Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Sofy Elektronik dan Meubel di Kecamatan Losari)

Authors

  • Dimas Shobikhatunnisa Universitas Muhadi Setiabudi
  • Indah Dewi Mulyani Universitas Muhadi Setiabudi
  • Muhammad Syaifulloh Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4110

Abstract

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini untuk menguji dan menganalisis apakah kualitas produk, harga promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Sofy Elektronik dan Meubel, Losari menggunakan metode kuantitatif dengan membagikan kuesioner kepada pelanggan melalui angket dan google form. Dengan sampel 80 responden. Kemudian data dikumpulakan dan diproses menggunakan SPSS versi 22 dengan teknik analisis menggunakan uji instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji analisis berganda, uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinieritas dan uji hipotesis yaitu uji parsial (t), uji simultan (f) dan uji koefisien determinasi (R2) untuk melihat pengaruh dari masing-masing variabel. Penelitian ini memiliki hasil secara parsial menunjukan variabel kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, harga dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kemudian kualitas produk, harga dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji f hitung > f tabel. Dan kekuatan hubungan antara variabel kualitas produk (X1), harga (X2) dan promosi (X3) terhadap keputuan pembelian (Y) sebesar 99,6% selebihnya sebesar 0,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian.

 

Abstract

The purpose of this study is to test and analyze whether product quality, promotional prices have an effect on purchasing decisions. This research was conducted at Sofy Electronics and Furniture, Losari using quantitative methods by distributing questionnaires to customers through questionnaires and google forms. With a sample of 80 respondents. Then the data were collected and processed using SPSS version 22 with analytical techniques using instrument tests, namely validity and reliability tests, multiple analysis tests, classical assumption tests, namely normality tests, heteroscedasticity tests, multicollinearity tests and hypothesis tests, namely partial tests (t), simultaneous tests (f) and test the coefficient of determination (R2) to see the effect of each variable. This study has partial results showing product quality variables have no effect on purchasing decisions, price and promotions affect purchasing decisions. Then product quality, price and promotion simultaneously affect the purchase decision this can be proven from the results of the test f count > f table. And the strength of the relationship between product quality (X1), price (X2) and promotion (X3) variables on purchasing decisions (Y) is 99.6%, the rest 0.4% is influenced by other factors.

Keywords: Product Quality, Price, Promotion, Purchase Decision.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Air Mineral Dalam Kemasan Merek Dharma (Studi Kasus pada Konsumen CV. Bahana Tirta Alam Maritim di Kabupaten Sumbawa Besar). Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 1(2), 15–26. https://doi.org/10.30812/target.v1i1.587

Asaloei, E. K. S. S. S. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Harga terhadap Pembelian Ulang Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(3), 27–34.

Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap dengan Teknik Pengolahan data SPSS (E. Risanto (ed.); 1st ed.). Penerbit Andi.

Bintarti, S. (2021). Keputusan Pembelian : Citra Merk, Cita Rasa dan Harga Consumer Purchase Decision: Brand Image, Taste and Price. Pelita Ilmu, 15(01), 7–16.

Garaika, G., & Feriyan, W. (2019). Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal AKTUAL, 16(1), 21. https://doi.org/10.47232/aktual.v16i1.3

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861

Kurniawati, T., Sri, I., Hery, P., Traders, O., & Masaran, K. (2019). Promosi Dan Keputusan Penggunaan Jasa Jalur Nugraha Ekakurir ( JNE ) Bagi Pedagang Online Di Kecamatan Masaran Program Studi Manajemen STIE AUB Surakarta

Lestari, A. T., & Iskandar, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Bank BTN Cabang Tegal. Journal of Economic and Management (JECMA), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.46772/jecma.v2i1.513

Mahanani, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mataharimall.Com. Ikraith-Humaniora, 2(2), 53–61.

Munandi. (2017). Info Komoditi Furnitur. Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementrian Perdagangan Republik Indonesia.

Rozak, W. F. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Jersey Di Persebaya Store. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen.

Supangkat, A. H. & S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas di Intako. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(9), 1–19.

Susanti, S., & Andayani, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Di Cibinong Bogor. Nasional, 2 no 1(1), 85–96.

Wulandari, R. S. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (Studi Kasus Pada CV. Bina Harta Kabupaten Lombok Utara).

Downloads

Published

2022-10-13