Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan Melalui Desain Pesan Pembelajaran Bagi Guru di Daerah Perbatasan Kabupaten Bengkayang
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4143Abstract
Abstrak
Dalam kegiatan pembelajara, agar pembelajaran dirasa menyenangkan dan dapat diserap oleh peserta didik, hendaknya guru dapat menyiapkan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan agar peserta didik dapat mencerna setiap isi dalam kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu, guru dituntut agar mampu berinovasi dalam proses pembelajarannya agar peserta didik memiliki ketertarikan tersendiri sehingga kegiatan dan suasana pembelajaran lebih bermakna dan hidup. Dalam hal ini, dosen dan tim PkM melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMA Negeri 1 Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, dengan menggunakan LCD Proyektor dan media penyuluhan, kegiatan penyuluhan dilaksanakan kepada guru-guru tersebut dengan diiringi tanya jawab dalam penyuluhan. Kegiatan tersebut dilakukan dengan harapan agar guru dapat memiliki inovasi dan mengembangkan kemampuan di dalam menyiapkan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan melalui desain pesan pembelajaran bagi guru khususnya di daerah perbatasan kabupaten Bengkayang.
Kata Kunci: Pembelajaran kreatif, Desain Pembelajaran
References
DAFTAR PUSTAKA
Ambarjaya. (2008). Model-Model Pembelajaran Kreatif. Bandung: Tinta Emas Publishing.
B. Seels dan Rita C. Richey. (1994). Teknologi Pembelajaran Definisi dan Kawasannya. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta
Dewi Salma Prawiradilaga Evelina Siregar. (2008). Mozadik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Dick dan Ceray. (2006). The Sistematic Design of Instruction. Newyork: Longman.
Effendy, Onong. (2007). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya
Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Muhammad Arni (2005). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara
Mulyasa. (2011), Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembejaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rakhmat, Jalaluddin (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Salma Dewi, Prawiradilaga. (2012). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Slameto. (2011). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sutikno, Sobry. (2013). Belajar dan pembelajaran, Upaya Kreatif Dalam Mewujudkan Pembelajaran Yang Berhasil. Lombok: Holistica
Wina Sanjaya. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Warneri, Endang Purwaningsih, Maria Ulfah, Heni Kuswanti, Iwan Ramadhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.