Peleburan Program Studi Pariwisata Syariah: Analisis Respon Mahasiswa, Dosen, Alumni dan Stakeholder
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4331Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon mahasiswa, dosen, alumni, dan stakeholders terkair peleburan program studi pariwisata syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatid deskriptif dengan indikator kognitif, afektif, dan konatif sebagai variabel kunci. Metode pencarian data yang digunakan adalah purposive sampling kepada 20 responden. penelitian ini menemukan bahwa, pertama, Sebagian besar responden tidak mengetahui rencana peleburan program studi. Kedua, Sebagian besar responden tidak menyetujui rencana peleburan program studi, ketiga, pimpinan fakultas ekonomi dan bisnis islam Universitas Islam Negeri Mataram telah memberikan masukan kepada ketua Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mengenai rencana peleburan. Dapat disimpulkan bahwa dari 3 aspek yang dinilai, hanya aspek konatif yang dapat terpenuhi.
Kata Kunci: Pariwisata Syariah, Kognitif, Afektif, Konatif
References
DAFTAR PUSTAKA
Alwafi Ridho Subarkah. (2018). Respon Stakeholder Terhadap Lulusan Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang. Skripsi, 151(2).
Anantha, T. N., Gafur, A., & ... (2020). Pengaruh Sikap Dan Norma Subyektif Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Mulawarman Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Etika Bisnis Islam …. Jurnal Ilmu Ekonomi .
Angrayni, S., Yulistia, R., Minovia, A. F., & Rifa, D. (2021). Pengaruh SIkap, Norma Subyektif, dan Komitmen Organisasi terhadap Niat Untuk Melawan Whistleblowing. CURRENT: Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis Terkini, 2(1). https://doi.org/10.31258/jc.2.1.24-42
Aningsih, L. R. (2013). Strategi Pengambilan Keputusan Mengatasi Konflik dalam Berorganisasi pada Aktivitas Mahasiswa di Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Asiati, D. (2013). Pengaruh Sumber Informasi terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah Cabang Palembang. Jurnal Ilmu Manajemen, 3(1).
Asngari, H., & Wibowo, P. (2021). Respon Masyarakat terhadap Kebijakan Pembebasan Narapidana dalam Rangka Penanggulangan Penyebaran Corona Virus Covid-19 di Dusun Punjul Desa Punjul Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 15(2). https://doi.org/10.30641/kebijakan.2021.v15.165-180.
Barney, J. B., & Harrison, J. S. (2020). Stakeholder Theory at the Crossroads. In Business and Society (Vol. 59, Issue 2). https://doi.org/10.1177/0007650318796792
Chaniago, A. Y. S. (2002). Kamus lengkap bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. In Citra Aditya.
Fatmawaty, R. (2017). Memahami Psikologi Remaja. JURNAL REFORMA, 2(1). https://doi.org/10.30736/rfma.v6i2.33.
Kapantouw, C., & Mandey, S. (2015). Pengaruh sikap, norma subyektif, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian handphone asus di gamezone computer mega mall manado. Jurnal EMBA, 3(2).
Listyawati, I. H. (2017). Pengaruh Sikap, Norma Subyektif Dan Kontrol Keperilakuan Terhadap Niat Berwirausaha Pada Mahasiswa Di Yogyakarta. Jbma, 4(1).
Mardiana, I. (2019). Respon Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Waslingo Semarang Angkatan 2014 Terhadap Informasi Hoax Tentang CPNS 2018 di Whatsapp. In UIN Walinsongo . UIN Walisongo.
Markum, M. (2014). Ruang Lingkup Psikologi Sosial. Pustaka.Ut.Ac.Id.
Masykuroh, W. R., & Jannah, R. (2018). Social Construction of Hafidzah Al Qur’an in Jember District. Jurnal ENTITAS SOSIOLOGI, 7(1). https://doi.org/10.19184/jes.v7i1.16636
Maulana, R. I. (2019). Pengaruh Sikap dan Norma Subyektif terhadap Niat Konsumen Membeli Sepeda Motor Yamaha NMAX 155. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 3(2). https://doi.org/10.31311/jeco.v3i1.5695
Mulyana, A. (2016). Sosiologi Komunikasi. Jurnal Komunikasi Massa, 2(1).
Nina, Dra., & Armando, M. (2015). Pengertian Psikologi dan Psikologi Komunikasi. Psikologi Komunikasi.
Pakpahan, D. R. (2017). Pengaruh Pengetahuan terhadap Perilaku Masyarakat pada Bank Syariah di Wilayah Kelurahan Sei Sikambing D. At-Tawassuth, 3(3).
Rizki, V. L. (2021). Pengaruh Tindakan Afirmatif dan Budaya Organisasi Terhadap Manajemen Kinerja PT. Bintang Sayap Utama Area Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 9(1). https://doi.org/10.51747/ecobuss.v9i1.635.
Saunders, B., Sim, J., Kingstone, T., Baker, S., Waterfield, J., Bartlam, B., Burroughs, H., & Jinks, C. (2018). Saturation in qualitative research: exploring its conceptualization and operationalization. Quality and Quantity, 52(4). https://doi.org/10.1007/s11135-017-0574-8.
Silalahi, U. (2017). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. In Journal of Visual Languages & Computing (Vol. 11, Issue 3).
Soenarjo, & Djoenarsih. (1981). Himpunan Istilah Komunikasi. Liberty.
Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. International Migration Review, 47(2).
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tantawi, R., & Husaini. (2017). Analisis Pengaruh Sikap , Norma Subyektif dan Keperilakuan terhadap Niat Konsumen Membeli Smartphone Blackberry. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 1(2).
Ulfa, M. (2009). Respon Mahasiswa Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi 2004-2007 terhadap Kebebasann Pers di Indonesia. UIN Syarif Hidayatullah.
Walgito, B. (2015). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Wawan, A., & Dewi, M. (2019). Teori dan pengukuran pengetahuan, sikap dan perilaku manusia. In Yogyakarta: Nuha Medika.
Witriyana, Y. (2019). Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Kontrol Perilaku terhadap Minat Beli Produk Secara Online di Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia, 2(1).
Zainudin, S. I. (2015). Respon Masyarakat Jepang Terhadap Usulan Reformasi Kebijakan Imigrasi Untuk Menanggulangi Krisis Populasi di Jepang. Departemen Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muhamad Johari, Abdul Hadi Sukmana, Muhammad Hambali, Muhammad Paidul Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.