Pengaruh Harga, Lokasi dan Word of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Ke Kampung Cibarengkok

Authors

  • Dian Meliantari Universitas Dian Nusantara
  • Ari Apriani Universitas Dian Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v7i2.5364

Abstract

Abstract

Cibarangkok River Culinary Village is located in Cipeucang village, Cileungsi district, Bogor Regency. Tourist destinations that utilize river water flow as water tourism as well as to maintain the cleanliness of the river from garbage and maintain environmental sustainability. With the concept of inviting the surrounding community to participate in it, it is hoped that it can increase income for residents who manage culinary there. But not necessarily this tourist spot is visited by many people. So the way to make tourists come is accompanied by a fairly cheap entrance fee. The place is easy to find and close to the main highway adds positive value to this tourist spot. This research is to see and observe the influence of price, location and word of mouth on the intention to come to Cibarengkok Village. Using quantitative methods with a sample of 80 people through questionnaires. Results were processed by multiple linear regression using the SPSS 26 application. As a result, individual prices have no real impact on the intention to come to Cibarengkok village. While the Tourism Location and Word of Mouth results have a very real effect on the intention to visit Cibarengkok Village. Simultaneously, price, location and word of mouth have a real effect on the interest in visiting Cibarengkok village.

Keywords: Creative Economy, Green Economy, Cibarengkok Village, Post-Pandemic

 

Abstrak

Kampung Kuliner Kali Cibarangkok berada di desa Cipeucang kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor. Destinasi wisata yang memanfaatkan aliran air sungai sebagai wisata air sekaligus untuk menjaga kebersihan sungai dari sampah serta menjaga kelestarian lingkungan. Dengan konsep mengajak masyarakat sekitar untuk turut berpartisipasi di dalamnya diharapkan dapat menambah penghasilan bagi warga yang mengelola kuliner di sana. Tetapi tidak serta merta tempat wisata ini banyak dikunjungi orang. Maka jalan untuk membuat wisatawan datang adalah diimingi dengan biaya tiket masuk yang cukup murah. Tempatnya mudah ditemui dan dekat dengan jalan raya utama menambah nilai positip bagi tempat wisata ini. Riset ini untuk melihat dan mengamati pengaruh harga, lokasi dan word of mouth pada niat datang ke Kampung Cibarengkok. Menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 80 orang melalui pemberian kuesioner. Hasil diolah dengan regresi linier berganda memakai aplikasi SPSS 26. Hasilnya, Harga secara individu tidak berdampak nyata terhadap niat datang ke kampung Cibarengkok. Sedang Lokasi Wisata dan Word of Mouth hasilnya berpengaruh sangat nyata terhadap niat mengunjungi Kampung Cibarengkok. Secara simultan harga, lokasi dan word of mouth berpengaruh nyata pada minat berkunjung ke kampung Cibarengkok.

Kata Kunci: Ekonomi Kreatif, Ekonomi Hijau, Kampung Cibarengkok, Pasca Pandemi

References

DAFTAR PUSTAKA

Auliya, Z. F. et al. (2019). The Influence of Electronic Word of Mouth (E-WOM) And Travel Motivation toward the Interest in Visiting Lombok, Gender as a Mediator. Inferensi.Iainsalatiga.Ac.Id, 13(12).

Darma, B. (2022). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Guepedia.

Dilla, et al. (2021). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Citra Destinasi terhadap Minat Berkunjung (Studi Kasus Ladaya Kutai Kartanegara). JEMI, 21(2).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Pustaka Ilmu.

Junaida, E. (2019). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Wisata Berkunjung ke Taman Hutan Kota di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 146–155. https://doi.org/doi.org/10.33059/jseb.v10i2.1317

Kemenparekrafgoid. (n.d.). No Title.

Kompas, L. (2021). Inovasi Daerah: Desa Berjaya Kelola Ekowisata. Penerbit Buku Kompas.

Kotler, P. & K. (2016). Marketing Management. Pearson Education Limited.

Nuraini, F., & Novitaningtyas, I. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Mie Gacoan Cabang Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 3(2), 50–57. https://doi.org/Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM

Ovan & Saputra. (2020). Cami: Aplikasi Uji Validitas dan Reabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia.

Purnama, N., & Marlena, N. (2022). Pengaruh E_WOM dan Harga Terhadap Niat Berkunjung Kembali Pada Gunung Semeru. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN, 10, 1.

Rakhmawati, A. (2019). Pengaruh EWOM dan Viral Marketing Terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung. Jurnal Sketsa Bisnis, 6(1).

Rifansyah, M., & Sihombing, D. (2022). engaruh Fasilitas, Lokasi dan Daya Tarik Wisata terhadap Keputusan Berkunjung Agrowisata Sawah Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Urnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(3). https://doi.org/doi.org/10.55927/ministal.v1i3.1149

Roselie, L., et al. (2022). Pengaruh Promosi di Media Sosial dan EWOM Terhadap Minat Kunjungan ke Telaga Biru Cicerem, Jawa Barat. Jurnal Bisnis Hospitality, 11(2).

Rumaningsih, M. et al. (2022). Peningkatan Minat dan Keputusan untuk Berkunjung Melalui Komunikasi EWOM pada Pengunjung Wisata Budaya di Kota Solo. JEE (Jurnal Ekonomi Efektif, 4(4).

Sari, P.E., et al. (2021). Pengaruh EWOM Media Sosial Instagram, Atribut Produk Wisata dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Kota Padang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 23(2).

Setiadi, B. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Fasilitas Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Studi pada Objek Wisata Pantai Tiga Warna di Kabupaten Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 6(1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Penerbit Alfabeta.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Andi Offset.

Uno, S. (2021). Kemenparekraf Gandeng Kemendes PDTT Bangun Desa Wisata. https://www.beritasatu.com

Yuliani & Suharto. (2022). Pengaruh EWOM di Instagram Terhadap Minat Berkunjung dan Dampaknya Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Yogyakarta (Studi Kasus pada Akun @exploreryogya). Jurnal of Tourism and Economic, 5(2).

Downloads

Published

2023-09-21