Studi Literatur: Nilai-Nilai Karakter Yang Terkandung Pada Lagu Anak Karya Ibu Sud
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4204Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang terkandung pada lagu anak karya Ibu Sud. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur atau kepustakaan dengan menggunakan sumber data sekunder yang dikumpulkan melalui Google Cendekia, berupa skripsi yang dipublikasi dan artikel jurnal. Langkah-langkah penelitian terdiri dari mengumpulkan sumber data sekunder dengan beberapa tahapan, kritik sumber yang dilakukan validator, interpretasi atau analisis data, dan historiografi atau penulisan hasil penelitian, kemudian ditarik kesimpulan berdasarkan analisis data dan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 23 lagu anak karya Ibu Sud yang ditemukan dan mengandung nilai-nilai karakter. Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam lagu anak karya Ibu Sud antara lain nilai karakter jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, sikap kebangsaan/nasionalisme, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif/ bersahabat, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggungjawab.
Kata Kunci: Nilai karakter, lagu anak, Ibu Sud
References
Adhani, A. (2020). Analisis Teks Lagu Anak-anak dan Kandungan Pendidikan Karakter. Widya Warta, 2(02).
Adi, T. T. (2021). Penguatan Karakter Anak Melalui Nyanyian Berbasis Budaya. Jurnal Penelitian Musik, 2(2), 181-194.
Afiffah, S. H., Respati, R., & Hidayat, S. (2022). Peran Lagu Anak Terhadap Penanaman Nilai Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(1), 38-54.
Ardipal, A. (2015). Kembalikan Lagu Anak-anak Indonesia: Sebuah Analisis Struktur Musik. Panggung: Jurnal Seni dan Budaya, 25(4), 343-355.
Asri Permata, N. (2021). Pemahaman Siswa Tentang Nilai Karakter yang Terkandung dalam Lagu Nasional di Kelas V SD Negeri 84 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).
Fathurohman, I. (2013). Aspek Pendidikan Moral Dalam Lagu-Lagu Karya Ibu Soed Sebagai Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa Di Tingkat Sekolah Dasa.
Fatmala, Nike. 2018. Nilai-Nilai Karakter Dalam Wacana Lagu Anak Karya Ibu Soed dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar di Sekolah Dasar. Skripsi diterbitkan. Jember: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Fikri, M. I., & Hidayatullah, S. (2022). “Nilai Karakter Kebangsaan pada Lirik Lagu Anak di Taman Kanak-Kanak”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8174-8182.
Fitriana, N. P., KHB, M. A., & Sukamto, S. (2020). Analisis Nilai Karakter pada Lagu Anak dalam Buku Siswa Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(3), 407-412.
Indonesia, Presiden. Republik. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Kamariah, H. H. Pesan Moral Dalam Lirik Lagu Anak Indonesia.
Kusnoto, Y. (2018). Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada satuan pendidikan. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247-256.
Kusumawati, Heni. (2013). “Pendidikan karakter melalui lagu anak-anak. Imaji”. Jurnal Seni dan Pendidikan Seni. 11(2): 1-14.
Leoni, D., Tarmizi, P., & Parmadie, B. (2021). Studi Deskriptif Karakter Lagu Anak Pada Buku Tematik Siswa Sekolah Dasar Kelas II Tema 5 Muatan SBdP. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(3), 374-387.
Mumpuni, A., & Masruri, M. S. (2016). Muatan nilai-nilai karakter pada buku teks kurikulum 2013 pegangan guru dan pegangan siswa kelas II. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).
Mustari, M., & Rahman, M. T. (2011). Nilai karakter: Refleksi untuk pendidikan karakter.
Nisrinafatin, N. (2020). Pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 135-142.
Purwanto, S. (2019). “Penanaman Nilai Karakter pada Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Berbasis Musik dan Lagu Model”. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 1-15.
Puspitasari, F. B., & Herdiati, D. (2020). “Pendidikan Karakter Melalui Lagu Di Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian Musik, 1(2), 138-151.
Ritawati, T. (2022). Esensial Lagu Anak-Anak dalam Pembentukan Karakter: Suatu Kajian Analisis. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 1825-1836.
Setiawan, A., & Sulistiani, I. R. (2019). Pendidikan Nilai, Budaya Dan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Dasar Pada SD/MI. ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 41-56.
Suparmiatun, S., & Rais, R. (2015, March). “Analisis Nilai Karakter Lagu dalam Buku Siswa Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013”. In Seminar Nasional PGSD 2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ika Kurniawati, Ahmad Agung Yuwono Putro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.