Manajemen Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam

Authors

  • Amril Huda M STAI Al-Hikmah Pariangan Batusangkar
  • Andra STAI Al-Hikmah Pariangan Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4123

Abstract

Abstrak

Pendidikan Islam pada dasarnya adalah ajaran yang berarti membentuk pribadi muslim yang utuh, menumbuh kembangkan seluruh potensi manusia, baik secara sungguh-sungguh maupun secara mendalam. Pondok pesantren sebagai organisasi edukatif harus melakukan perubahan dan perubahan untuk melahirkan individu-individu tangguh yang mapan dalam Al-Qur'an dan Hadist. Kajian ini menggunakan teknik ujian yang menjelaskan tentang manajemen pesantren dalam mengerjakan sifat pelatihan Islam. Studi ini menggunakan sumber informasi opsional, termasuk halaman, buku harian, dan buku yang terhubung dengan manajemen. Pendidikan pesantren adalah gerakan mengkonsolidasikan pesantren sehingga terkonsentrasi dengan tujuan akhir untuk mencapai tujuan instruktif yang telah ditetapkan. Alasan pendidikan pesantren adalah untuk membentuk karakter muslim, khususnya karakter yang setia dan bertakwa kepada Tuhan, memiliki pribadi yang baik, menyebarkan agama atau mempertahankan Islam dan kebesaran umat Islam di tengah masyarakat dan mencintai ilmu pengetahuan.

Kata Kunci: Manajemen Pondok, Mutu Pendidikan

References

DAFTAR PUSTAKA

Agama, J. R. (2022). Konsep Ikhlas dalam Implementasi. 2(Agustus), 133–146. https://doi.org/10.15575/jra.v2i2.17909

Ahmad Solehudin1, Devy Habibi Muhammad2, N. (2022). JPDK : Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education. 4, 1–7.

Anas, A. I. (2012). Kurikulum Dan Metodologi Pembelajaran Pesantren. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 29. https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.400

Ariani, D., & Syahrani. (2022). Manajemen Pesantren dalam Persiapan Pembelajaran 5.0. Cross-Border, 5(1), 611–621.

Faisal, F., Ali, H., & Rosadi, K. I. (2021). Kependidikan Berbasis Simdik Dalam Manajemen. 3(1), 77–85.

Fauziah, F. (2017). Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Yang Efektif. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 2(1), 27–51. https://doi.org/10.32764/dinamika.v2i1.129

Islam, N. P., & Pancasila, D. B. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Butir-Butir Pancasila. 2(2).

Ismail, S. N. (2020). Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ekonomi, 5(1), 112–114.

Kh, K., Asrori, A., & Ishaqi, A. L. (2022). NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NASKAH AL-MALHUDHAT. 06(01).

Madaniyah, J., Widiyanti, I., Kotaku, P., Perspektif, D., Islam, P., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2021). PROGRAM KOTAKU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus Persoalan Lingkungan Kumuh di Kricak, Tegalrejo, Yogyakarta) Imas Widiyanti 1. 11, 49–62.

Mesiono, & Sahana, W. (2021). Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies. Cybernetics: Journal Educational Research and Sosial Studies, 2(April), 1–10.

Murtopo, B. A. (2016). Manajemen Pendidikan Islam Dalam Keluarga. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3(2), 37. https://doi.org/10.21580/wa.v3i2.1143

Nugroho, F. (2022). Pengembangan Digital Tranformasi Role Playing Games (RPG) Base Learning pada Pendidikan Kemuhammadiyah Sekolah Dasar M Iqbal Arrosyad 1  , Fandi Nugroho 2. 6(3), 3462–3472.

Ridwan, F., Islam, U., & Sumatera, N. (2022). ALACRITY : Journal Of Education. 2(1), 48–55.

Rindiani, A., Nurwadjah EQ, A., & Suhartini, A. (2021). Eksistensi dan Revitalisasi Pesantren di Era 4.0. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(1), 78–88. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i1.679

Ruslan Wahyudin, U., Permana, H., Nurlailasari, E., & Mustofa, T. (2021). Sosialisasi Model Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat Di Pondok Pesantren Syekh Quro Kabupaten Karawang. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 220. https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i2.865

Samsul, A., & Anisah, A. (2019). Dinamika {Pendidikan} {Pesantren}. Fikrotuna, 10(02), 1271–1291. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/3764

Tinggi, S., Kasih, T., Indonesia, A., Lumanauw, M. H., Komaling, H. W., & Anugrah Indonesia, S. (2022). Manajemen Kepemimpinan Musa berdasarkan Kitab Keluaran 32: 13-27. E-Journal.Sttkai.Ac.Id, 6756(1), 146–157. http://e-journal.sttkai.ac.id/index.php/xairete/article/view/13

Yanuarti, A. (n.d.). Terhadap Kinerja Guru Pada Smk Nasional.

Downloads

Published

2022-10-13