Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Bidang Pendidikan di Desa Langkumapo Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna

Authors

  • Samiruddin Universitas Halu Oleo
  • Amisbah Ramly Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Abdul Syaban Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Jasrudin Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Suriaman Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Rahmiati Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4623

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menjelaskan implementasi program keluarga harapan bidang pendidikan di Desa Langkumpo Kecamatan Napabalano kabupaten Muna, 2) untuk mendeskripsikan kendala dalam pelaksanaan program keluarga harapan di Desa Langkumapo dan 3) untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan dalam menanggulangi kendala Implementasi program keluarga harapan bidang pendidikan di Desa Langkumapo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dan subjek penelitian terdiri dari 23 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi PKH bidang pendidikan Desa Langkumapo dilihat dari enam variabel keberhasilan implementasi yaitu, Pertama standar dan sasaran kebijakan Kedua, sumber daya. Ketiga, komunikasi organisasi pelaksana. Keempat, karakteristik agen pelaksana. Kelima, sikap para pelaksana dan Keenam lingkungan sosial, ekonomi dan politik sudah terlaksana dengan baik. Kendala pelaksanaan implementasi PKH bidang pendidikan yaitu, 1) kendala administrasi, 2) penyaluran dana bantuan terjadi kemacetan, 3) kecemburuan sosial. Sedangkan upaya yang dilakukan yaitu; upaya yang dilakukan pemerintah dan upaya yang dilakukan penerima PKH.

Kata kunci: Implementasi, Program Keluarga Harapan, Pendidikan

 

 

Abstract

The aims of this study were 1) to explain the implementation of the family hope program in the field of education in Langkumpo Village, Napabalano District, Muna Regency, 2) to describe the obstacles in implementing the family hope program in Langkumapo Village, and 3) to describe the efforts made in overcoming obstacles to program implementation family of hope in the field of education in Langkumapo Village. This research method used a qualitative descriptive approach and the research subjects consisted of 23 people. The results showed that the implementation of PKH in Langkumapo Village's education sector was seen from the six variables of successful implementation, namely, first, standards and policy objectives. Second, resources. Third, the communication of implementing organizations. Fourth, the characteristics of implementing agents. Fifth, the attitude of the executors, and Sixth, the social, economic, and political environment has been well implemented. Obstacles to the implementation of PKH in the education sector, namely, 1) administrative constraints, 2) traffic jams in the distribution of aid funds, and 3) social jealousy. While the efforts made are; the efforts made by the government and the efforts made by PKH beneficiaries.

Keywords: Implementation, Hope Family Program, Education

References

DAFTAR PUSTAKA

Achmad, Y. R., Dwi, A. P., & Nur, N. (2021). Evaluasi Program Keluarga Harapan (PKH) Di Kecamatan Tanjung Pinang Timur Kota TanjungPinang. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2(1), 171–180.

Angkasa, G. D., & Prabawati, I. (2013). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Bidang Pendidikan Di Desa Kedungrojo Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Handayani, N. P. (2021). Implementasi Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Kelurahan Tanjung Pinang Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi. http://repository.uinjambi.ac.id/6838/1/501171696 Implementasi Program Keluarga Harapan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Tanjung Pinang Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi – lampiran fulltext.pdf

Isnaini, K. K., & Noor, I. S. (2019). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Menanggulangi Kemiskinan Di Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2(4), 709–714.

Jannah, N., Muda, I., & Jamil, B. (2020). Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH) di Bidang Pendidikan (Studi Kasus di Kelurahan Kota Matsum IV Kecamatan Medan Area) Implementation of Education Family Pogram (PKH) Policy in The Field of Education (Case Study in the Urban Village of . Jurnal Ilmiah Administrasi Publik Dan Pemerintahan (JIAAP), 1(1), 8–15. https://doi.org/10.31289/jiaap.v1i1.774

Kasana, R. I., Herman, M., & Fibriyanita, F. (2020). Implementasi Program Keluarga Harapan (Pkh) Sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Kelurahan Loktabat Selatan. Jurnal Universitas Islam Kalimantan, 1–9.

Museliza, V., Afrizal, A., & Eliza, R. (2020). Pengaruh Program Keluarga Harapan (Pkh) Terhadap Kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat Di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 2(1), 118–127. https://doi.org/10.24036/jmiap.v2i1.116

Norliani, J., & Hayati, R. (2020). Implementasi Program Keluarga Harapan Pada Bidang Pendidikan Di Desa Bongkang Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong. Jurnal JAPB, 3(2).

Norsanti, A. M. (2020). ). Aspek-Aspek Dalam Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dikecamatan Kelua Kabupaten Tabalog (Studi Kasus Pada Desa Binturu Dan Desa Masintan). Jurnal Al Lidra Balad, 2(1).

Putra, Z., & Suriaman, S. (2022). Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Dikalangan Generasi Muda Guna Menghadapi Ancaman Radikalisme di Era Globalisasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa (JPMF), 1(2), 93–100.

Roqi, Y. (2021). Kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Banyumas. IAIN Purwokerto.

Shofi, M., & Rusmiwari, S. (2019). Proses Pelayanan E-Ktp Dalam Usaha Tertib Administrasi Kependudukan Implementasi Program Keluarga Harapan (Pkh) Dalam Pengentasan Kemiskinan Bidang Pendidikan ( Studi Di Desa Sumberejo Kecamatan Batu Kota Batu). JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(1), 116. www.publikasi.unitri.ac.id

Suriaman, S., Ramly, A., Rachman, F., Sukmawati, S., Yawan, H., & Haris, I. N. (2022). Model Blended Learning: Cross-Sectional Efektivitas di Masa Post-Pandemi Covid-19. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3248–3260. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3321

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional

Undang-Undang No. 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial

Undang-Undang No. 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin

Peraturan Pemerintah No. 39 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial

Peraturan Presiden No. 46 tahun 2015 tentang Kementrian Sosial

Peraturan Presiden No. 63 tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai

Peraturan Menteri Sosial No. 10 tahun 2015 tentang Mekanisme Penggunaan Data Terpadu Program Penaggulangan Fakir Miskin.

Downloads

Published

2022-12-15