Pengaruh Game Online Terhadap Kemampuan Komunikasi

Authors

  • Putri Hasna Suherdi Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.5091

Abstract

Abstrak

Perkembangan teknologi di zaman sekarang semakin berkembang dan banyak perubahan teknologi salah satunya game online sehingga membuat remaja yang kemampuan berkomunikasinya menjadi tidak baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor kemampuan berkomunikasi yang buruk pada remaja. Jenis penelitian ini digunakan oleh penulis adalah penelitian yang menggunakan yaitu metode kuantitatif pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penilaian berupa observasi titik observasi merupakan teknik pengumpulan data melalui pengamatan langsung maupun tidak langsung dan dibantu alat observasi. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa variabel X (game online) dan variabel Y (kemampuan berkomunikasi) yaitu 14,3 < 16,3 yang berarti bahwa game online berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi para remaja. Mereka (para remaja) sering berbicara kasar pada siapapun.

Kata Kunci: Kemampuan Berkomunikasi, Game Online, Remaja

References

DAFTAR PUSTAKA

Adam, M. F., & Rahman, A. (2023). Dampak Game Online Bagi Pelajar Impact of online game for students. 3(2), 402–406.

Affandi, M. (2013). Pengaruh Game Online Terhadap Tingkat Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pada Kalangan Pelajar Kelas 5 Sdn 009 Samarinda. EJournal Llmu Komunikasi, 1(4), 178.

Ahmad Fajar Giandi, Mustikasari.e, F., & Arifin, H. S. (2012). Perilaku Komunikasi Pecandu Game Online dengan Menggunakan Game Online. EJurnal Mahasiswa Universitas Padjadjaran, 1(1), 17. http://jurnal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/901

Asmiati, L., Pratiwi, I. A., & Fardhani, M. A. (2021). Dampak Penggunaan Game Online terhadap Kemampuan Berkomunikasi Anak. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 8(1), 37–45.

Evanne, L., Adli, A., & Ngalimun, N. (2021). Dampak Game Online terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Selatan. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 55. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v8i1.4158

Firdaus, Angga; Hidayati, E. (2018). Analyze the Relationship of the Level of Knowledge and Attitude Towards the Use of Drugs in Teens in School Mengah Top in Semarang City. Jurnal Keperawatan, 6(1), 1–7.

Ismi, N., & Akmal, A. (2020). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.304

Putri, N. W. M., Hamiyati, & Doriza, S. (2020). Dampak game online: Studi fenomena perilaku trash-talk pada remaja. Jurnal Psikologi Malahayati, 2(2), 72–85.

Qomario, Q. (2018). Pengaruh Hypnoteaching Dalam Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2808

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung : Alfabeta. https://doi.org/10.1039/c2jm34066f

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta). 99.

Downloads

Published

2023-07-02

Issue

Section

Articles