Penerapan Model Pembelajaran Savi (Somatis, Audio, Visual dan Intelektual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar

Authors

  • Riri Susanti STAI Al-Hikmah Pariangan Batusangkar
  • Hardianto STAI Al-Hikmah Pariangan Batusangkar
  • M. Isa Sekolah Tinggi Agama Islam Tgk Chik Pante Kulu Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4246

Abstract

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya daya serap dan daya ingat terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Materi yang disampaikan tidak bertahan lama dalam memori siswa. Hal ini dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa yang terlihat pada nilai ulangan harian Pendidikan Agama Islam dengan rata rata nilai mencapai 60, sedangkan kriteria ketuntasan minimal adalah 75. Jadi Nilai siswa lebih rendah dari standar nilai minimum. Selain itu kurangnya kemampuan guru dalam penggunaan metode, media pembelajaran atau pengelolaan kelas. Model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelektually adalah salah satu model pembelajaran dapat mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelektually dan mendeskripsikan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui model pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 14 Ganting Dodok Sulit Air Kabupaten Solok. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dilasanakan dengan cara pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelektually dengan tepat dapat meningkatkan aktifitas pembelajaran, suasana pembelajaran menjadi lebih hidup dan menyenangkan. Model pembelajaran ini juga meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam.

Kata Kunci: SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelektually), Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.

 

Abstract

The problem in this study is the low absorption and memory of the material presented by the teacher. The material presented does not last long in the students' memory. This can affect student achievement as seen in the daily test scores of Islamic Religious Education with an average score of 60, while the minimum completeness criterion is 75. So the student's score is lower than the minimum standard. In addition, the teacher's lack of ability in using methods, learning media or classroom management. Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually learning models are one of the learning models that can overcome these problems. The purpose of this study was to describe the process of applying the Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual learning model and to describe the learning outcomes of Islamic Religious Education through the learning model. This type of research is classroom action research which is carried out in two cycles. This research was conducted at SDN 14 Ganting Dodok Difficult Air, Solok Regency. Data collection techniques were carried out by means of observation, interviews, tests and documentation. Data analysis is carried out by collecting data, presenting data, drawing conclusions or verifying data. The results of the research show that the Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual learning model can appropriately improve learning activities, making the learning atmosphere more lively and fun. This learning model also improves the learning outcomes of Islamic Religious Education.

Keywords: Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intelektually), Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahadia, N., Zulmuhibban, M., Aulia, C., Claudia, N., Apriyani, N., Widiawati, R., Anggreni, W., Ningsiati, Y., & Mertha, I. G. (2021). Pengenalan dan Pengaplikasian Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint di SMA Negeri 1 Praya Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), 2–5. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.601

Aini, N. (2019). Evaluasi Kinerja Pegawai Untuk Mewujudkan Pelayanan Publik Dalam Perspektif Good Governance. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 1(1), 43. https://doi.org/10.33474/jisop.v1i1.2671

Aswar, C. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa. Lantanida Journal, 3(1), 55. https://doi.org/10.22373/lj.v3i1.1440

Fitrianawati, M., & Hartono, H. (2016). Perbandingan Keefektifan Pbl Berseting Tgt Dan Gi Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Toleransi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 55. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9684

Gita Cemara, G. A., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Peta Pikiran Terhadap Kreativitas dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 359. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18895

Halili. (2020). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA BESERTA MAKNA AYAT SUCI AL-QUR’AN DALAM SURAT PENDEK PILIHAN MELALUI PENYUNTING SEBAYA. Ilmiah Pro Guru, 6(2), 165–172.

Happy, N., & Widjajanti, D. B. (2014). Keefektifan Pbl Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis, Serta Self-Esteem Siswa Smp. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 48. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2663

Jainiyah S. (2015). Penerapan Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Tema Berbagai Pekerjaan Siswa Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1–7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/viewFile/15401/13867

Jannah, R. (2017). Upaya Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v1i1.1211

Keban, M. L., Nahak, S., & Kelen, Y. P. K. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Saintek Lahan Kering, 1(1), 20–21. https://doi.org/10.32938/slk.v1i1.440

Khadijah, S., & Sukmawati, R. A. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Audiotory Intellectually Repetition dalam Pengajaran Matematika di Kelas VII MTs. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 68–75. https://doi.org/10.20527/edumat.v1i1.568

Kusumawati, N. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Dengan Model Pembelajaran Savi Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sdn Mangkujayan I Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(2), 217. https://doi.org/10.29407/jpdn.v3i2.11789

Lestari, N. F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Mengembangkan Keterampilan 4C Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 86–91. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.601

Lutfi, A. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan problem solving dalam problem posing berbasis pendekatan saintifik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 27–38. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.10231

Magdalena, I., Mayanti, H. M., Rizka, &, & Putri, S. (2020). Evaluasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 269–277.

Masitoh, L. F., & Hartono, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PBL Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self-Efficacy Developing Mathematics Instructional Materials Using PBL Approach Oriented to Creative Thinking Ability and Self-Efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 220–230.

Mudinillah, A. (2019). The Development of Interactive Multimedia Using Lectora Inspire Application in Arabic Language Learning. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 285–300. https://doi.org/10.25217/ji.v4i2.570

Mudinillah, A. (2021). Software untuk Media Pembelajaran (Dilengkapi dengan Link Download Aplikasi) (N. E. Putri (ed.); 1st ed.). Bintang Pustaka Madani. https://scholar.google.com/scholar?cluster=13854761131920543422&hl=en&oi=scholarr

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1235

Nuraini, N., Fitriani, F., & Fadhilah, R. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Sma Negeri 5 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 6(1). https://doi.org/10.29406/arz.v6i1.939

Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102–111. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20489

Rochani, S. (2016). Keefektifan pembelajaran matematika berbasis masalah dan penemuan terbimbing ditinjau dari hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 273. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.5722

Serap, D., Di, S., & Negeri, S. M. K. (2017). (26.024 > 4.03), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas mengajar guru terhadap daya serap siswa, Kata kunci: daya serap siswa; kreativitas mengajar guru. 10(2), 145–162.

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/2316

Sindu, I. G. P., Santyasa, I. W., & Warpala, I. W. S. (2013). Pengaruh Model E-Learning Berbasis Masalah dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar KKPI Siswa Kelas X Di SMK Negeri 2 Singaraja. E-Kournal Program Pascasarjana Universitas Ganesha, 3(2).

Susanti, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Kurikulum 2013 Di Kelas V Sd Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 156–173. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1466

Susanto, H. P. (2016). Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 134. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.10

Sutarna, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 119. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.6068

Utami, S. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 137. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5346

Utomo, K. B. (2018). Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam MI. MODELING:Jurnal Program Studi PGMI, 5(2), 145–156. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/331

Downloads

Published

2022-11-18