Motivasi dan Makna Mengikuti Media Sosial Instagram Katolikmedia bagi Orang Muda Katolik

Authors

  • A.G Ristata Kusnar Prabawa Universitas Sanata Dharma
  • Rian Antony Universitas Atma Jaya
  • Indra Sanjaya Tanureja Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4216

Abstract

Abstrak

Penggunaan media sosial sebagai sebuah sarana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tentu bukanlah fenomena yang asing lagi. Hampir setiap orang pernah mempunyai pengalaman saat memanfaatkan media sosial guna memenuhi kebutuhan hidup mereka. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui motivasi dan makna Orang Muda Katolik ketika mengikuti akun intagram katolikmedia. Penelitian ini menggunakan Teori Uses and Gratification yang mencoba untuk melihat motivasi audiens dalam menggunakan media sosial. Subjek penelitian ini adalah Orang Muda Katolik yang menjadi followers akun instagram katolikmedia. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan dua poin penting. Pertama, Orang Muda Katolik tertarik untuk mengikuti instagram katolikmedia karena adanya kebutuhan untuk mendapatkan informasi dan inspirasi mengenai iman katolik. Kedua, minat dan ketertarikan Orang Muda Katolik pada akun instagram katolikmedia karena isi konten ditampilkan dengan kreatif dan menarik.

Kata Kunci: Uses and Gratification, Media Sosial, Orang Muda Katolik, dan Motivasi

 

Abstract

The use of social media as a means to meet daily needs is certainly not a foreign phenomenon. Almost everyone has had experience when using social media to fulfill their life needs. The purpose of this study was to find out the motivation and meaning of Catholic Young People when following the catholicmedia instagram account. This study uses Uses and Gratification Theory which tries to see the audience's motivation in using social media. The subjects of this research are Catholic Young People who are followers of the catholicmedia instagram account. The data collection technique used interviews and then analyzed using the Miles and Huberman model. The results of the study show two important points. First, young Catholics are interested in following the catholic media instagram because of the need to get information and inspiration about the catholic faith. Second, the interest and interest of young Catholics in the Catholic Media Instagram account because the content is displayed creatively and attractively.

Keywords: Uses and Gratification, Social Media, Young Catholics, and Motivation

References

DAFTAR PUSTAKA

Anisah, N; Sartika, M dan Kurniawan, H. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Pada Mahasiswa," Junal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 4(2), 94-107. Doi: http://dx.doi.org/10.22373/jp.v4i2.11080

Arya Nugeraha, Abdullah Karim, Nurliah. (2020). Analisis Fungsi Instagram Sebagai Media Penyebar Informasi Kriminal di Kota Samarinda. Skripsi. Universitas Mulawarman. Diakses dari http://digilib.unmul.ac.id/digilib/index.php?p=show_detail&id=24132&keywords=

Boyd, D. M & Ellison, B. N. (2008). Social Network Sites: Definition, History and Scholarship. Journal Of Computer-Mediated Communication. 13(1), 210-230. Doi: https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.2007.00393.x

Cahyono, A. S. (1). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing among Five Approaches (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE.

Davis III, C.H.F; Deil-Amen, R; Rios-Aguilar, C & Canché, M.S.G. (2015) Social Media, Higher Education, and Community Colleges:A Research Synthesis and Implications for the Study of Two-Year Institutions, CommunityCollege Journal of Research and Practice, 39:5, 409-422. Doi: http://dx.doi.org/10.1080/10668926.2013.828665

Humaizi. (2018). Uses and Gratifications Theory. Medan: USU Press.

Karunia H,; Ashri, N dan Irwansyah. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 3(1)1, 92–104. Doi: https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.187

Katz, E., Gurevitch, M., & Haas, H. (1973). On the Use of the Mass Media for Important Things. American Sociological Review 38(2), 164-181. Diakses dari https://doi.org/10.2307/2094393

Nahumury, A.P dan Antony, R. (2022). Semi-Online Learning as a Solution to the Digital Divide in Education on Frontier, Outermost, and Disadvantaged Regions (3T). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan, 8(2), 331-340. Doi: 10.33394/jk.v8i2.4960.

Macarthy, A. (2015). 500 Social Media Marketing Tips: Essential Advice, Hints and Strategy for Business: Facebook, Twitter, Pinterest, Google+, YouTube, Instagram, LinkedIn, and More!. Google book.

Manning, J. (2014.) Social media, definition and classes of. In K. Harvey (Ed.), Encyclopedia of social media and politics. Thousand Oaks, CA: Sage

Miles,M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.

Morissan. (2014). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa (2nd ed). Jakarta: Kencana.

Paus Paulus VI. (2005). Dokumen Gereja Evangelii Nuntiandi (Mewartakan Injil), Konferensi Waligereja Indonesia

Prihatiningsih dan Witanti. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja.” Communication 8(1), 51-65.

Sari, Nurvita, D, dan Basit, A. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi. Persepsi: Communication Journal 3, (1) 23–36. Doi: http://dx.doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4428

Suparmo, L. (2017). Uses and Gratifications Theory dalam Media Sosial WA (WhatsApp). Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5 (2), 27-37. Doi: https://doi.org/10.21009/communicology.062.02

Utari, E. D; Mayasari S; Musbahri A. N; Zulkardi; Siahaan S. M; Raharjo, M, "Manfaat dan Dampak Aplikasi Media Sosial dalam Kajian Analisis Konten". Project Analysis Social Media. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/346089273_Manfaat_dan_Dampak_Aplikasi_Media_Sosial_dalam_Kajian_Analisis_Konten

Wakas, J.E dan Wulage, M.B.N. (2021). Analisis Teori Uses and Gratification : Motif Menonton Konten Firman Tuhan Influencer Kristen Pada Media Sosial Tiktok.” Tepian : Jurnal Misiologi dan Komunikasi Kristen (2021): 25–44. Doi: https://doi.org/10.51667/tjmkk.v1i1.629

We Are Social dan Hootsuite (2022). Indonesian Digital Report 2022. Diakses dari https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/

West, R.L dan Turner, L.H. (2020). Introducing Communication Theory: Analysis and Application" Sevent Edition. USA: McGraw Hill.

Widada, C.K. (2018). Mengambil Manfaat Media Sosial dalam Pengembangan Layanan. Journal of Documentation and Information Science, 2(1), 23-30. Doi: http://dx.doi.org/10.33505/jodis.v2i1.130

Yusra,Y. "Riset TNS: Generasi Terpelajar Dominasi Pengguna Instagram di Indonesia". [dailysocial.id]. (2016). Diakses dari https://dailysocial.id/post/riset-tns-generasi-terpelajar-dominasi-pengguna-instagram-di-indonesia

Downloads

Published

2022-11-11