Manajemen Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4123Abstract
Abstrak
Pendidikan Islam pada dasarnya adalah ajaran yang berarti membentuk pribadi muslim yang utuh, menumbuh kembangkan seluruh potensi manusia, baik secara sungguh-sungguh maupun secara mendalam. Pondok pesantren sebagai organisasi edukatif harus melakukan perubahan dan perubahan untuk melahirkan individu-individu tangguh yang mapan dalam Al-Qur'an dan Hadist. Kajian ini menggunakan teknik ujian yang menjelaskan tentang manajemen pesantren dalam mengerjakan sifat pelatihan Islam. Studi ini menggunakan sumber informasi opsional, termasuk halaman, buku harian, dan buku yang terhubung dengan manajemen. Pendidikan pesantren adalah gerakan mengkonsolidasikan pesantren sehingga terkonsentrasi dengan tujuan akhir untuk mencapai tujuan instruktif yang telah ditetapkan. Alasan pendidikan pesantren adalah untuk membentuk karakter muslim, khususnya karakter yang setia dan bertakwa kepada Tuhan, memiliki pribadi yang baik, menyebarkan agama atau mempertahankan Islam dan kebesaran umat Islam di tengah masyarakat dan mencintai ilmu pengetahuan.
Kata Kunci: Manajemen Pondok, Mutu Pendidikan
References
DAFTAR PUSTAKA
Agama, J. R. (2022). Konsep Ikhlas dalam Implementasi. 2(Agustus), 133–146. https://doi.org/10.15575/jra.v2i2.17909
Ahmad Solehudin1, Devy Habibi Muhammad2, N. (2022). JPDK : Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education. 4, 1–7.
Anas, A. I. (2012). Kurikulum Dan Metodologi Pembelajaran Pesantren. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 29. https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.400
Ariani, D., & Syahrani. (2022). Manajemen Pesantren dalam Persiapan Pembelajaran 5.0. Cross-Border, 5(1), 611–621.
Faisal, F., Ali, H., & Rosadi, K. I. (2021). Kependidikan Berbasis Simdik Dalam Manajemen. 3(1), 77–85.
Fauziah, F. (2017). Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Yang Efektif. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 2(1), 27–51. https://doi.org/10.32764/dinamika.v2i1.129
Islam, N. P., & Pancasila, D. B. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Butir-Butir Pancasila. 2(2).
Ismail, S. N. (2020). Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ekonomi, 5(1), 112–114.
Kh, K., Asrori, A., & Ishaqi, A. L. (2022). NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NASKAH AL-MALHUDHAT. 06(01).
Madaniyah, J., Widiyanti, I., Kotaku, P., Perspektif, D., Islam, P., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2021). PROGRAM KOTAKU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus Persoalan Lingkungan Kumuh di Kricak, Tegalrejo, Yogyakarta) Imas Widiyanti 1. 11, 49–62.
Mesiono, & Sahana, W. (2021). Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies. Cybernetics: Journal Educational Research and Sosial Studies, 2(April), 1–10.
Murtopo, B. A. (2016). Manajemen Pendidikan Islam Dalam Keluarga. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3(2), 37. https://doi.org/10.21580/wa.v3i2.1143
Nugroho, F. (2022). Pengembangan Digital Tranformasi Role Playing Games (RPG) Base Learning pada Pendidikan Kemuhammadiyah Sekolah Dasar M Iqbal Arrosyad 1 , Fandi Nugroho 2. 6(3), 3462–3472.
Ridwan, F., Islam, U., & Sumatera, N. (2022). ALACRITY : Journal Of Education. 2(1), 48–55.
Rindiani, A., Nurwadjah EQ, A., & Suhartini, A. (2021). Eksistensi dan Revitalisasi Pesantren di Era 4.0. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(1), 78–88. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i1.679
Ruslan Wahyudin, U., Permana, H., Nurlailasari, E., & Mustofa, T. (2021). Sosialisasi Model Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat Di Pondok Pesantren Syekh Quro Kabupaten Karawang. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 220. https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i2.865
Samsul, A., & Anisah, A. (2019). Dinamika {Pendidikan} {Pesantren}. Fikrotuna, 10(02), 1271–1291. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/3764
Tinggi, S., Kasih, T., Indonesia, A., Lumanauw, M. H., Komaling, H. W., & Anugrah Indonesia, S. (2022). Manajemen Kepemimpinan Musa berdasarkan Kitab Keluaran 32: 13-27. E-Journal.Sttkai.Ac.Id, 6756(1), 146–157. http://e-journal.sttkai.ac.id/index.php/xairete/article/view/13
Yanuarti, A. (n.d.). Terhadap Kinerja Guru Pada Smk Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Amril Huda M, Andra
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.