Analisis Faktor Determinan Consumer Decision Produk Halal pada Aplikasi Pesan Antar Makanan

Authors

  • Iwan Adinugroho Universitas Muhammadiyah Mamuju
  • Hendy Tannady Universitas Multimedia Nusantara
  • Eva Solina Gultom Universitas Halu Oleo
  • Sari Fitri STAIN Mandailing Natal
  • Nova Erliyana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4437

Abstract

Abstrak

Di era modern, dimana ilmu pengetahuan serta teknologi canggih berkembang pesat, pola hidup serta kebutuhan manusia juga turut berkembang. Kebutuhan wanita untuk tampil cantik akan menciptakan potensi pasar bagi produsen kosmetik. Dengan penduduk Indonesia yang mayoritas muslim, maka produk makanan yang halal akan menjadi pilihan utama bagi setiap orang yang ingin menjalankan syariat islam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kemudahan, religiusitas, dan pengetahuan produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer melalui kuesioner. Metode sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Jumlah responden sebanyak 100 sampel responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemudahan dan pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan tehadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel religiusitas tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Kemudahan, Religiusitas, Pengetahuan Produk, Keputusan Pembelian

References

DAFTAR PUSTAKA

Adhim Fauzan. Pengaruh Religiusitas Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Alumni Dan Bukan Alumni Pesantren (Studi pada Kantor Depag Kabupaten Bangkalan. Jurnal Ekonomi modernisasi. 2009. Vol.5. No.2

Burhan Bungin. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi Dan Kebijakan Publik Ilmu-Ilmu Sosisal Lainnya. Jakarta: Kencana. 2005

Fathur Sani K. Metodelogi Penelitian Farmasi Komunikasi dan Eksperimental. Yogyakarta : CV Budi Utama. 2012

Haribowo, R., Fitriyatul Bilgies, A., Verawaty, V., Tannady, H., & Ratnawati, R. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endoser Terhadap Purchase Decision Produk Bakery Bittersweet By Najla. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), 3220–3230.

Haribowo, R., Tannady, H., Yusuf, M., Wardhana, G. W., & Syamsurizal, S. (2022). Analisis Peran Social Media Marketing, Kualitas Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Rumah Makan Di Jawa Barat. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(6), 4024–4032.

Laeli Ida Nur. Pengaruh Faktor Budaya, Psikologi, Pelayanan, Promosi Dan Pengetahuan Tentang Produk Terhadap Keputusan Nasabah Memilih BPRS Di Banyumas. Jurnal Pemikiran Islam. 2017. Vol.18. No.2

Lindung Tengku Putri, Khairul Fazrin, Muhammad Rizal. Pengaruh Label Halal Dan Bonus Dalam Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kinder Joy Pada Masyarakat Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. 2017. Vol.6. No.2

Muhammad, Isnaini Harahap, Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi kasus Pada Penggunaan Aplikasi Lazada di Medan). J.EBIS. 2018. Vol.3. No.2

Muhammad. Metode Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif (dilengkapi dengan contoh-contoh aplikasi: proposal penelitian dan laporannya). Jakarta: Rajawali Press. 2013

Mujibatun Siti. Prospek Ekonomi Syari’ah Melalui Produk Mudarabah Dalam Memperkuat Sektor Riil. economica. Vol.4. No.1. 2013 Nanang Pengaruh Minat Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Keputusan Wanita Muslim Berwirausaha. SAWWA. Vol.12. No.3. 2017 Nurul Zuriah. Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara. 2009

Nur Aini Fitriya Ardiani Aniqoh, Metta Renatie Hanastiana, “Halal Food Industry: Challenges And Opportunities In Europe” JDMHI : Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2020, Vol.2, No.1, Hal. 45-46

Nur Elmi Sholihin, Skripsi : “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengguna Go-Food Dalam Membeli Makanan Halal” (Yogyakarta: UII,2019), Hal11

P Ari Kristin. Analisis Pengaruh Faktor Ekonomi Dan Religiusitas Terhadap Persepsi Supervisor Dan Manajer Mengenai Independensi Dewan Martono. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : PT Raja Grafindo Press. 2010

Siregar, A. P., Tannady, H., Jusman, I. A., Cakranegara, P. A., & Arifin, M. S. (2022). Peran Harga Produk Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Produk Cold Pressed Juice Re. Juve. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), 2657-2665.

Suryani, S., Cakranegara, P. A., Budiasih, Y., Tannady, H., & Yohanes, T.S. (2022). Analisis Pengaruh Perceived Value Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Layanan Netflix. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), 3238–3247.

Sutrisno, S., Tannady, H., Ekowati, D., Laura M.B.P.R., & Mardani, P. B. (2022). Analisis Peran Kualitas Produk Dan Visual Identity Terhadap Purchase Intention Produk Teh Dalam Kemasan. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(6), 4129–4138.

Sutrisno, S., Tannady, H., Wahyuningsih, E. S., Supriatna, D., & Hadayanti, D. (2022). Analisis Peran Gaya Hidup Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Automotif City Car. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(6), 4139–4145.

Downloads

Published

2023-01-02