Pengembangan Media Kuis Interaktif Berbasis Wondershare Quiz Creator di MA Ma’arif 7 Sunan Drajat Kabupaten Lamongan

Authors

  • M. Syaeful Anam Universitas Palangka Raya
  • Joko Sayono Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4803

Abstract

Abstrak

Pembelajaran sejarah di MA Ma’arif 7 Banjarwati Kabupaten Lamongan diajarkan dengan gaya konvensional. MA Ma’arif 7 Banjarwati Kabupaten Lamongan bahwa fasilitas internet dan komputerisasi di sekolah sudah memadai tetapi belum maksimal didayagunakan dalam pembelajaran sejarah. Beberapa alasan disampaikan oleh guru matapelajaran sejarah diantaranya penggunaan media itu menyulitkan, media itu hanya untuk hiburan. Salah satu strategi mengatasi itu adalah penggunaan media yang dapat menunjang proses pembelajaran, diantaranya media yang berbentuk aplikasi kuis interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang digunakan sesuai dengan tujuan penelitian yang telah ditentukan. Model penelitian ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji efektivitas sebuah produk. Berdasarkan hasil uji validasi materi oleh ahli materi, menunjukkan tingkat kevalidan materi mendapatkan persentase sebesar 87,5%. Menurut kriteria kevalidan materi, materi yang digunakan dalam pengembangan kuis interaktif berbasis wondershare quiz creator dapat disimpulkan sangat valid. Berdasarkan hasil uji validasi media oleh ahli media, menunjukkan tingkat kevalidan media mendapatkan persentase sebesar 95%. Menurut kriteria kevalidan media, media yang digunakan sangat valid. Sedangkan, berdasarkan perhitungan rekapitulasi uji coba produk kelompok kecil atau terbatas, mendapatkan persentase sebesar 82,6%. Kesimpulannya, produk yang dikembangkan telah layak untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran sejarah.

Kata Kunci: Pengembangan Kuis Interaktif, Wondershare Quiz Creator, Learning History

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, A. (2004). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dimyati, M. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Dikti.

Hasan, H. (2011). Problematika Pendidikan Sejarah. Handbook Pendidikan Sejarah. Bandung: FPIPS UPI.

Prensky, M. (2001). Digital Natives, Digital Immigrant. On the Horizon. (MCB University Press) Vol. 9 (5).

Rolisca, R. U.C & Achadiyah, B. N. (2004). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Dalam Bentuk Online Berbasis E-Learning Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator Dalam Matapelajaran Akuntansi SMA Brawijaya Smart School (BSS), Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XII, No. 1.

Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Walter, W.D. (2006). Online Testing Research: Informing And Guiding Transitions To Computerized, (www.pearsonassessments.com/NR/Online Test Research.wp0601.pdf), diakses 05 Agustus 2021.

Zakariya, M.A. (2015). Pengembangan Alat Evaluasi Dalam Bentuk Program Quiz Creator Dalam Pembelajaran PPKn Kelas VIII SMP di SMPN 20 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIS UM.

Downloads

Published

2022-12-01