Analisis Strategi Digital Fundraising Zakat Dalam Meningkatkan Jumlah Muzakki Studi pada Lazismu Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta

Authors

  • Astuti Nur Rahmawati Universitas Ahmad Dahlan
  • Arif Sapta Yuniarto Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4979

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menganalisis strategi digital fundraising dalam meningkatan penghimpunan zakat di Lazismu Wilayah DIY. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui strategi digital fundraising zakat yang digunakan Lazismu Wilayah DIY dalam mendukung penghimpunan dana zakat dan untuk merumuskan strategi digital fundraising pada Lazismu Wilayah DIY. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan metode pengambilan data wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi digital fundraising zakat yang digunakan oleh Lazismu Wilayah DIY memiliki dua metode, yaitu secara organik dan berbayar. Strategi fundraising digital, baik organik maupun berbayar, mengarahkan muzaki atau donatur ke media pembayaran langsung yaitu platform crowdfunding. Pada faktor pendorong strategi digital fundraising zakat yaitu adanya legalitas lembaga, program yang jelas, pemberdayaan mustahik, dan program lainnya yang dapat menarik muzzaki menyalurkan donasi ke Lazismu Wilayah DIY. Sedangkan faktor penghambat strategi digital fundraising zakat adalah pengetahuan tentang zakat masih kurang dan SDM yang belum optimal.

Kata Kunci: Digital Fundraing, Zakat, Muzakki

References

DAFTAR PUSTAKA

Al-Qardhawi. 1999. Pedoman Bernegara Dalam Perspektif Islam, Jakarta : Pustaka Al-Kautsar.

Baznas. 2020. Statistik Zakat Nasional 2019. Jakarta, Indonesia: BAZNAS-Sub Divisi Pelaporan.

Baznas. 2022. Outlook Zakat Indonesia 2022. Jakarta, Indonesia: BAZNAS-Sub Divisi Pelaporan.

Fauzia, A. S., Mulatsih, S., Alexandi, F. 2021. Mapping the Potential of Zakat Collection Digitally in Indonesia. International Journal of Zakat, 6(3), 1-22.

Maisyiah, Rahman, M. 2022. Peran Digital Marketing dan Digital Fundraising dalam Peningkatan Minat Masyarakat Membayar Zakat, Infak dan Sedekah di Baznas Kabupaten Sumenep. Journal of Islamic Economics, 1(1), 54-69.

Meleong, J. Lexy. 2019. Metode Penelitian Kualitiatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyono, S. H., Ayuniyyah, Q., Ibdalsyah. 2022. Strategi Digital Fundraising Dalam Penghimpunan Dana Zakat : Studi Kasus Lembaga Amil Zakat Global Zakat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 67-79.

Nasution. 2021. Pemanfaatan Digital Fundraing Dalam Meningkatkan Penghimpunan Zakat Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, 5(1), 55-74.

Ningrum, G. H., Firnanda, R. D., Purnamasari, W., Huda, B. 2021. Optimasisasi Peluang Media Digital: Strategi Meningkatkan Fundraising Zakat di Lembaga Taman Zakat Indonesia.

Nugroho, T. A., Ahmad, N. A., Wijoyo, W. Analisis Strategi Fundraising Zakat Dalam Menningkatkan Jumlah Muzakki Studi Pada LAZ BaitulMaalKu Kabupaten Karawang. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6(1), 77- 84.

Santoso, R. I. 2019. Strategy For Optimizing Zakat Digitalization in Alleviation Poverty in Era Industrial Revolution 4.0. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(1), 35-52.

Saputro, H., Sukmana. R. Pemilihan Aktivitas Fundraising Zakat Organisasi Pengelola Zakat Di Jawa Timur Menggunakan Analystic Network Process. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 7(3), 460-471.

Soleh, M. 2020. Zakat Fundraising Strategy: Opportunities and Challenges in Digital Era. Journal of Nahdlatul Ulama Studies, 1(1), 1-16.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Zetira, A., Fatwa. N. 2021. Optimalisasi Penghimpunan Zakat Digital Di Masa Pandemi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 228-237.

Downloads

Published

2023-06-13

Issue

Section

Articles