Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Melalui Permainan Papan Kata Bagi Anak Tunagrahita Ringan

Authors

  • Teti Ratnawulan Universitas Islam Nusantara
  • Hendri Abdul Qohar Universitas Islam Nusantara
  • Sauzan Adibah Putri Rahman Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4229

Abstract

Abstrak

Anak tunagrahita merupakan salah satu peserta didik yang mengalami hambatan dalam intelektual di bawah rata-rata dan masih ada peserta didik yang belum mampu membaca permulaan padahal usianya sudah 15-16 tahun, sedangkan guru masih menggunakan media cetak abjad menjadikan anak kurang berminat pada pembelajaran membaca, maka dari itu peneliti berkolaborasi dengan guru mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan media papan kata untuk mempermudah anak mengenal huruf dan kata. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran membaca permulaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, studi dokumentasi dan FGD. Hasilnya dianalisis secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Kemampuan salah satu anak sangat kurang, hal itu di tunjukan dengan belum mengenalnya huruf abjad konsonan dengan baik; 2). Pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan melakukan identifikasi kemudian asesmen dan menyusun program pembelajaran. Pada proses pembelajaran membaca permulaan di awali dengan mengabsen proses pembelajaran dilakukan dengan metode demonstrasi dan tanya jawab. Pada kegiatan akhir guru menyimpulkan pembelajaran dan mengevaluasi. Jika anak belum mencapai tujuan pembelajaran maka akan di lakukan tindak lanjut pengulangan; 3). Media saat ini berupa media cetak abjad; 4). Bentuk media yang dikembangkan berupa papan kata. Penelitian menunjukkan bahwa media penunjang pembelajaran belum memadai mengingat pentingnya pengaruh media dalam proses pembelajaran yang efektif, kreatif dan menarik bagi peserta didik demi meningkatkan pemahaman yang lebih cepat diterima oleh peserta didik maka perlunya upaya untuk meningkatkan kualitas pengajarannya dengan senantiasa memperhatikan media yang digunakan dalam proses pembelajaran disekolah.

Kata Kunci: Pengembangan Media, Membaca Permulaan, Tunagrahita Ringan

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, M. 2002. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran membaca berbasis pendidikan karakter. Bandung: Refika Aditama.

Ade, Sanjaya. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Adipurnomo, Haryono. (2006). Sumber dan Media Pembelajaran. Malang: Departemen Pendidikan Nasional.

Agus M. Hardjana, (2011). Stres Tanpa Distres: Seni Mengolah Stres Yogyakarta: Kanisius.

Agustin, Mubajir. (2011). Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Apriyanto, Nunung. (2012). Seluk-Beluk Tunagrahita & Strategi Pembelajarannya. Yogjakarta: JAVALITERA.

Aqib, Zainal. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Astati & Mulyati Lis. (2015) Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung: Amanah Offset.

Bisjoe, A. R. H. (2018). Menjaring Data dan Informasi Penelitian Melalui FGD (Focus Group Discussion): Belajar dari Praktik Lapang. Buletin Eboni, 15(1), 17-27.

Dadang Garnida, (2015). Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: Rafika Aditama.

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Darmiyati Zuchdi dan Budiasih. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaraan. Bandung: Satu Nusa.

Depdikbud. (1994). Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Dasar-Sekolah Dasar. Jakarta: BP Dharma Bakti.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.t entang Sistem Pendidikan Nasional.

Fachriandy, M. L. (2022). Pengaruh Program Pelayanan Sosial Terhadap Penyandang Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha (Pstw) Pangeran Hidayatullah Kabupaten Cianjur (Doctoral dissertation, FISIP UNPAS).

Farida Rahim. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogjakarta: DIVA Press

J. Wantah Maria. (2007). Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Mampu Latih. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional.

Jamil Suprihatiningrum. (2014). Strategi Pembelajaran.Yogyakarta: Ar-RuzzMedia.

John W. Santrock (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta: Erlangga.

Kemis & Ati Rosnawati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Bandung: Luxima Metro Media.

Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid I. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Novi Resmini, dkk. (2006). Membaca dan Menulis di SD: Teori dan Pengajarannya. Bandung: UPI PRESS.

Nurbiana, Dhieni, dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Nurhidayah, N., Anafi, A. T., & Putri, D. A. Developing a Module of Alphabet Creation (Mokha) as Teachingmedia to Introduce Alphabets to Childrenwith Mild Mental Retardation (Doctoral dissertation, Yogyakarta State University).

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1).

Rukayah. (2004). Membaca dan Menulis Permulaan dan Alternatif Membantu Siswa yang Berkesulitan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Saeful, Dedi. (2010). Penerapan Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Berkesulitan Belajar. Skripsi pada FIP UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Soemantri, S. (2018). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama

Soendari dan Mulyani. (2015) Asesmen dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Amanah Offset.

Sudaryono. (2017). Pengantar Manajemen: Teori dan Kasus. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharyono, Bagyo. 2005. Wayang Beber Wonosari. Wonogiri: Bina Citra Pustaka .

Tarigan, H. G (1994). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Penerbit Angkasa.

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tersiana, Andra. 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Widyastuti, D., & Ayu, A. (2019). Tingkat Ketergantungan Lansia Berdasarkan Usia Dan Jenis Kelamin Di Panti Sosial Trsena Werda Nirwana Puri Samarinda. Borneo Nursing Journal (BNJ), 1(1), 1-15.

Downloads

Published

2022-11-12