Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy (Studi Kasus: Pengguna Sepeda Motor Honda Scoopy di Yogyakarta)
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4373Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merk dan kualitas pelayanan secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan pembelian Honda Scoopy di Yogyakarta. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen Honda Scoopy. Sampel penelitian adalah 100 konsumen Honda Scoopy di Yogyakarta. Teknik perhitungan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskripsi, uji asumsi klasik terdiri atas uji normalitas, multikolinieritas, dan heterkedastisitas, dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, citra merek, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Scoopy.
Kata kunci: Kualitas Produk, Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian
References
DAFTAR PUSTAKA
Anwar, I. 2015 pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 4, Nomor 12. 2015.
Armstrong, G., & Kotler, P. (2017). Principles of Marketing. 17th red. New. York.
Erlangga, Heri, 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Di PT Panca Sakti Perkasa Di Bintaro. Jurnal Ilmiah PERKUSI.
Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi. Offset, Yogyakarta.
Haque Rifky Anggela Putri,et al., 2021. Meningkatkan Keputusan Pembelian Make Up Brand Lokal Wardah Melalui Celebrity Endorser, Brand Image dan Product Quality Pada Mahasiswi S1 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Jurnal Produktivitas 8 (2021).
I. W. Prasetyani, H. D. Waluyo, and A. Budiatmo. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Beat di PT. Nusantara sakti semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 1-7, Feb. 2014.
Keller, Kevin Lane. 2003. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. 2nd Edition, New Jersey, NJ.
Kotler dan Keller. (2012), Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta : Erlangga.
Kotler, P. & Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran, Ed12. Jilid 2. Penerbit PT Indeks: Jakarta.
Kotler, Philip dan Amstrong Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih bahasa Bob Sabran M.M. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2015. Manajemen Pemasaran Edisi Kesebelas. Jilid 2, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Indeks.
Muinah Fadhilah et al. 2022. Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, lokasi dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen dengan word of mouth sebagai variabel moderasi. FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Volume. 24 Issue 3 (2022) Pages 607-617.
Natalia Indria Kristin dan Anggoro Panji Nugroho. 2020. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy. Excellent : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan. Vol 8, No 1 (2021) ; p. 104-115.
Ni Made Maitri Priandewi, et.al.,2022. Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di E-Commerce Lazada. Jurnal Valuasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 1 No. 2 (2021).
Sakti Riana Fatmaningrum, Susanto, & Muinah Fadhilah. 2020. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Vol. 4 No. 1, 2020.
Setiawan, Heri. 2012. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Matic Beat (Studi Kasus Pada PT. Nusantara Solar Sakti). Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius) Vol. 2 No. 3 Sept 2012. Politeknik Negeri Sriwijaya.
Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Suharto dan Suwarto. Pengaruh Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Tipe Supra X 125 Pada Dealer Bhinneka Motor Di Kota Metro. Derivatif – VOL.8 No.1 April 2014.
Sukmana, O. 2003. Dasar-dasar Psikologi Lingkungan. Malang: UMM Press. Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susana Maharani. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pizza HUT. Vol. 2, No. 1, Tahun 2019, ISSN: 2622-6367 (ONLINE) IQTISHADequity Prodi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Swastha dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern, (Edisi II, Get. VHI): Liberty Yogyakarta.
Verry, Ade Frandika. 2018. Pengaruh Persepsi Harga, Desain, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smarthphone Samsung. Unpublished, Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa, Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rizky, Muinah Fadhilah, Bernedetta Diansepti Maharani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.