Analisis Strategi Digital Fundraising Zakat Dalam Meningkatkan Jumlah Muzakki Studi pada Lazismu Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4979Abstract
Abstrak
Penelitian ini menganalisis strategi digital fundraising dalam meningkatan penghimpunan zakat di Lazismu Wilayah DIY. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui strategi digital fundraising zakat yang digunakan Lazismu Wilayah DIY dalam mendukung penghimpunan dana zakat dan untuk merumuskan strategi digital fundraising pada Lazismu Wilayah DIY. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan metode pengambilan data wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi digital fundraising zakat yang digunakan oleh Lazismu Wilayah DIY memiliki dua metode, yaitu secara organik dan berbayar. Strategi fundraising digital, baik organik maupun berbayar, mengarahkan muzaki atau donatur ke media pembayaran langsung yaitu platform crowdfunding. Pada faktor pendorong strategi digital fundraising zakat yaitu adanya legalitas lembaga, program yang jelas, pemberdayaan mustahik, dan program lainnya yang dapat menarik muzzaki menyalurkan donasi ke Lazismu Wilayah DIY. Sedangkan faktor penghambat strategi digital fundraising zakat adalah pengetahuan tentang zakat masih kurang dan SDM yang belum optimal.
Kata Kunci: Digital Fundraing, Zakat, Muzakki
References
DAFTAR PUSTAKA
Al-Qardhawi. 1999. Pedoman Bernegara Dalam Perspektif Islam, Jakarta : Pustaka Al-Kautsar.
Baznas. 2020. Statistik Zakat Nasional 2019. Jakarta, Indonesia: BAZNAS-Sub Divisi Pelaporan.
Baznas. 2022. Outlook Zakat Indonesia 2022. Jakarta, Indonesia: BAZNAS-Sub Divisi Pelaporan.
Fauzia, A. S., Mulatsih, S., Alexandi, F. 2021. Mapping the Potential of Zakat Collection Digitally in Indonesia. International Journal of Zakat, 6(3), 1-22.
Maisyiah, Rahman, M. 2022. Peran Digital Marketing dan Digital Fundraising dalam Peningkatan Minat Masyarakat Membayar Zakat, Infak dan Sedekah di Baznas Kabupaten Sumenep. Journal of Islamic Economics, 1(1), 54-69.
Meleong, J. Lexy. 2019. Metode Penelitian Kualitiatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyono, S. H., Ayuniyyah, Q., Ibdalsyah. 2022. Strategi Digital Fundraising Dalam Penghimpunan Dana Zakat : Studi Kasus Lembaga Amil Zakat Global Zakat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 67-79.
Nasution. 2021. Pemanfaatan Digital Fundraing Dalam Meningkatkan Penghimpunan Zakat Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, 5(1), 55-74.
Ningrum, G. H., Firnanda, R. D., Purnamasari, W., Huda, B. 2021. Optimasisasi Peluang Media Digital: Strategi Meningkatkan Fundraising Zakat di Lembaga Taman Zakat Indonesia.
Nugroho, T. A., Ahmad, N. A., Wijoyo, W. Analisis Strategi Fundraising Zakat Dalam Menningkatkan Jumlah Muzakki Studi Pada LAZ BaitulMaalKu Kabupaten Karawang. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6(1), 77- 84.
Santoso, R. I. 2019. Strategy For Optimizing Zakat Digitalization in Alleviation Poverty in Era Industrial Revolution 4.0. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(1), 35-52.
Saputro, H., Sukmana. R. Pemilihan Aktivitas Fundraising Zakat Organisasi Pengelola Zakat Di Jawa Timur Menggunakan Analystic Network Process. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 7(3), 460-471.
Soleh, M. 2020. Zakat Fundraising Strategy: Opportunities and Challenges in Digital Era. Journal of Nahdlatul Ulama Studies, 1(1), 1-16.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Zetira, A., Fatwa. N. 2021. Optimalisasi Penghimpunan Zakat Digital Di Masa Pandemi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 228-237.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Astuti Nur Rahmawati, Arif Sapta Yuniarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.