Peran Kampung Pancasila Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Toleransi Di RW 03 Kelurahan Siwalan Kecamatan Gayamsari Kota Semarang

Authors

  • Emillia Widiasari Universitas PGRI Semarang
  • Suwarno Widodo Universitas PGRI Semarang
  • Rosalina Ginting Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v7i2.5488

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kampung Pancasila dalam meningkatkan sikap toleransi masyarakat Kelurahan Siwalan Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah Pengurus kampung Pancasila dan warga masyarakat kampung Pancasila Kelurahan Siwalan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, draft wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Kampung Pancasila diharapkan mampu menjadi media untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan masyarakat. Kampung Pancasila juga dapat menjadi media Pendidikan masyarakat berwawasan kebangsaan, berbagai kegiatan kampung Pancasila diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan melafalkan teks, dan kehidupan toleransi masyarakat Kelurahan Siwalan mengalami perubahan sejak adanya kampung Pancasila hal tersebut terbukti semakin guyub rukunnya masyarakat dan kebersamaan dalam setiap kegiatan yang ada, dan juga sikap saling menghormati, menghormati, saling menerima sudah tercermin dari warga masyarakat di Kampung Pancasila Kelurahan Siwalan.

Kata Kunci: Peran, Kampung Pancasila, Toleransi

 

References

Afkari, G, S. (2020). Model Nilai Toleransi Beragama Dalam Proses Pembelajaran Di SMAN 8 Kota Batam. Pekanbaru: Yayasan Salman.

Damanhuri., Hardika, W., Alwan, F., & Rahman, N, I. (2016). “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa (Studi Kasus di Kampung Pancasila Desa Tanjungsari Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang)”. Untirta Civic Education Journal. 2(1), 185-198.

Hastangka, Roehwidowati, N. S, & Sa’adah, A.F. (2022). “Pendidikan Masyarakat Berbasis Wawasan Kebangsaan Upaya Penanaman Nilai-Nilai Education Sustainable Development Di Kampung Pancasila”. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 6 (1) 82-94.

Hasanah, U, S., Rubei, A, M., Novianty, F., & Firmansyah, S. (2020). “Pembentukan Desa Pancasila Sebagai Identitas Budaya Di Desa Pasir Panjang Kecamatan Mempawah Timur Kabupaten Mempawah”. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 138-149.

Harefa, S.A. dan Bawamenewi, A. (2022). “Penanaman Nilai Toleransi Umat Beragama Dikalangan Siswa SMK Negeri 1 Gunungsitoli Utara”. Jurnal Review dan Pengajaran. 2 (4) 419-425.

Kurniawan, E, Wijayanti, T., & Pramono, D. (2022). “Kajian Implementasi dan Wawasan Kebangsaan di Kota Semarang”. Jurnal RIPTEK. 16 (2) 153-160

Kelly, E. (2018). “Pembentukan Sikap Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural Di Universitas Yudharta Pasuruan”. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi. 5(1), 21-28.

Manik, T, S, Samsuri, & Sunarso. (2021). “Revitalisasi Pancasila Melalui Dusun Pancasila”. Jurnal Keindonesiaan. 1 (2) 225-234.

Muawanah. (2018). “Pentingnya Pendidikan Untuk Tanamkan Sikap Toleransi di Masyarakat”. Jurnal Vijjacariya. 5 (1) 61-63.

Risdiany, H, dan Dewi, D.A. (2021). “Penguatan Karakter Bangsa Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila”. Jurnal Pendidikan Indonesia. 4 (2) 696-711.

Rukmana, I, S, Samsuri, & Wahidin, D. (2020). “Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Contoh Nyata Ketahanan Ideologi (Studi Di Kampung Pancasila, Dusun Nogosari, Desa Trirenggo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta)”. Jurnal Ketahanan Nasional. 26 (2) 182-203.

Sari, K, R, Suryani, I, A, Nabila, B, S, Ani, P, V, Helni, Putri, S, K, Novalia, R, Mutiara, Rozalmi, S, Nuraisya, & Fitria, N. (2022). Merawat Toleransi Beragama Di Tengah Masyarakat Majemuk.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Susanti, A., Izana, N.N., dan Yunas, N.S. (2022). “Kampung Pancasila dan Upaya Membangun Ketahanan Ideologi Pancasila di Era Society 5.0 (Studi Kampung Pancasila Desa Kebonagung, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang)”. JCMS. 1 (8) 10-20.

Shofa, A.M.A. (2022). “Praktik Kehidupan Toleransi di Masyarakat Desa Pancasila dan Implikasinya terhadap Ketahanan Ideologi (Studi di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Bondowoso)”. Jurnal Ketahanan Nasional. 28 (2) 145-160.

Shofa, A.M.A. (2022). “Praktik Toleransi Desa Pancasila Sebagai Penguatan Keharmonisan Antar Umat Beragama.” Jurnal Ilmiah Pancasila dan Kewarganegaraan. 3 (7) 671-681.

Widodo, S., Cholifah, N., Ginting, R., dan Istiyaningaih, R. (2022). “Pendidikan Nilai-Nilai Pancasila Pada Pendidikan Luar Sekolah Studi Kasus di Kampung Pancasila Kota Semarang”. Seminar Ke-Indonesiaan VII. 1177-1185.

Downloads

Published

2023-10-31