Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Handphone Vivo di Yogyakarta

Authors

  • Azam Fajrul Faizy niversitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Muinah Fadhilah niversitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Nonik Kusuma Ningrum niversitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4857

Abstract

Abstract

The growth in cellular usage is very rapid, and of course, this is an opportunity for smartphone or smart cellular business people. Smartphone or smart cellphone manufacturers are required to continue to innovate and develop their products so that they are in demand by the public. This study aims to determine the effect of brand image, brand trust, and product design on purchasing decisions among Vivo cellphone consumers in the city of Yogyakarta. A sample of 100 respondents was taken using a purposive sampling technique. Data were collected by questionnaire as a data collection method. The data analysis techniques used are quantitative descriptive analysis, prerequisite analysis test, multiple linear regression analysis, hypothesis testing, and coefficient of determination. The results of this study are: Brand image, brand trust, and product design both partially and simultaneously have a positive and significant effect on purchase decisions for Vivo Mobile consumers in Yogyakarta City..

Keywords: Brand Image, Brand Trust, Product Design, Purchase Decision.

 

Abstrak

Pertumbuhan penggunaan seluler sangat pesat, tentunya menjadi peluang bagi pelaku bisnis Smartphone atau seluler pintar. Produsen Smartphone atau seluler pintar dituntut untuk terus berinovasi dan mengembangkan produknya, sehingga diminati oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek serta Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Handphone Vivo di Kota Yogyakarta.Sampel diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner sebagai metode pengambilan data. Teknik Analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kuantitaif, Uji Prasyarat Analisis, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Hipotesis, dan Koefisien Determinasi. Hasil dari penelitian ini adalah : Citra Merek, Kepercayaan Merek serta Desain Produk baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Handphone Vivo di Kota Yogyakarta

Kata Kunci: Citra Merek, Kepercayaan Merek, Desain Produk, Keputusan Pembelian. Handphone

References

DAFTAR PUSTAKA

Anselmsson, J., Bondesson, N. V., & Johansson, U. (2014). Brand image and customers’ willingness to pay a price premium for food brands. Journal of Product & Brand Management, 23(2), 90–102.

Binsar Simarmata, S. M. (2016). Pengaruh Citra Merek Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Vivo Pada Mahasiswa STIE ITMI. Jurnal Ilmiah" Integritas, 2(1).

Budiyanto, A., & Sari, R. N. (2016). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Iphone. Jurnal ESENSI, 19(3).

Chinomona, R. (2016). Brand communication, brand image and brand trust as antecedents of brand loyalty in Gauteng Province of South Africa. African Journal of Economic and Management Studies.

Clow, K. E. (2013). Integrated advertising, promotion and marketing communications, 4/e. Pearson Education India.

Doni, F., Sutardjo, A., & Firdaus, T. R. (2021). Pengaruh Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Oppo. Matua Jurnal, 3(4), 716–729.

Fadhilah, M., Hutami, L. T. H., & Wadi, M. H. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Specs (Studi Kasus Pada Konsumen Sepatu Specs Di Kota Lombok Timur). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 6(1), 172–181.

Fadhilah, M., & Ningrum, N. K. (2022). Meningkatkan Keputusan Pembelian Melalui Iklan Media Sosial, Word Of Mouth Dan Citra Merk (Studi Kasus Pada Café Sembari Coffee, Sleman). Mandar: Management Development and Applied Research Journal, 5(1), 159–161.

Fadhilah, M., Susanto, S., & Fatmaningrum, F. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), 176–188.

Fadhillah, M., Cahya, A. D., & Andrian, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Green Product dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Kerajinan Gerabah Kasongan. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), 559–574.

Fadillah, A., & Tifani, N. (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada pengguna iPhone di Kota Bogor). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 6(1), 9–16.

Hanaysha, J. R. (2018). An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review.

Hsiao, K. (2013). Android smartphone adoption and intention to pay for mobile internet: Perspectives from software, hardware, design, and value. Library Hi Tech.

Lassoued, R., & Hobbs, J. E. (2015). Consumer confidence in credence attributes: The role of brand trust. Food Policy, 52, 99–107.

Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 5(2).

Ningrum, N. K., Listyaningrum, V. H., & Lukitaningsih, A. (2023). Pengaruh Citra Merek, Nilai Utilitarian, Electronic Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan terhadap Niat Beli Konsumen Miniso Ambarukmo Plaza Yogyakarta. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(4), 1555–1566.

Rampl, L. V., & Kenning, P. (2014). Employer brand trust and affect: Linking brand personality to employer brand attractiveness. European Journal of Marketing.

Reven, D., & Ferdinand, A. T. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 152–164.

Rindell, A., & Iglesias, O. (2014). Context and time in brand image constructions. Journal of Organizational Change Management.

Salem, M. Z. (2018). Effects of perfume packaging on Basque female consumers purchase decision in Spain. Management Decision, 56(8), 1748–1768. https://doi.org/10.1108/MD-04-2017-0363

Schiffman, L., O’Cass, A., Paladino, A., & Carlson, J. (2013). Consumer behaviour. Pearson Higher Education AU.

Sugiono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.

Wirapraja, A., Sudarso, A., Mardia, M., Tojiri, M. Y., Simarmata, H. M. P., Sulasih, S., Permadi, L. A., Purba, B., Tjiptadi, D. D., & Lie, D. (2021). Manajemen Pemasaran Perusahaan. Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

2023-05-22

Issue

Section

Articles