Pengaruh Kepemimpinan Pembelajran, dan Etika Profesi Terhadap Kinerja Mengajar Guru
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4388Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kedepannya dan menganalisis pengaruh secara parsial kepemimpinan pembelajaran dan etika profesi terhadap kinerja mengajar guru. Jenis penelitian yang di lakukan peneliti ini menggunakan metode studi literatur, jurnal, prosiding dan websitel. Kepemimpinan pembelajaran dan etika profesi terhadap kinerja mengajar guru merupakan elemen penting dalam meningkatkan kualitas Pendidikan. Agar kepemimpinan pembelajaran dan etika profesi terhadap kinerja mengajar guru meningkat kualitas Pendidikan yang efektif, harus merumuskan dan mengartikulasi tujuan pembelajaran, membimbing pengembangan, perbaikan dan proses pembelajaran, mengevaluasi kinerja guru dan mengembangkannya, dan mengembangkan program pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan. Dalam menciptakan kepemimpinan pembelajaran dan etika profesi terhadap kinerja mengajar guru di perlukan hubungan sinergis dengan seluruh warga sekolah.
Kata Kunci: Kepemimpinan Pembelajaran, Etika Profesi dan Kinerja Mengajar Guru
References
DAFTAR PUSTAKA
Alim, A. N. (2017). Pengaruh Penghayatan Etika Profesi terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Efektivitas Program Pembelajaran. Khazanah Akademia, 01(01), 59-70.
Faridah, I., & Kurniady, D. A. (2015). Kompetensi Kerja Guru, Kepemimpinan Pembelajaran Dan Kinerja Mengajar Guru Tk Kota Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(2), 58-68.
Hamid, A. (2020). Profesionalisme Guru Dalam Proses Pembelajaran. jurnal penelitian sosial dan keagamaan, 10(1), 1-17.
Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1-20. doi: https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94
Khofifah, R. W., Rahmawati, I., Lestari, H., & Trimulyo, J. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Mengajar Guru PNS di SMPN Se-Kecamatan Pamijahan. Jurnal Sains Indonesia, 1(3), 139-143. doi: https://doi.org/10.1234/jsi.v1i3.27
Kusmintardjo. (2014). Kepemimpinan Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah. Manajemen Pendidikan, 24(3), 203-212.
Mulyana, A. (2018, maret 20). Kepemimpinan Pembelajaran (Instructional Leadership). Retrieved from ainamulyana: https://ainamulyana.blogspot.com/2015/03/kepemimpinan-pembelajaran-instructional.html
Saparudin, S., Hidayat, R., Dewi, R. R., Mustikasari, L., & Wahyuni, S. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Penghayatan Etika Profesi Guru Terhadap Kinerja Guru. Edu Happiness (Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini), 1(2), 71-85.
Sasongko, R. N., Zakaria, & Sucipno. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMP. Manajer Pendidikan, 11(1), 26-36.
Sitanggang, S., Muin, A. M., & Sitompul, H. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMP Negri Kecamatan Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 14(2), 146-156.
Surachmi, S. (2012). Kajian Efektivitas Perilaku Kepemimpinanpembelajaran Kepala Sekolah. urnal Pendidikandan Pengajaran, 45(1), 11-19.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muhamad Rafly Faisal, Astuti Darmiyanti, Saprialman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.