Penerapan Nilai-Nilai Pancasila pada Mahasiswa di Era Digital Sebagai Generasi Penerus Bangsa

Authors

  • Subakdi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v7i2.5365

Abstract

Abstrak

Pancasila merupakan dasar negara bangsa Indonesia yang telah ada sejak zaman dahulu dan didirikan oleh para pendiri bangsa Indonesia. Pancasila harus melekat pada bangsa Indonesia karena di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang didalamnya terkandung nilai-nilai positif dan harus dibawa oleh masyarakat. Pancasila adalah panduan menuju kewarganegaraan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan penerapan nilai-nilai Pancasila bagi mahasiswa di era digital. Pancasila di era digital khususnya di kalangan pelajar yang terkena imbas globalisasi. Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa harus memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai pancasila yang dipelajari baik di perkuliahan maupun di tahap awal. Metodologi yang digunakan adalah metodologi kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan. Tulisan ini didasarkan pada hilangnya nilai-nilai pancasila dalam kehidupan mahasiswa, penyebab hilangnya nilai-nilai pancasila dalam kehidupan, dan akibat dari hilangnya nilai-nilai pancasila dalam kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyadarkan mahasiswa bahwa penerapan nilai-nilai Pancasila dan kewarganegaraan sangat penting dalam kehidupan mahasiswa, terutama di era digital.

Kata kunci: Agen Perubahan, Era Digital, dan Kontrol Sosial.

 

Abstract

Pancasila is the foundation of the Indonesian state that has existed since ancient times and was established by the founders of the Indonesian nation. Pancasila must be attached to the Indonesian nation because Pancasila contains noble values that contain positive values and must be carried by the community. Pancasila is a guide to good citizenship. This research aims to find the application of Pancasila values for students in the digital era. Pancasila in the digital era especially among students who are affected by globalization. Students as the next generation of the nation must understand and implement the values of Pancasila learned both in lectures and in the early stages. The methodology used is a qualitative methodology where data collection is done through literature studies. This paper is based on the loss of Pancasila values in student life, the causes of the loss of Pancasila values in life, and the consequences of the loss of Pancasila values in life. The purpose of this study is to make students aware that the application of Pancasila and citizenship values is very important in student life, especially in the digital era.

Keywords: Agents of Change, Digital Age, and Social Control.

References

DAFTAR PUSTAKA

B. Arief Sidharta, “Kajian Kefilsafatan tentang Negara Hukum”, Jurnal Hukum Jentera Edisi 3 Tahun II November 2004

Daniel Hutagalung, “Menapaki Jejak Pemikiran Soepomo tentang Negara Indonesia”, Jurnal Hukum Jentera Edisi 10 Tahun III Oktober 2005

Faza Alfansuri, Mahasiswa Sebagai Social Control Diera Millenial, https://kumparan.com/faza-alfansuri/mahasiswa-sebagai-social-control-diera-millenial-1535601175730784307

Fitriani, Yuni, et al. "Penerapan literasi digital dalam aktivitas pembelajaran daring mahasiswa." JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research) 6.2 (2022)

Hafizd, Jefik Zulfikar. "Implementasi Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Melalui Karya Tulis Ilmiah." Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4.2 (2022)

Handriani, Dezara Judithia. (2019). ProsesAdaptasi Ikatan Mahasiswa Fakfak Di Kota Bandung. Universitas KomputerIndonesia: Disertasi Doktoral.

Handriani, Dezara Judithia. Proses Adaptasi Ikatan Mahasiswa Fakfak Di Kota Bandung. Diss. Universitas Komputer Indonesia, 2019.

Marjanne TermorshuizenArt, “The Concept Rule of Law”, Jurnal Hukum Jentera Edisi 3 Tahun II November 2004

Prayitno, Kuat Puji. "Pancasila sebagai" Screening Board" dalam Membangun Hukum di Tengah Arus Globalisasi Dunia yang Multidimensional." Jurnal Dinamika Hukum 11 2011

Purba, Suhendro A., and F. X. Marmidi. "Merevitalisasi Masyarakat Multikultur Indonesia dalam Pengenalan Filsafat Nusantara." RAJAWALI 2021

Rifqi dharma, Era Digital: Pengertian, Kelebihan dan Dampak dari Adanya Era Digital, https://accurate.id/teknologi/era-digital/

Sa’aadah, Salwa Siti, and Dinie Anggraeni Dewi. "Implementasi Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Bagi Generasi Milenial." Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial 2.5 (2022)

Safitri, A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Pedoman Generasi Milenial dalam Bersikap di Media Sosial. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 78-87. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1301

Sakinah, Regina Nurul, and Dinie Anggraeni Dewi. "Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Para Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Revolusi Industrial 4.0." Jurnal Kewarganegaraan 5.1 (2021)

Sulaiman, Asep. "Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan." Bandung: CV. Arfino Raya (2015).

Tristam Pascal Moeliono, “Negara Hukum Indonesia: Antara Gagasan dan Kenyataan”, Jurnal Hukum Pro Justitia Vol. 26 No. 3 Juli 2008 FH Unpar Bandung

Yanti, Maya Primeradama, and Nurul Retno Nurwulan. "Pengaruh pembelajaran daring pada depresi, stres, dan kecemasan mahasiswa." Jurnal Muara Pendidikan 6.1 2021

Yusuf Abdhul, Peran Mahasiswa Sebagai Agent of Change dan Contoh Aksi Nyata https://deepublishstore.com/blog/contoh-nyata-mahasiswa-sebagai-agen-perubahan/

Downloads

Published

2023-09-21