Kebijakan Pengawasan untuk Efektivitas Penanganan Pengaduan Masyarakat ada Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri

Authors

  • Arya Eka Pradifta Asian Banking, Finance, and Informatics Institute Perbanas Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4351

Abstract

Abstrak

Dilatarbelakangi permasalahan belum maksimalnya pelaksanaan kebijakan pengawasan tahunan demi efektivitas penanganan pengaduan masyarakat pada Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis proses penyusunan kebijakan pengawasan tahunan di Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri. (2) Menganalisis pengelolaan pengaduan masyarakat di Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri. (3) Menganalisis peran kebijakan pengawasan tahunan untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan pengaduan masyarakat di Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri. Pendekatan penelitian adalah kualitiatf. Lokasi penelitian di Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri. Teknik pengumpulan melalui wawancara mendalam dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa proses penyusunan kebijakan tahunan di Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri dimulai dengan koordinasi dan harmonisasi antara kementerian dengan gubernur, kemudian koordinasi gubernur dengan bupati/walikota. Mengenai pengelolaan pengaduan di Inspektorat Jenderal Kemendagri dilaksanakan oleh Inspektorat Khusus yang pelaksanaan sehari-harinya dilakukan oleh Tata Usaha. Pengaduan masyarakat diterima secara online maupun offline, dikelola melalui alur kerja yang terdiri atas 11 urutan. Mengenai peran kebijakan pengawasan tahunan dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan pengaduan masyarakat pada Inspektorat Kementerian Dalam Negeri, pelaksanaan pengawasan belum dilaksanakan secara maksimal. Terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan belum efektifnya pengawasan.

Kata Kunci: Penanganan pengaduan, kebijakan pengawasan tahunan, Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alam, A. S. (2016). Analisis kebijakan publik kebijakan sosial di perkotaan sebagai sebuah kajian implementatif. GOVERNMENT: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2(1), 81-96.

Bastian, Indra, 2016, Strategi Manajemen Sektor Publik, Salemba Empat, Jakarta

Bawono, Icuk Rangga. 2007. Manajemen Stratejik Sektor Publik: Langkah Tepat Menuju Good Governance. Purwokerto: Fakultas Ekonomi UNSOED

Budiharto, Priyo and Larasati, Endang and Suwitri, Sri. (2007). Analisis Kebijakan Pengawasan Melekat di Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah. DIALOGUE, 4 (1). pp. 42-61. ISSN 1693-8399

Cooper, D.R., & Schindler, P. . (2014). Business Research Methods (Twelfth Ed). McGraw-Hill International Edition.

Creswell, J.,H., & Creswell, J.D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Merthods Approaches. Fifth edition. Thousand Oaks: SAGE Publication.

Dahlström, C., Lindvall, J., & Rothstein, B. (2013). Corruption, Bureaucratic Failure and Social Policy Priorities. Political Studies, 61(3), 523–542. https://doi.org/10.1111/j.1467-9248.2012.00998.x

Dana, B. G. (2012). SWOT analysis to improve quality management production. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 62, 319-324.

David, F. R., & David, F. R. (2013). Strategic management: Concepts and cases: A Competitive advantage approach. Pearson.

Dye, T.R. (2017). Understanding Public Policy. Fifteenth edition. Florida: Florida State University. & Pearson Education Inc.

Haryono, S. (2013). Balanced Scored Card untuk Mengukur Kinerja Sektor Publik. Jurnal STIE YPN, IV (1).

Herawati, N. L. M., Suputra, I. D. D., & Budiasih, I. G. (2016). Pengaruh Pengawasan Pimpinan, Disiplin dan Kompetensi Pegawai pada Kinerja Pegawai Inspektorat Kabupaten Tabanan. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Hesterly, W., & Barney, J. (2015). Strategic management and competitive advantage. Upper Saddle River, NJ.

Hunger, James D., dan Wheelen, Thomas L. (2003), Manajemen Strategis, Edisi Kedua, Alih Bahasa oleh Julianto Agung, Yogyakarta: Andi

Ismail, M. (2009). Manajemen Strategik Sektor Publik Kajian Analitik. Lembaga Administrasi Negara: Sekolah Tinggi Imu Administrasi. Jakarta.

Kurniasih, D. (2013). Kebijakan Sistem dan Prosedur Pengawasan di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi UNIKOM, 1. ISSN 2086 – 1109.

Kurniawan, A.R. (2018). Pengaruh Karakteristik Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Jurnal Akutansi, 6(1), 20 Hal.

Mardiasmo. (2002). Akuntansi Sektor Publik. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Nugraheni, R., Prihatini, A. E., & Budiatmo, A. (2014). Pengaruh Standar Operasional Prosedur dan Pengawasan terhadap Kinerja Pramuniaga Pasaraya Sriratu Pemuda Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(2), 187-195.

Pemkot Jakarta Timur (2022). “Laporkan Pengaduan Masyarakat ke www.sapa.kemendagri.go.id” https://timur.jakarta.go.id/

Poerwandari, E. K; (2007), Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia, LPSP3 UI, Jakarta.

Pramudia, W., Susila, G. P. A. J., Bagia, I. W., & Si, M. (2016). Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan. Jurnal Jurusan Manajemen, 4(1).

Ritson, N. 2013. Strategic Management. https://www.academia.edu/11253360/Neil_Ritson_Strategic_Management. 18 September 2019, pk 14.00 WIB.

Satria, J.V., & Priyadi, B.P. (2020). Public complaints management system through Lapor! Kemendagri. Dapat diunduh pada https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/download/27360/23881

Sekaran, U., & Bougiee, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. Seveneth edition. West Sussex: John Wiley & Sons Ltd.

Sharma, D., & Singh, V. (2010). ICT in universities of the Western Himalayan Region of India II: A comparative SWOT analysis. arXiv preprint arXiv:1002.1193.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombninasi (Mixed Methods). Cetakan keempat. Bandung: Alfabeta.

Suseno, A. (2011). Eksistensi BPKP dalam pengawasan keuangan dan pembangunan. Bisnis & Birokrasi Journal, 17(1).

Syafrizal, S. H., Mawaddah, N., & Zulfiar, E. (2019, January). Kualitas Audit Aparat Pengawas Intern Pemerintah dalam Pengawasan Keuangan Daerah Di Kota Lhokseumawe. In Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhkseumawe (Vol. 2, No. 1).

Weis, R. Policy Definition and Classification: Aspects, Criteria and Examples. In Proceedings of IFIP/IEEE International Workshop on Distributed Systems: Operations & Management. 1994a. Toulouse, France.

Wibowo, R.A., Malinda, E.Y., Rizky, S.W., & Hendry J.N. (2018). Wacana Pemerintah Untuk Mereposisi Kelembagaan Inspektorat: Tindak Lanjut, Tanggapan, serta Inisiasi Kedepan. Jurnal Hukum & Pembangunan. 48 (4) ,pp. 716-742

Wijayanto, P.A,& R.I., Mustikawati. (2017) Pengaruh Kompetensi, Independensi, Profesionalisme Auditor Internal Pemerintah Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akutansi, 5(8), 14 hal.

Wijayati, D. T. (2010). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Strategik pada Organisasi Non Profit (Studi Manajemen Strategik pada Dinas Propinsi Jawa Timur). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(1), 24-32.

Downloads

Published

2022-12-22