Analisis Pengaruh Kode Etik Tenaga Kependidikan Terhadap Kompetensi Kepribadian Staff Administrasi Sekolah di Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4376Abstract
Abstrak
Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup seseorang. Salah satu lembaga pendidikan yang cukup terkenal adalah lembaga pendidikan Islam. Di lembaga pendidikan ini, terdapat tenaga kependidikan yang bertugas mengelola administrasi sekolah. Kode etik tenaga kependidikan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kompetensi kepribadian staff administrasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kode etik tenaga kependidikan terhadap kompetensi kepribadian staff administrasi sekolah di lembaga pendidikan Islam. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, metode ini akan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mengamati perilaku staff administrasi sekolah dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan kode etik yang telah ditetapkan. Wawancara dilakukan dengan menanyakan langsung kepada staff administrasi sekolah tentang pengaruh kode etik terhadap kompetensi kepribadian mereka. Hasil analisis data akan diolah menjadi sebuah laporan yang menggambarkan pengaruh kode etik terhadap kompetensi kepribadian staff administrasi sekolah di lembaga pendidikan Islam.
Kata Kunci: Kode Etik, Kompetensi Kepribadian, Staff Administrasi.
References
DAFTAR PUSTAKA
Arifin Tahir. (2014). Buku Ajar Perilaku Organisasi. In Buku Ajar Perilaku Organisasi. www.deepublish.co.id
Frederick, W. C. (2012). Setrategi Konsep Etika Profesi. In Jurnal Etika guru Inspirasi (Vol. 2, Issue 6).
Jeklin, A. (2016). Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidkan (Issue July).
Masram, & Mu’ah. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Zifatama Publisher. https://www.academia.edu/40825681/Buku_Manajemen_Sumber_Daya_Manusia_Profesional
Ngatno. (2015). Buku Ajar Metodologi (p. 47). https://doc-pak.undip.ac.id/331/1/BUKU AJAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 M. Hafiyyan, Astuti Darmiyanti, Saprialman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.