Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Imam Pujo Prasetyo Adi Universitas Kristen Satya Wacana
  • Henny Dewi Koeswanti Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4982

Abstract

Abstract

This study aims to determine the influence of the use of Realistic Mathematics Education models and modelsProblem Based Learning (PBL) on Mathematics learning outcomes in fifth grade students. This research uses the methodas if experimentalwith experimental designPost-test Only Control Group Design. Data collection using test techniques. The results show that there is an effect of using the Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) model and modelsProblem Based Learning (PBL) on Mathematics learning outcomes in class V students with an average scorePost-Test The PMR experiment was 84.07 with a standard deviation of 8.375 and a maximum value of 97 and a minimum of 70. As for the average value of the Post-Test Experiment PBL was 75.67 with a standard deviation of 9.389 and a maximum value of 93 and a minimum value of 53. Then the results were obtained independent sample t-test test which produces a sig value. (2-tailed) of 0.001 <0.05, which means there is a significant difference.

Keywords: Realistic Mathematics Learning Model (PMR), Learning Model, Problem Based Learning (PBL), Mathematics Learning Outcomes

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model Pendidikan Matematika Realistik dan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Matematika pada peserta didik kelas V. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain eksperimen Post-test Only Control Group Design. Pengumpulan data menggunakan teknik test. Hasil menunjukan terdapat pengaruh penggunaan model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Matematika pada peserta didik kelas V dengan nilai rata-rata Post-Test Eksperimen PMR adalah 84,07 dengan standar deviasi 8,375 serta nilai maksimum 97 dan minimum 70. Sedangkan untuk nilai rata-rata Post-Test Eksperimen PBL adalah 75,67 dengan standar deviasi 9,389 serta nilai maksimum 93 dan nilai minimum 53. Kemudian didapatkan pula hasil uji independent sample t-test yang menghasilkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Matematika

References

DAFTAR PUSTAKA

Ade Nandang Mustafa, 2014 Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Self-Efficacy dalam Pembelajaran Matematika Melalui Discovery Learning Universitas Pendidikan Indonesia

Afrianti. Dkk. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 12 Konawe Selatan. Kulidawa Jurnal Vol. 1 No. 1

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Percetakan PT Kharisma Putra Utama

Azmi, Nizar Asfarul. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD/MI. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Dahlan, Akmal. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Ketertarikan Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1

Depdiknas. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Buku 3 Panduan Monitoring dan Evaluasi . Jakarta : Dirjen Dikdasmen

Destiana Vidya Prastiwi. 2011. Hubungan Antara Konsentrasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI SD Sekecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: UNY

Gunur, Bedilius. Ardana, I Made. 2016. Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pengendalian Kemampuan Numerik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 1

Haryono, Muhammad. 2018. Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keyakinan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara Vol. 1 No. 1

Hidayah, Nurul. Ahmad, Syafri. 2020. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Pembelajaran SD Vol. 8 No. 4

Ihsan, Fadhlul. Ahmad, Syafri. 2021. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Berpenyebut Berbeda Di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies Vol. 4 No. 2

Khotimah, Sita Husnul. As’ad, Muhammad. 2020. Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia Vol. 5 No. 1

Mira, dkk. 2021. Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa Vol. 9 No. 2

Nurmalita, Rahmaudina Andin. Hardjono, Nyoto. 2020. Efektivitas Penggunaan Model Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 2 No. 1

Pitaloka, Yuinan Dyah. Susilo, Bambang Eko. Mulyono. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. UNNES Journal of Mathematics Education Vol. 1 No. 2

Pradipta, Arini. Dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia

Rahmah, Putri R. Zainil, Melva. 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Perbandingan Dua Besaran Berbeda Di Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies Vol. 4 No. 1

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Fan R&D). Bandung: Alfabeta.

Yusimarliah, Elis. 2015. Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1

Downloads

Published

2023-06-14

Issue

Section

Articles