Pengaruh Kepemimpinan Pembelajran, dan Etika Profesi Terhadap Kinerja Mengajar Guru

Authors

  • Muhamad Rafly Faisal Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Saprialman Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4388

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kedepannya dan menganalisis pengaruh secara parsial kepemimpinan pembelajaran dan etika profesi terhadap kinerja mengajar guru. Jenis penelitian yang di lakukan peneliti ini menggunakan metode studi literatur, jurnal, prosiding dan websitel. Kepemimpinan pembelajaran dan etika profesi terhadap kinerja mengajar guru merupakan elemen penting dalam meningkatkan kualitas Pendidikan. Agar kepemimpinan pembelajaran dan etika profesi terhadap kinerja mengajar guru meningkat kualitas Pendidikan yang efektif, harus merumuskan dan mengartikulasi tujuan pembelajaran, membimbing pengembangan, perbaikan dan proses pembelajaran, mengevaluasi kinerja guru dan mengembangkannya, dan mengembangkan program pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan. Dalam menciptakan kepemimpinan pembelajaran dan etika profesi  terhadap kinerja mengajar guru di perlukan hubungan sinergis dengan seluruh warga sekolah.

Kata Kunci: Kepemimpinan Pembelajaran, Etika Profesi dan Kinerja Mengajar Guru

References

DAFTAR PUSTAKA

Alim, A. N. (2017). Pengaruh Penghayatan Etika Profesi terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Efektivitas Program Pembelajaran. Khazanah Akademia, 01(01), 59-70.

Faridah, I., & Kurniady, D. A. (2015). Kompetensi Kerja Guru, Kepemimpinan Pembelajaran Dan Kinerja Mengajar Guru Tk Kota Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(2), 58-68.

Hamid, A. (2020). Profesionalisme Guru Dalam Proses Pembelajaran. jurnal penelitian sosial dan keagamaan, 10(1), 1-17.

Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1-20. doi: https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94

Khofifah, R. W., Rahmawati, I., Lestari, H., & Trimulyo, J. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Mengajar Guru PNS di SMPN Se-Kecamatan Pamijahan. Jurnal Sains Indonesia, 1(3), 139-143. doi: https://doi.org/10.1234/jsi.v1i3.27

Kusmintardjo. (2014). Kepemimpinan Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah. Manajemen Pendidikan, 24(3), 203-212.

Mulyana, A. (2018, maret 20). Kepemimpinan Pembelajaran (Instructional Leadership). Retrieved from ainamulyana: https://ainamulyana.blogspot.com/2015/03/kepemimpinan-pembelajaran-instructional.html

Saparudin, S., Hidayat, R., Dewi, R. R., Mustikasari, L., & Wahyuni, S. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Penghayatan Etika Profesi Guru Terhadap Kinerja Guru. Edu Happiness (Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini), 1(2), 71-85.

Sasongko, R. N., Zakaria, & Sucipno. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMP. Manajer Pendidikan, 11(1), 26-36.

Sitanggang, S., Muin, A. M., & Sitompul, H. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMP Negri Kecamatan Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 14(2), 146-156.

Surachmi, S. (2012). Kajian Efektivitas Perilaku Kepemimpinanpembelajaran Kepala Sekolah. urnal Pendidikandan Pengajaran, 45(1), 11-19.

Downloads

Published

2022-12-24