Peran Kampung Pancasila Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Toleransi Di RW 03 Kelurahan Siwalan Kecamatan Gayamsari Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v7i2.5488Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kampung Pancasila dalam meningkatkan sikap toleransi masyarakat Kelurahan Siwalan Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah Pengurus kampung Pancasila dan warga masyarakat kampung Pancasila Kelurahan Siwalan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, draft wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Kampung Pancasila diharapkan mampu menjadi media untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan masyarakat. Kampung Pancasila juga dapat menjadi media Pendidikan masyarakat berwawasan kebangsaan, berbagai kegiatan kampung Pancasila diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan melafalkan teks, dan kehidupan toleransi masyarakat Kelurahan Siwalan mengalami perubahan sejak adanya kampung Pancasila hal tersebut terbukti semakin guyub rukunnya masyarakat dan kebersamaan dalam setiap kegiatan yang ada, dan juga sikap saling menghormati, menghormati, saling menerima sudah tercermin dari warga masyarakat di Kampung Pancasila Kelurahan Siwalan.
Kata Kunci: Peran, Kampung Pancasila, Toleransi
References
Afkari, G, S. (2020). Model Nilai Toleransi Beragama Dalam Proses Pembelajaran Di SMAN 8 Kota Batam. Pekanbaru: Yayasan Salman.
Damanhuri., Hardika, W., Alwan, F., & Rahman, N, I. (2016). “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa (Studi Kasus di Kampung Pancasila Desa Tanjungsari Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang)”. Untirta Civic Education Journal. 2(1), 185-198.
Hastangka, Roehwidowati, N. S, & Sa’adah, A.F. (2022). “Pendidikan Masyarakat Berbasis Wawasan Kebangsaan Upaya Penanaman Nilai-Nilai Education Sustainable Development Di Kampung Pancasila”. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 6 (1) 82-94.
Hasanah, U, S., Rubei, A, M., Novianty, F., & Firmansyah, S. (2020). “Pembentukan Desa Pancasila Sebagai Identitas Budaya Di Desa Pasir Panjang Kecamatan Mempawah Timur Kabupaten Mempawah”. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 138-149.
Harefa, S.A. dan Bawamenewi, A. (2022). “Penanaman Nilai Toleransi Umat Beragama Dikalangan Siswa SMK Negeri 1 Gunungsitoli Utara”. Jurnal Review dan Pengajaran. 2 (4) 419-425.
Kurniawan, E, Wijayanti, T., & Pramono, D. (2022). “Kajian Implementasi dan Wawasan Kebangsaan di Kota Semarang”. Jurnal RIPTEK. 16 (2) 153-160
Kelly, E. (2018). “Pembentukan Sikap Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural Di Universitas Yudharta Pasuruan”. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi. 5(1), 21-28.
Manik, T, S, Samsuri, & Sunarso. (2021). “Revitalisasi Pancasila Melalui Dusun Pancasila”. Jurnal Keindonesiaan. 1 (2) 225-234.
Muawanah. (2018). “Pentingnya Pendidikan Untuk Tanamkan Sikap Toleransi di Masyarakat”. Jurnal Vijjacariya. 5 (1) 61-63.
Risdiany, H, dan Dewi, D.A. (2021). “Penguatan Karakter Bangsa Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila”. Jurnal Pendidikan Indonesia. 4 (2) 696-711.
Rukmana, I, S, Samsuri, & Wahidin, D. (2020). “Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Contoh Nyata Ketahanan Ideologi (Studi Di Kampung Pancasila, Dusun Nogosari, Desa Trirenggo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta)”. Jurnal Ketahanan Nasional. 26 (2) 182-203.
Sari, K, R, Suryani, I, A, Nabila, B, S, Ani, P, V, Helni, Putri, S, K, Novalia, R, Mutiara, Rozalmi, S, Nuraisya, & Fitria, N. (2022). Merawat Toleransi Beragama Di Tengah Masyarakat Majemuk.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Susanti, A., Izana, N.N., dan Yunas, N.S. (2022). “Kampung Pancasila dan Upaya Membangun Ketahanan Ideologi Pancasila di Era Society 5.0 (Studi Kampung Pancasila Desa Kebonagung, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang)”. JCMS. 1 (8) 10-20.
Shofa, A.M.A. (2022). “Praktik Kehidupan Toleransi di Masyarakat Desa Pancasila dan Implikasinya terhadap Ketahanan Ideologi (Studi di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Bondowoso)”. Jurnal Ketahanan Nasional. 28 (2) 145-160.
Shofa, A.M.A. (2022). “Praktik Toleransi Desa Pancasila Sebagai Penguatan Keharmonisan Antar Umat Beragama.” Jurnal Ilmiah Pancasila dan Kewarganegaraan. 3 (7) 671-681.
Widodo, S., Cholifah, N., Ginting, R., dan Istiyaningaih, R. (2022). “Pendidikan Nilai-Nilai Pancasila Pada Pendidikan Luar Sekolah Studi Kasus di Kampung Pancasila Kota Semarang”. Seminar Ke-Indonesiaan VII. 1177-1185.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Emillia Widiasari, Suwarno Widodo, Rosalina Ginting

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.