Analisis Penggunaan Konten Youtube Sebagai Media Pembelajaran Sejarah pada Siswa Kelas XI IPS SMAS Mujahidin Pontianak

Authors

  • Novia Adidatil Jamilia Universitas Tanjungpura
  • Haris Firmansyah Universitas Tanjungpura
  • Edwin Mirzachaerulsyah Universitas Tanjungpura
  • Andang Firmansyah Universitas Tanjungpura
  • Astrini Eka Putri Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4256

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan konten youtube sebagai media pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPS SMAS Mujahidin Pontianak. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data adalah guru, siswa dan perangkat pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Sedangkan analisis data menggunakan beberapa tahapan yaitu Data Collection, Data Reduction, dan Verification.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi yang digunakan guru dalam membuat konten youtube sebagai media pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPS SMAS Mujahidin Pontianak yaitu dengan guru melakukan tahap perencanaan pembelajaran dengan materi pembahasan mencakup KD 3.3 dan 3.4 dengan tema reformasi gereja, metode digunakan yaitu metode diskusi dan sumber pembelajaran  memanfaatkan buku paket sejarah kelas XI IPS serta sumber lainnya, tahapan persiapan ditandai dengan persiapan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa pada saat  menggunakan media konten youtube didalam kelas, langkah-langkah pelaksanaan dengan menggunakan video konten youtube.(2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan konten youtube sebagai media pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPS SMAS Mujahidin Pontianak berjalan kurang optimal, terdapat langkah pembelajaran tidak terlaksana sesuai dengan hasil telaah RPP yaitu tidak terdapatnya KI, KD, Indikator, sintak pembelajaran, evaluasi secara keseluruhan, penggunaan metode didalam kelas serta guru menutup pembelajaran dengan tidak berdoa. (3) Kendala dalam penggunaan konten youtube sebagai media pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPS SMAS Mujahidin Pontianak yaitu pada sarana alat-alat penunjang penggunaan media yang masih kurang dan kendala teknis (jaringan internet).

Kata Kunci: Konten youtube, Media Pembelajaran, Pembelajaran Sejarah

 

Abstract

This study aims to determine the use of youtube content as a medium for learning history in class XI social studies students of SMAS Mujahideen Pontianak. This type of research uses descriptive qualitative research. In this study, the sources of data are teachers, students and learning tools. Data collection techniques use observation techniques, interviews and document studies. Meanwhile, data analysis uses several stages, namely Data Collection, Data Reduction, and Verification. The results showed that (1) The strategy used by teachers in creating youtube content as a medium for learning history in class XI social studies students of SMAS Mujahideen Pontianak is with teachers conducting the learning planning stage with discussion materials including KD 3.3 and 3.4 with the theme of church reform, the method used is the discussion method and learning resources utilizing the history package book class XI social studies and other resources,  The preparation stage is marked by learning preparation carried out by teachers and students when using youtube content media in the classroom, implementation steps using YouTube content videos. . (2) The implementation of learning using youtube content as a medium for learning history in class XI social studies students of SMAS Mujahideen Pontianak runs less optimally, there are learning steps that are not carried out in accordance with the results of the RPP study, namely the absence of KI, KD, indicators, learning syntax, overall evaluation, use of methods in the classroom and teachers closing learning by not praying. (3) Obstacles in the use of youtube content as a medium for learning history in class XI social studies students of SMAS Mujahideen Pontianak are in the facilities to support the use of media that are still lacking and technical obstacles (internet network). 

Keywords: Youtube content, Learning Media, History Learning

References

DAFTAR PUSTAKA

Agung, Leo. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak

Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak

Anitah, Sri. (2012). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Astuti, W., & Titin, Sutarti. (2021). Dampak Media Youtube Dalam Proses Pembelajaran dan Pengembangan Kreativitas Bagi Kaum Milenial. Jurnal Widya Aksara 26(1) (diakses 15 Februari 2022)

Basri, M., & Lestari Nur Indah. (2019). Strategi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu

Batubara, Husein Hamzah. (2021). Media Pembelajaran Digital. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ekayani, N. L. P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Diperoleh dari https://www.researchgate.net/publication/315105651 (diakses 21 Februari 2022)

Hamdan, Husein Batubara. (2021). Media Pembelajaran Digital. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Kochhar, S.K. (2008). Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo

Kustandi, Cecep. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rasman. (2021). Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Masa PandemiCovid-19. Jurnal Informasi Pendidikan Berbantuan Teknologi. 2797-0140 (diakses 15 September 2022)

Rusydiyah., & Evi Fatimatur. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PT. Rajagraindo Persada

Sanjaya, Wina. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Fajar Interpratama.

Sudjana, Nana. (2020). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di sekolah. Bandung: Sinar Baru

Downloads

Published

2022-11-22