Optimalisasi Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Polda Jawa Barat

Authors

  • Dinia Anis Setiani Universitas Pasundan
  • Arda Novrizal Haq Universitas Pasundan
  • Rizky Ilhami Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4253

Abstract

Abstrak

Penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk memberikan kualitas pelayanan yang baik, tidak rumit dan tidak berbelit-belit. Salah satu penyelenggara pelayanan publik yang berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan adalah Polda Jawa Barat. Upaya meningkatkan kualitas pelayanan oleh Polda Jabar dilakukan dengan menyelenggarakan pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) melalui Kantor Pelayanan Masyarakat Satuan intelijen dan keamanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara jelas tentang kualitas pelayanan pembuatan SKCK di Kantor Pelayanan Masyarakat Satuan Intelijen dan Keamanan Polda Jabar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sumber data dalam penelitian ini menggunakan teknik penyebaran angket terhadap purposive sampling. Adapun fokus penelitian ini yaitu kualitas pelayanan SKCK di Kantor Pelayanan Masyarakat Satuan intelijen dan keamananPolda Jabar. Indikator yang digunakan adalah dimensi-dimensi kualitas pelayanan Zeithaml, Parasuraman & Berry (2011). Hasil penelitian ini menunjukan pemohon dominan merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan dalam pembuatan SKCK namun masih ada beberapa hal yang dapat diperbaiki diantaranya pemberian kepastian waktu pelayanan, pemanfaatan fasilitas yang sudah sangat memadai, perbaikan strategi sosialisasi kepada masyarakat, dan peleburan pelayanan perekaman sidik jari agar lebih efisien,

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Optimalisasi, SKCK

References

DAFTAR PUSTAKA

Agustiandini, F. Z., & Ilhami, R. (2022). The Implementation of Human Resource Development Program in Supporting Tourism in Parigi District Pangandaran Regency. Jurnal Mantik, 6(3), 3059-3064.

Arganata, D. (2016). Kualitas Pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Kantor Pelayanan Masyarakat Satuan Intelijen dan Keamanan Polrestabes Surabaya. Kajian Pelayanan Publik , 1-8.

Astuti, Dwi Nani “ Efektifitas Pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Di Polsek Driyorejo. jurusan Administrasi Publik, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik. Universitas 17 Agustus 1945.Surabaya. Bumi Aksara.

Ferdiansyah, A., & Ilhami, R. (2022). Pelayanan Retribusi Wisata Wonder Hill Jojogan Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 6118-6125.

Hardiyansyah, (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media

Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.

Hayat (2017). manajemen pelayanan publik. Jakarta: Rajawali Pers..

Idrus, Muhammad. 2007. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.

Ilhami, R. (2019). Peran Pemerintah Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Kawasan Bandara Internasional Jawa Barat. Paradigma POLISTAAT: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(1)

Ilhami, R., Endah Marlovia, E. M., & Achmad, W. (2022). Smart government policy implementation for smart city concept realization. International Journal of Health Sciences Scopus coverage years: from 2021 to Present, 8379-8389.

Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Moenir, H. A. S. (2006). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta, Bumi Aksara.

Muliawaty, L., Firdausijah, R. T., & Achmad, W. (2022). Implementation of Waste Management Policies by the Main Waste Bank in Realizing the Effectiveness of the Waste Program in the City of Bandung. resmilitaris, 12(2), 1906-1913.

Nurwati, N., Fedryansyah, M., & Achmad, W. (2022). Social Policy in the Protection of Street Children in Indonesia. Journal of Governance, 7(3).

Peraturan Kepala Polisi Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2014 Tentang Tata Cara Penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Priatna, M. I. V., & Ilhami, R. (2022). Perencanaan Fasilitas Sektor Pariwisata di Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran (Studi Kasus Desa Cintaratu dan Selasari). Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 6132-6139.

Sinambela, L. P. (2006). Reformasi Pelayanan Publik (Teori Kebijakan dan Implementasi).

Sumadi Suryabrata, 1999, Metodologi Penelitian, PT Bumi Aksara, Jakarta

Sumadinata, R. W. S., Achmad, W., & Riyadi, S. F. (2022). Indonesian Border Defense Policy: A Case Study on the Interoperability of the joint regional defense command. Central European Management Journal, 30(4), 886-895.

Downloads

Published

2022-11-19