Yogyakarta: Media Akademi.

Naim, N. (2008). Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nasution, T., Afrianti, D., Tukiyo, Sulistyani, and Herman. (2022). Critical Discourse Analysis in the Classroom: A Critical Language Awareness on Early Children’s Critical Thinking. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4992-5002. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2951

Nursyamsi, N. (2014). Pengembangan Kepribadian Guru. Al-Ta Lim Journal, 21(1), 32–41. https://doi.org/10.15548/jt.v21i1.70

Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(3), 265–272

Purba, R., Herman, H., Purba, A., Hutauruk, A. F., Silalahi, D. E., Julyanthry, J., and Grace, E., (2022). Improving teachers’ competence through the implementation of the 21st century competencies in a post-covid-19 pandemic. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(2), PP. 1486-1497. DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7340

Silitonga, N. M. S., Herman, H., Sherly, S., Julyanthry, J., Tannuary, A., Sinurat, B., Simangunsong, R., and Sitanggang, A. (2022). Improving the Numeration and Literature Capabilities of Class III Students in Simarhompa 177041 Elementary Schools through The Campus Teaching Program. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 777-782. DOI: 10.32832/abdidos.v6i3.1334

Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14–19

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Downloads

Published

2022-10-13